Prospek Bisnis Pom Bensin Mini

Ingin punya penghasilan tambahan di rumah. Inilah salah satu satu usaha bermodal kecil namun beruntung besar, Pertamini merajalela. Anda berminat?

Belakangan ini, sering kita melihat banyaknya pom bensin mini yang bertebaran di banyak tempat. Kios bensin yang didesain mirip SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) itu juga muncul di sejumlah desa dan kecamatan. 

Model pom bensin ini bermacam-macam. Mulai dari manual hingga digital.

Model digital ini pun ada yang berbentuk portable ada juga yang model tanam atau lebih mirip persis dengan mesin yang ada di SPBU. 

Didukung pula dengan fitur canggih yang menunjang kinerjanya seperti display, nozzle, nozzle booth, selang, alat ukur modern baik itu flowsensor ataupun IC meter yang standar SPBU, serta alat penunjang yang lainnya.

Pertamini memiliki perangkat untuk penjualan bensin berupa bahan rangka boks dari besi dan atapnya dilengkapi dengan lampu neon box

Sementara pengambilan bensinnya langsung dari drum penampungan, di mana ada perangkat pompa untuk menyedot bensin ke tabung takaran. Sementara tabung takar sendiri hanya berkapasitas 5 liter saja. 

Untuk menentukan jumlah bensin yang disetor ke konsumen, penjual tinggal melihat takaran di tabung itu.

Meski terbilang mirip, tapi percayalah, pom bensin mini ini bukan keluaran Pertamina.

Keberadaan SPBU mini merupakan usaha bahan bakar minyak (BBM) eceran dan bukan resmi dikeluarkan Pertamina. Usaha ini menyebutkan produknya dengan Pertamini. 

Saat ini, Pertamini masih mengambil BBM dari SPBU resmi dengan menggunakan jerigen karena usaha ini merupakan transformasi dari usaha bensin eceran.

Kebutuhan Bensin Tinggi

Bahan bakar sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Mobil maupun motor membutuhkan BBM untuk menjalankan roda-rodanya. Sayangnya, pom bensin milik Pertamina, tak selalu menjangkau wilayah Indonesia yang maha luas dan terpelosok.

Langkah pertama berbisnis ini adalah menyiapkan lokasi usaha. Misalnya berada di perempatan jalan yang ramai, berdekatan dengan pasar, stasiun, sekolah, dan lain-lain. Selanjutnya, membeli mesin pom bensin mini yang harganya murah dan berkualitas.

Ada beragam produsen yang menawarkan harga Pertamini. Untuk ukuran Pertamini manual standar dibandrol harga Rp 5,8 juta dengan kapasitas 210 liter. Bahan dari plat besi dan stainles. 

Sedangkan ukuran manual tipe kios dihargai Rp 7 juta dengan kapasitas 210 liter dan kapasitas tabung takar 5 liter. Pertamini digital portabel djual seharga Rp 14 juta, Pertamini digital external Rp 15 juta dan Pertamini digital external dobel Rp 28 juta.

Cara Mengurus Izin Pertamini

Setelah memilih mesin Pertamini, langkat berikutnya carilah pegawai dengan catatan jika Anda tidak ingin terjun sendiri mengelola bisnis tersebut. Kemudian siapkan surat izin usaha Pertamini. 

Surat izin tersebut dapat Anda peroleh dengan mendatangi langsung ke SPBU atau pom bensin besar setempat. Setelah mendatangi SPBU terdekat, biasanya karyawan kantor tersebut akan memberikan sebuah formulir untuk membuat surat izin usaha Pertamini. 

Formulir yang sudah diisi langsung dibawa ke dinas perindustrian dan perdagangan setempat.

Biasanya, dalam jangka waktu dua atau tiga hari maka surat perizinan usaha eceran bensin telah bisa diterima. Adanya surat izin kita bebas membeli bensin di SPBU berapapun banyak sambil menampakkan surat itu. 

Dengan demikian pihak pom bensin Pertamina bisa terhindar dari sanksi pemerintah. Karena sesuai peraturan dari Pemerintah Pusat dilarang menjual BBM ke dalam derijen kecuali ada surat izin dari Dinas Perindustrian. 

Biaya membuat surat izin usaha jualan bensin eceran pom mini berada di kisaran Rp 300 ribu.

Bagaimanakah kita mendapatkan keuntungan dari berbisnis Pertamini? Jualan bensin di Pertamini pasti untung. Itu bukan slogan omong kosong. 

Tak percaya? Ya, hitung saja, jika harga umum bensin yang ada di Pertamina Rp 6.500, maka dengan Pertamini bisa menjualnya dengan harga Rp 7.000 atau Rp 7.500 per liternya. 

Perhatikan harga jual bensin, sebisa mungkin jual murah dari pesaing. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan.

Jika lokasi yang Anda pilih strategis dan tepat, dilalui banyak kendaraan bermotor, kemungkinan besar Anda akan meraup keuntungan sebesar Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu. 

Karena itu, penting diingat untuk mencari tempat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan BBM di masyarakat. Sehingga keuntungan bersih per bulan yang bakal Anda raih, bisa lebih dari Rp 9 juta.Jadi balik modal sangat cepat kurang lebih satu hingga dua bulan.

Kelebihan Usaha Pertamini

Kelebihan usaha pertamini adalah risiko kerugian sangat kecil bahkan bisa dibilang nol, sangat mudah dalam pengelolaan, dan cepat BEP atau balik modal. Mesin Pertamini juga mudah dibawa-bawa jika pindah lokasi. 

Menariknya lagi, dalam waktu dekat Pertamina bakal melakukan kerjasama yang saling menguntungkan demi kepentingan bangsa dan ekonomi kerakyatan dengan Pertamini.

 Soalnya, Pertamini Indonesia itu tak ubahnya wujud dari UKM (Usaha Kecil Menengah) dan Koperasi, yang nantinya harus mempunyai standar safety, K3 dan lain-lainnya. Bahkan jika perlu harusmelalui proses sertifikasi ISO.

Bagi Anda yang tak memiliki dana cukup untuk membangun bisnis Pertamini. Tak ada salahnya, melirik perbankan. Klik KreditGoGo.com, maka Anda akan menemukan sejumlah daftar perbankan yang memberikan pinjaman dana dengan bunga yang sangat ringan. 

Seperti HSBC Personal Loan yang memiliki program berupa layanan kredit tanpa agunan dengan suku bunga flat. Pinjaman hingga Rp 125 juta. Tenor sampai dengan 3 tahun. Syaratnya pun mudah.

Ada juga Standard Chartered KTA dengan program kredit tanpa agunan. Standard Chartered memberikan pinjaman dengan cicilan tetap hingga 5 tahun. Menariknya lagi, proses pencairan dana tak berbelit. Dalam tiga hari, dana bisa cair. 

Begitu juga dengan ANZ melalui program Personal Loan Reguler. ANZ memberikan layanan kredit tanpa agunan dengan pinjaman hingga Rp 250 juta dengan cicilan hingga 60 bulan dan proses cair berlangsung cepat. 

Nah, kini Anda sudah mengetahui seluk-beluk bisnis Pertamini yang dapat dipertimbangkan untuk bisa menjadi tambahan penghasilan keluarga.

Baca juga:
Cara Mudah Kumpulkan Rupiah dari Rumah
Lakukan Ini Ketika Gaji Istri Lebih Besar Dari Suami

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama