Produk Bank yang Menunjang Pendidikan

Biaya pendidikan harus disiapkan sejak dini. Untuk menyiapkan biaya pendidikan, Anda bisa memanfaatkan produk bank khusus pendidikan. Produk apa sajakah itu? Simak artikel berikut ini.

Dunia pendidikan merupakan bagian penting dalam pembangunan nasional, untuk itu tidak hanya pemerintah tetapi orang tua pun turut berperan aktif dalam perkembangannya. Tetapi permasalahan yang selalu muncul adalah mengenai biaya pendidikan yang terus meningkat setiap tahun.

Lantas apa yang harus dilakukan masyarakat terlebih lagi orang tua untuk menjamin pendidikan anak yang terbaik? Anda sebagai orang tua, tentu ingin anak bisa mendapatkan pendidikan berkualitas. Untuk itu, penting mempersiapkan biaya proteksi bagi pendidikan anak.

Cara yang umum selalu dilakukan adalah dengan menabung, tetapi apakah hanya itu? Anggapan yang selalu muncul di benak masyarakat tentang bank adalah sebuah lembaga untuk menyimpan uang. Padahal tidak hanya sebagai tempat menyimpan uang saja.

Terdapat berbagai produk bank yang dikeluarkan dan memiliki kemanfaatan yang menguntungkan. Khususnya untuk pendidikan selain tabungan Anda juga bisa memanfaatkan produk lainnya seperti Kredit Tanpa Agunan, Kartu Kredit dan Asuransi. 

Berikut ini kami rangkum beberapa produk bank yang bisa dimanfaatkan untuk menyiapkan dana pendidikan.

1. Kredit Tanpa Agunan

KTA (Kredit Tanpa Agunan) memang merupakan produk perbankan yang sangat multiguna. KTA banyak dimanfaatkan orang untuk mendapatkan dana tambahan. KTA sendiri adalah program kredit tanpa agunan yang memang dirancang untuk beragam kebutuhan, tidak hanya utang produktif.

Salah satunya seperti biaya pendidikan, beberapa bank bahkan menyediakan KTA khusus biaya pendidikan. Beberapa produk KTA bahkan memiliki bunga yang lebih rendah dibanding jenis kredit lainnya. Salah satu contoh produk KTA pendiikan adalah BNI Cerdas KTA.

BNI Cerdas merupakan layanan kredit tanpa agunan untuk biaya pendidikan mulai dari pre-school hingga pascasarjana. Limit kredit tanpa agunan dari BNI berkisar antara Rp 5 juta sampai dengan Rp 200 juta. 

Selain itu, jangka waktu peminjaman sangat leluasa. Nasabah dapat membayarnya selama 3 (tiga) tahun atau sesuai kemampuan. Suku bunga yang ditawarkan adalah flat. Layanan BNI Cerdas hanya berlaku di Jabodetabek dan Bandung.

2. Kartu Kredit

Banyak cara yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh biaya pendidikan salah satunya dengan kartu kredit. Pemakaian kartu kredit untuk membayar biaya pendidikan memang tidak disarankan apabila Anda tidak menggunakannya dengan baik.

Kartu kredit dapat dimanfaatkan untuk mempermudah Anda seperti membayar cicilan pendidikan. Produk kartu kredit yang memiliki fitur cicilan 0% untuk biaya pendidikan Adalah ANZ Famme Visa Platinum. Anda dapat memanfaatkan kartu kredit ini untuk pembiayaan pendidikan.

Program cicilan ini berlaku di semua tempat pendidikan di seluruh dunia, baik sekolah formal dan sekolah non-formal. Ada 2 cara pembayaran yang ditawarkan kartu kredit ANZ, yang pertama pembayaran melalui mesin EDC yang berlaku di institusi pendidikan tersebut.

Kedua, pembayaran dana pendidikan ini akan ditransfer langsung ke rekening sekolah tersebut atau melalui rekening pribadi Anda. Jika Anda memilih metode pembayaran yang ini, tagihannya akan otomatis masuk ke kartu kredit ANZ Visa Femme Platinum Anda.

3. Asuransi

Produk berikutnya adalah produk asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan bertujuan untuk mempersiapkan sejumlah dana yang dapat digunakan untuk biaya pendidikan anak di masa yang akan datang.

Tujuan utama dari asuransi pendidikan adalah mengalihkan risiko anak-anak ketika tidak bisa melanjutkan pendidikan jika ada hal buruk terjadi dalam hidup orang tua sehingga tidak bisa lagi mencari uang. Contoh produk asuransi pendidikan yang bisa Anda manfaatkan adalah Asuransi Mandiri Siswa Sejahtera.

Asuransi Mandiri Siswa Sejahtera membantu Anda menabung secara berkala untuk biaya pendidikan sekaligus dilindungi oleh asuransi jiwa yang memastikan bahwa dana pendidikan tetap dibayarkan jika sesuatu terjadi pada diri Anda. 

Produk ini dirancang untuk memberikan Anda sejumlah uang tunai untuk biaya pendidikan anak-anak pada saat tahun ajaran baru sesuai dengan sistem pendidikan di Indonesia.

4. Tabungan Pendidikan

Produk selanjutnya adalah tabungan pendidikan, ini adalah produk bank yang sering digunakan untuk biaya pendidikan. Contohnya adalah Tabungan Pendidikan Danamon, yang menawarkan tabungan dengan penarikan dana yang fleksibel.

Tabungan pendidikan ini dilengkapi dengan perlindungan asuransi. Tabungan Pendidikan Danamon akan menjamin biaya pendidikan putra-putri Anda dengan memberikan manfaat perlindungan asuransi berupa Manfaat Kematian atau Cacat Tetap Menyeluruh yang ditanggung berdasarkan pertanggungan asuransi.

Nah, itulah beberapa contoh produk bank yang dapat Anda manfaatkan untuk biaya pendidikan anak. Menjamin pendidikan mereka adalah tanggung jawab penting bagi perkembangan anak dan kemajuan bangsa.

Baca juga: Siap Menghadapi Biaya Pendidikan yang Selalu Naik?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama