Pinjaman Halal Berbasis Syariah, Kenapa Tidak?

Sekarang pengajuan pinjaman tidak harus di bank konvensional, ternyata bank syariah juga sudah melayani pembiayaan syariah. Tertarik dengan produknya? yuk baca ulasannya lebih lanjut.

Kredit tanpa agunan atau lebih dikenal dengan KTA sangat populer di masyarakat Indonesia. Pinjaman uang tanpa jaminan ini merupakan pilihan utama masyarakat jika membutuhakan dana mendesak.

Fenomena KTA menjadi sorotan sejak 2012, pada Kuartal IV-2012, Bank Indonesia (BI) sebagai regulator perbankan saat itu mengakui pelonjakan KTA hingga 32,6%

Namun pernahkan Anda mendengar pinjaman atau KTA syariah? saat ini tidak hanya bank konvensional saja yang menyediakan pinjaman tanpa agunan, bank syariah juga tidak mau kalah, hanya saja bank syariah menyebutnya berbeda yaitu produk pembiayaan.

Lalu apa saja fitur yang ditawarkan pinjaman syariah ini, dan membuatnya berbeda dengan pinjaman bank konvesional?

1. Bebas Bunga

Pinjaman pada bank konvensional lebih menerapkan kepada imbalan berupa bunga simpanan yang tinggi. Penentuan suku bunga dilakukan pada waktu akad dengan pedoman harus selalu menguntungkan pihak bank.

Namun berbeda dengan bank syariah, disini tidak melaksanakan sistem bunga pada seluruh aktivitasnya melainkan menggunakan sistem kemitraan yang dilaksanakan dalam bentuk bagi hasil atau margin keuntungan.

Bank syariah, dalam operasionalnya untuk mengganti sistem bunga menggunakan sejumlah model akad. Akad ini ada yang sifatnya bagi hasil seperti mudharabah dan musyarakah, akad yang terkait dengan jual beli seperti murabahah, salam, dan istishna.

Lalu akad yang terkait dengan sewa menyewa seperti ijarah, dan juga akad yang terkait dengan gadai atau rahn dan akad qardhul hasan. Contohnya Akad bagi hasil, bank akan mendapatkan imbalan berupa bagi hasil dari revenue usaha, yang nisbahnya disesuaikan dengan kesepakatan dengan nasabah, misalnya 70:30; 65:35 atau 60:40.

2. Pembiayaan Multiguna

Pembiayaan multiguna maksudnya adalah dapat digunakan untuk banyak keperluan yang sesuai dengan syariat agama. Calon nasabah dapat mengajukan pinjaman syariah untuk berbagai tujuan seperti pergi umroh/naik haji atau memperoleh barang di luar kendaraan bermotor, bangunan, tanah, dan logam mulia. Di samping itu, KTA tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menambah modal usaha.

Produk Pinjaman dari Bank Syariah

Saat ini hampir semua bank syariah telah menyediakan produk pembiayaan tanpa agunan, seperti:

1. Warung Mikro BSM

Bank Syariah Mandiri (BSM) menawarkan produk pembiayaan tanpa agunan melalui warung mikronya. Limit pembiayaannya sampai Rp100 juta. Semua orang bisa mengajukan asalkan termasuk ke dalam golongan karyawan tetap (Golbertab).

Warung Mikro sendiri terbagi menjadi tiga macam, yaitu Pembiayaan usaha mikro tunas (PUM-Tunas), Pembiayaan usaha mikro madya (PUM-Madya), dan Pembiayaan usaha mikro utama (PUM-Utama)

2. Muamalat Kredit Modal Kerja Mikro

Bank Muamalat akan memberikan kredit multiguna untuk membantu kebutuhan modal kerja dan pengembangan usaha mikro, kecil, mencegah, dan korporasi yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Karena temasuk dalam kredit multiguna, pinjaman syariah ini mensyarat agunan dalam proses pengajuannya. Bagi Anda yang membutuhkan pembiayaan finansial untuk kebutuhan bisnis, produk Pembiayaan Modal Kerja ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk perkembangan bisnis Anda.

3. Kepemilikan MultiGuna Bank Victoria Syariah

Pinjaman syariah ini adalah fasilitas pembiayaan kepemilikan barang multiguna untuk kebutuhan konsumtif yang diberikan kepada Nasabah perorangan dengan akad Murabahah dimana Bank Victoria Syariah menjual barang/benda kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang disepakati.

Produk ditawarkan kepada nasabah perorangan (karyawan/wiraswasta/profesional), bilateral, implant banking, maupun kerjasama pembiayaan dengan lembaga keuangan lain. Pembiayaan ditujukan untuk keperluan konsumtif dengan target utama adalah pegawai berpenghasilan tetap dan lembaga pembiayaan.

Pembiayaan ini dapat digunakan untuk pembelian motor, kebutuhan rumah tangga, dan pembelian barang/benda multiguna lainnya terkait dengan modal kerja, investasi, pengembang usaha, dan pembiayaan konsumtif lainnya.

Jadi, produk pembiayaan syariah mana yang akan Anda pilih? Selain itu Anda juga bisa membandingkan produk pinjaman dari bank konvensional, pasalnya pinjaman pribadi tanpa jaminan ini juga tidak kalah menawarkan keuntungan lebih.

Anda bisa mengunjungi website KreditGoGo untuk melihat produk pinjaman pribadi dari bank terbaik di Indonesia. Dapatkan kesempatan untuk memperoleh hadiah menarik apabila pengajuan Anda disetujui.

Baca juga:
Danamon Syariah Luncurkan Produk Tabungan Umrah
Mengenal Lebih Dekat dengan Bunga Bank Syariah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • SUNAJI DWI NURAINI

    Gimana cara mengajukan pinjaman?

    Reply
  • rahmat hidayat

    bisa dg KTA ? saya butuh 5 juta rupiah saja. pengembalian 4 bulan

    Reply
    • KreditGoGo

      Tentu saja, KTA seperti Standard Chartered Bank KTA memberikan pinjaman dana minimal mulai Rp20 juta dengan jangka waktu pengembalian yang bisa Anda sesuaikan. Nantinya, sisa uang pinjaman juga bisa Anda manfaatkan sebagai modal bisnis. Untuk proses pengajuan yang cepat silakan ikuti tautan berikut https://kreditgogo.com/pinjaman/pribadi/Standard-Chartered-Bank-KTA.html

      Reply
    • rahmat hidayat

      bisa hubungi saya 085105611005, saya butuh 5 juta rupiah cepat.

      Reply
      • sopiah bt emes

        Apakah bapak bisa bantu saya yang sedang butuh modal usaha?

        Reply
        • KreditGoGo

          Halo, untuk membantu modal usaha..bapak bisa coba mengajukan pinjaman ke bank. Ada tiga jenis pinjaman yang bisa dipertimbangkan, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Multiguna, atau Kredit Modal Kerja. :)

          Reply
      • jobless

        KTP,,akte nikah,,KK n buku tabungan cuma itu yg ada buat syarat pengajuan pinjamannya...... g da NPWP g punya SIUP g punya slip gaji,,,cuma punya keyakinan buat bertanggung jawab bayar kewajiban cicilan kredit pinjaman... Ada kesempatan buat d ACC tidak???? Trimakasih sebelumnya KreditGoGo :)

        Reply
        • KreditGoGo

          Halo, jika dokumen tidak lengkap, ada alasan untuk bank atau pemberi pinjaman menolak pengajuan pinjaman Anda. Tapi bukan berarti tidak mungkin untuk disetujui. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba ajukan pinjaman Anda lebih dahulu. Jika Anda butuh dana dalam waktu singkat, kami sarankan untuk mengajukan Kredit Multifinance yang prosesnya cepat https://kreditgogo.com/kredit-multiguna/multifinance/

          Reply
        • diah lestari

          Kalau pinjaman 200jt bagaimana pak? Waktu pengembalian dan total pengembalian pinjaman perbulannya berapa ya

          Reply
          • Persyaratannya pakai bi checking jg pa??

            Reply
            • asia hariani

              Saya seorang karyawan tetap dan memiliki KTA,jika saya mau mengajukan kredit,apakah bisa pak?

              Reply
              • Imam

                Selamat Pagi Menjelang Siang Pak.. ! Mohon bantuannya untuk solusi kebutuhan saya Renovasi rumah tinggal tanpa Riba. dengan jaminan sertifikat rumah. mohon balasannnya pak..terima kasih

                Reply
                • Haris Abdullah

                  Adakah bank atau koperasi yang memberikan pinjaman bersifat qardhul hasan. Karena saya masih mahasiswa tidak punya penghasilan tetap. Pinjaman saya gunakan untuk investasi saham jangka pendek. Terimakasih

                  Reply
                  • Abah kimung

                    Saya wiraswasta ingin mengajukan pinjaman,tanpa anggunan,tanpa riba,apa bisa

                    Reply
                    • dede

                      Selamat siang saya mau mengajukan pinjaman untuk tambahan modal usaha saya. Saya mau mengajukan KTA 150jt. Apa bisa.. Salah satu syarat yang saya tidak punya itu kartu kredit apakah bisa mengajukan bila tidak punya kartu kredit.. Mohon info nya yah. Makasih

                      Reply
                      • Lydia

                        Saya single parent Ingin mengajukan pinjaman sebesar 15jt utk biaya pengobatan anak saya, pengembalian 12 bln, apakah bisa tanpa agunan pak? Mohon dibantu.

                        Reply
                        • muhammad noor darwis

                          kalau saya ingin membeli mobildengan harga 170 juta, saya bisa bayar 5 juta perbulan, bisa ngga akhi?

                          Reply
                          • Diana umi setiawati

                            Syarat utama mesti punya kartu kredit sdgkan kita orang kecil,bisa hk menyediakan kartu kredit biar bisa pinjem,susah amat buat cari modal padahal usaha ada masih aja gk percaya,sussaahhh

                            Reply
                            • budi

                              ada dijombang gak.sya dijombang jualan.butuh dana 20juta.apa bisa

                              Reply
                              • Arief Hamid

                                Boleh ajukan pinjaman 20 juta dg angsuran per bulan 1 juta? Niat untuk DP mobil avanza, akan digunakan full Uber. Mobil dipakai sendiri.

                                Reply
                                • Farhan

                                  Assalamu'alaikum. Nama saya Farhan dari Jakarta. Says believe Mobil Honda BRV manual 2016 demean angsurannya ringgit tasty 5.362.000 rupiah. Baby berjalan 6 bulan until Takei online. Sekarang baru terasa kalau saya tidak mampu membayar angsuran. Pertama, untuk mengejar 6 juta perbulan saya sangat berat karena kondisi jalan yang sering kali sangat macet sehingga bensin boros. Kedua, fisik saya tidak sanggup membawa mobil manual di daerah Jakarta. Dengan ini maksudnya saya ingin meminjam untuk pelunasan mobil ini dan menggantinya dengan mobil yang lebih murah dan irit bbm agar saya bisa kembali mencari nafkah tanpa harus merasa terjajah habis waktu habis tenaga di Jalan. Mohon infonya, terima kasih.

                                  Reply
                                  • Baety izah

                                    Mohon maaf saya mau tanya.kalo pinjaman untuk pernikahan bagaimana caranya.dan persyaratannya harus apa saja.sedangkan saya hanya sebagai guru dan calon suami saya pengusaha home industri.saya sedang butuh biaya sekitar 8 juta.mohon bantuannya.

                                    Reply
                                    • doddy permana

                                      Saya seorang karyawan PT Djarum.saya gagal bisnis diluar kerjaan saya.hutang saya banyak.saya ingin tutup semua hutang saya dgn pinjaman syariah spya tdk terlalu bsr bunganya.saya bth 200jt tempo 10thn,jd saya focus hanya berhutang disatu tempat.saya tdk punya jaminan rmh&bpkb.uang saya habis utk usaha saya yg gagal.saya benar2 bth bantuan pinjaman.

                                      Reply
                                      • Hata

                                        Sy developer jaminan dan prospek mendukung tetapi saya terkena bi checking ..... Bgmn solusinya ?

                                        Reply
                                        • Januarti

                                          Saya sudah mengelilingi semua bank untuk pinjaman kta, tapi smua syarat harus punya kartu kredit, Bank mana si yang ga mengharuskan menggunakan kartu kredit saya juga sudah pernah daftar di kreditgogo tapi belum ada tanggapan, saya butuh mendesak banget untuk bayar hutang, tolong minta solusi terbaiknya ya

                                          Reply
                                          • Aisyah

                                            Bagaimana saya bsa dpt pinjaman pengembalian 5 bln?

                                            Reply
                                            • kasrun

                                              Pak sy inggin mengajukan pinjaman sebanyaK 150 juta dalam janka wsktu 7 tahun,sy karyawan tetap tujuan pinjaman ut merenovasi rumah sy.

                                              Reply
                                              • kasrun

                                                Dr berapa persyaratan, sy nga punya krtu kredit,bs nga ya, tolong infonya pak

                                                Reply
                                                • mohammad rizky

                                                  saya sedang butuh pinjaman 8jt untuk perobatan anak saya, saya tdk punya slip gaji saya baru mau coba kerja di ojek online apakah bisa di bantu, insya allah saya pasti lunasi pinjaman saya dengan kerja keras dan niatan melunasi nya.mohon bantuannya

                                                  Reply
                                                  • juraidah pulungan

                                                    Apakah saya bisa mengajukan pinjaman 300jt?

                                                    Reply
                                                    • apep suhara

                                                      saya punya usaha di bidang trading dan punya badan usaha, terkadang membutuhkan modal jika ada proyek yang harus dikerjakan. proyek tersebut merupakan proyek yang pasti karena sudah ada pemesanan dari customer, jangka waktu pembayaran dari customer rata rata 1-2 bulan atau berdasarkan Surat Kesepakatan Jual Beli. Jika saya membutuhkan modal usaha seperti itu apakah bisa? dan pinjaman seperti apa? saya ingin pinjaman bebas riba, tapi sistem bagi hasil dari keuntungan. terima kasih

                                                      Reply
                                                      • Sholihin

                                                        Admin saya mau nikah butuh modal 20 juta cepat ada jaminan akte tanah

                                                        Reply
                                                        • rara

                                                          Saya butuh modal usaha 7 juta tpi saya tidak ada jaminan, apakah bisa untuk mengajukan peminjaman?

                                                          Reply
                                                          • ade

                                                            bisakah saya mengajukan pinjaman untuk menambah modal usaha sesuai syariat Islam tanpa ribawi ?produk pinjaman apa namanya?

                                                            Reply
                                                            • suherun

                                                              Gmna pk saya dapat pinjaman 25 juta
                                                              Buat usaha

                                                              Reply
                                                              • Salim

                                                                Saya penjual pulsa keliling kira2 saya bisa Ngajukan pinjaman 20jt dan insyaallah saya sanggup cicil 1jt/bulan tanpa bunga apa bisa

                                                                Reply
                                                                • Risan fani

                                                                  Selamat siang,, saya mau mengajukan pinjaman 7 jt sja apakah bisa tanpa jaminan apapun saya risan fani dari sukabumi

                                                                  Reply
                                                                  • RIKA

                                                                    Giman cara minjam nya

                                                                    Reply
                                                                    • Fitria hidayawati

                                                                      Saya membutuhkan dana untuk modal usaha. tp sya tidak punya jamina n tp sya tidak mau ada riba, apakah bisa bantu saya?

                                                                      Reply
                                                                      • Dasep iskandar

                                                                        Kalo bebas riba saya pinjam 20jt

                                                                        Reply
                                                                        • erna nurhayati

                                                                          Saya punya akta tanah ingin pinjam sekitar 35jta saya karyawan di perusahahan garmen kalau saya mengajukan disa di acc??

                                                                          Reply
                                                                          • Rudi

                                                                            pak saya pengen minjam dana18jt
                                                                            tapi penghasilan/slip gaji cuman 2jt pr bln
                                                                            bisa gk pak....

                                                                            Reply
                                                                            • REFLI

                                                                              Saya seorang wiraswasta ingin mengajukan pinjaman15 jt utk tambah modal usaha tapi sy ngak punya kartu kredit dan slip gaji apakah bisa pengajuan saya utk di ACC

                                                                              Reply
                                                                              • Ayu Rahman

                                                                                Saya seorang wiraswasta tidak ada surat/ barang yang di jaminkan bisakah pinjam 150 jt untuk menutup hutang riba

                                                                                Reply
                                                                              • musa

                                                                                pak saya karyawan tetap di perusahaan swasta, gaji 5.250.000/ bulan
                                                                                mau pinjam dana 120 juta bisa? jangka waktu 3 tahun

                                                                                Reply
                                                                              • abdul muin

                                                                                saya seorang calon mahasiswa apakah boleh saya meminjam 55 jt sebagai modal usaha saya?,untuk membeli alat international bisnis franchise beserta pelatihannya .sekarang saya tidak kuliah satu tahun dan saya akan kuliah tahun depan kegiatan saya saat ini sebagai pengusaha distributor mmbc travel, distributor natural nusantara, agen property.

                                                                                Reply
                                                                                • Tri pangestu adi

                                                                                  Saya butuh dana sekitar 20 jt .apakah bisa saya dapatkan pinjaman tsb sedangkan payrol beda bank.apa syaratnya?

                                                                                  Reply
                                                                                • amas saepuloh

                                                                                  apakah benar tanpa bunga. saya mau pinjam uang 25 juta apa persyaratannya

                                                                                  Reply
                                                                                  • anang ma'ruf

                                                                                    Saya ingin pinjan uang 10jt untuk ke saudi. Saya dapet tawaran kerja di restoran. Bisa kah bantu saya. Saya tidak bisa memberikan jamainannya. Kalo bisa bantu hubungi saya,08565267946

                                                                                    Reply
                                                                                    • Didi Mardijono

                                                                                      ass wr wb sy didi mardijono warga surabaya belum punya kartu kredit pegawai swasta tetap, saat ini sangat butuh sekali dana mendadak untuk anak saya sakit -/+ 5.000.000 pengembaliannya sy angsur 6-12 bulan, pendapatan saya -/+ 7.500.000,00. Bisakah? bgm caranya?...didi mardijono (082240172256).trm ksh

                                                                                      Reply
                                                                                      • rahmad

                                                                                        Jika ingin mengajukan atau menanyakan lengkapnya kemana, ya?

                                                                                        Reply
                                                                                        • KreditGoGo

                                                                                          Halo, jika ada pertanyaan bapak bisa coba untuk menghubungi customer service kami melalui kontak di bagian bawah website. :)

                                                                                          Reply
                                                                                        • faiz pulung f

                                                                                          Bagaimana cara mengajukan pinjaman untuk kerja ke luar negeri ?

                                                                                          Reply
                                                                                          • Siska

                                                                                            Kalau pinjaman 5-10 juta apakah harus pakai agunan?

                                                                                            Reply
                                                                                            • KreditGoGo

                                                                                              Halo, Beberapa Bank menawarkan pilihan Kredit Tanpa Agunan dengan minimal peminjaman mulai dari Rp5 juta. Misalnya, HSBC Pesonal Loan, Mandiri KTA Payroll, atau Standard Chartered Bank KTA. Silakan lihat referensi dan ajukan yang sesuai kebutuhan Anda di link berikut https://kreditgogo.com/pinjaman/pribadi/

                                                                                              Reply
                                                                                            • rahman

                                                                                              Saya salah satu karyawan di perusahaan Jholin Group di Kalimantan tengah, yang kebutulan kami juga kerjasama dengan BSM untuk gaji. Upah yang terima 4.500.000 perbulan. Boleh saya pinjaman dana sebesar 25 juta di jalanan?

                                                                                              Reply
                                                                                              • KreditGoGo

                                                                                                Halo, kami sarankan bapak mengajukan pinjaman kepada lembaga pembiayaan resmi yang berbadan hukum seperti bank dan multifinance. Ada dua alternatif pinjaman yang bisa dicoba, KTA dan Kredit Multiguna. Silakan kunjungi laman kami untuk melihat perbadingannya atau Anda bisa telepon Customer Service kami. :)

                                                                                                Reply
                                                                                              • Sugeng Arianto

                                                                                                Dalam iklan KTA tidak ada jaminan. Tapi dalam kenyataannya diwajibkan memakai jaminan. Susah...

                                                                                                Reply
                                                                                              • Santoso

                                                                                                Saya seorang penjual makanan sudah 19 thn menetap di pinggir kota, tapi saat ini saya membutuhkan dana sebesar 7 jt saja, yg sekiranya saya mampu untuk mengansur bulanan dengan tenor 12 bulan, mendengar info ada nya program KTA, lega hati rasanya, untuk bisa mendapatkan pinjaman dari pihak bank, tapi kenyataanya..dari pintu ke pintu..bank yang saya tuju tidak bisa memberikan harapan, dengan alasan..tidak lengkap persyaratan.
                                                                                                1 tdk punya kartu kridit.
                                                                                                2 bukan seorang karyawan tetap, yg tidak berhubungan dengan bank dlm pembayaran perusahaanya.
                                                                                                3 tidak mempunyai slip gaji.
                                                                                                4 tidak mempunyai salinan tabungan 3 bulan terakhir.
                                                                                                5 hanya bermodal, KK, KTP, SURAT NIKAH SIM, SIUP dari kelurahan, dan niat mengembalikan sekecil apapun pinjaman. Barangkali ada solusi Pak.. Terima kasih.

                                                                                                Reply