Pilihan Kredit untuk Merintis Modal Usaha

Sebelum mengajukan kredit modal usaha kepada bank, pahami terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan. Dan inilah pilihan kredit untuk merintis modal usaha.

Terbentur masalah modal saat ingin memulai usaha atau bisnis memang kerap kali terjadi. Tetapi tidak perlu khawatir, Anda bisa mengajukan kredit untuk modal usaha ke bank-bank terbaik di Indonesia.

Ada yang berupa kartu kredit, pinjaman dengan agunan, dan pinjaman tanpa agunan. Anda bisa memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun bank juga menetapkan kriteria dan persyaratan khusus. Nah maka itu, sebelum mengajukan kredit modal usaha kepada bank, pahami terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan.

1. Usaha yang Sudah Berjalan

Anda yang baru akan memulai usaha sebaiknya bersabar dulu jika ingin mengajukan kredit modal usaha kepada bank. Karena untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha, Anda harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan.

2. Bukti Laporan Keuangan

Pihak bank menilai layak atau tidaknya suatu usaha menerima kredit modal dari bank yaitu dari transaksi keuangan yang tercatat di dalam buku laporan keuangannya. Laporan ini bisa menjadi bahan penilaian tersendiri sebelum bank memberikan kredit modal usaha kepada Anda.

3. Riwayat Kredit Bagus

Bank Indonesia memiliki catatan khusus tentang data nasabah debitur di Indonesia yang disebut BI Checking atau Sistem Informasi Debitur (SID).

Sistem ini menjadi acuan bank dan lembaga keuangan lainnya untuk melihat riwayat kredit calon nasabah debiturnya.

Jika Anda pernah memiliki masalah kredit macet, nama Anda bisa masuk dalam blacklist BI. Artinya, kemungkinan permohonan kredit modal usaha Anda diterima sangat kecil.

4. Siapkan Agunan

Agunan yang dimaksud adalah barang atau benda yang konkret atau nyata. Bisa berupa rumah, tanah, atau kendaraan.

Agar permohonan kredit modal usaha disetujui, pastikan Anda mengajukan agunan yang nilainya setara dengan jumlah pinjaman yang diajukan.

Jenis kredit modal usaha yang mensyaratkan adanya agunan atau jaminan adalah Kredit Multiguna (KMG).

Pilihan Kredit untuk Modal Usaha

1. Kredit Multiguna (KMG)

Dalam definisinya, Kredit Multiguna (KMG) adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank kepada Anda yang memiliki pendapatan/penghasilan tetap maupun tidak tetap, yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan konsumtif, sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Tidak seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG) membutuhkan jaminan atau agunan sebagai persyaratan mutlak untuk proses pengajuan kredit multiguna.

Keistimewaan dari Kredit Multiguna (KMG)

1. Proses Mudah dan Cepat

Adanya bentuk jaminan atau agunan, memudahkan proses dalam pencairan dana. Bank ataupun penyedia layanan kredit dapat memberikan taksiran jumlah pinjaman untuk debitur.

2. Tenor panjang

Jangka waktu pinjaman Kredit Multiguna berkisar antara 1 (satu) hingga 5 (lima) tahun. Bahkan ada penyedia layanan keuangan yang dapat memberikan waktu pelunasan lebih dari 10 tahun.

3. Limit

Limit pinjaman Kredit Multiguna dapat berkisar hingga milliaran rupiah, apabila agunan yang dijaminkan memang memenuhi standar kebijakan dari bank penyedia kredit.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Selain Kredit Multiguna (KMG), jenis kredit lainnya untuk modal usaha Anda yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Istimewanya, tidak hanya untuk modal usaha saja, KTA ini pun siap membantu Anda memenuhi kebutuhan finansial lainnya. Misalnya saja KTA dari Bank Standard Chartered Indonesia.

Standard Chartered KTA adalah pinjaman pribadi atau kredit untuk modal usaha dengan dana yang maksimal hingga Rp 200 juta. Besarnya pinjaman ini pun cocok untuk pembiayaan kebutuhan finansial keluarga.

Misalnya seperti biaya pendidikan, renovasi rumah, membeli kendaraan, ataupun melanjutkan pendidikan S2.

Selain itu tidak hanya untuk kebutuhan keluarga, bagi Anda yang baru ingin melangkah ke jenjang pernikahan Standard Chartered KTA dapat menjadi tambahan biaya pernikahan.

Fitur Unggulan Standard Chartered KTA

Nah, agar Anda jelas dan paham dengan keistimewaan dari KTA ini, KreditGoGo akan menjabarkan satu persatu fitur unggulan yang diberikan oleh Standard Chartered KTA.

1. Pencairan Cepat

Pihak dari Bank Standard Chartered akan memproses aplikasi kredit Anda hanya dalam 3 hari kerja setelah dokumen telah lengkap sesuai dengan syarat yang ditentukan.

Setelah pihak Standard Chartered memberikan konfirmasi persetujuan pengajuan Anda, maka pinjaman dana cair akan ditransfer ke rekening pribadi yang telah dicantumkan debitur.

2. Proses dan Syarat Mudah

Calon debitur diberi kemudahan dalam waktu untuk mengajukan identitas diri tanpa proses yang ribet. Anda cukup mengajukannya secara online melalui website KreditGoGo.com.

Anda tidak perlu datang langsung ke Bank Standard Chartered, pengajuan pinjaman bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun Anda berada hanya melalui jaringan internet. Pengajuan pinjaman menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

3. Plafon Besar

Standard Chartered KTA menyediakan pinjaman yang besar hingga Rp 200 juta untuk jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun. Ini adalah plafon yang terbilang besar untuk jenis Kredit tanpa agunan (KTA) dan jenis suku bunga flat.

4. Suku Bunga Flat

Standard Chartered menghadirkan produk unggulan kredit tanpa agunan (KTA) dengan keistimewaan bunga ringan dan suku bunga flat.

Keuntungannya adalah metode pembayaran cicilan tetap setiap bulannya. Sehingga, debitur tidak diberatkan dengan suku bunga berjalan.

5. Hadiah Menarik

Ini fitur unggulan dari pinjaman Standard Chartered KTA yang hanya ada di KreditGoGo. Ketika nasabah mengajukan pinjaman online langsung dari KreditGoGo.com akan ada kesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik apabila pengajuan disetujui.

Jadi selain dana tunai dengan proses cepat, Anda juga bisa lebih untung dengan hadiah gratis langsung sebuah Powerbank 10400 mAh dari Xiaomi.

Ayo ajukan sekarang dan raih untung lebih banyak bersama KreditGoGo!

Baca Juga: 
Jangan Tunda Lagi Berbisnis! Inilah Jenis Usaha Kinclong Modal Rp 10 Juta
Intip Keuntungan Pinjaman Pribadi Secara Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama