Pilih Pinjaman Pribadi yang Sesuai Gaji

Butuh dana tunai cepat untuk kebutuhan mendesak? Manfaatkan pinjaman pribadi yang diberikan oleh Bank. Mari kita lihat pilihan pinjaman pribadi yang bisa Anda pilih sesuai dengan gaji.

Dalam setiap kondisi keuangan, ada kalanya Anda membutuhkan dana tunai dalam jumlah tertentu. Pinjaman pribadi bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Ada banyak pilihan pinjaman pribadi, tapi Anda harus menyesuaikannya dengan kondisi keuangan saat ini, seperti total penghasilan atau gaji bulanan.

Mengajukan pinjaman pribadi kepada bank dinilai jauh lebih aman dibanding mengajukan pinjaman ke rentenir, karena lebih tersistem.Ada dua jenis pinjaman pribadi yang diberikan oleh bank, yaitu:

cari pinjaman sesuai gaji

Kredit Multiguna

Kredit multiguna adalah pinjaman pribadi dana tunai yang diberikan oleh bank dengan menyerahkan agunan atau jaminan.

Biasanya agunan yang dijadikan jaminan bisa berupa sertifikat tanah, rumah, bangunan, ruko, apartemen, saham, deposito, BPKB kendaraan, logam emas, hingga surat perjanjian nilai kontrak.

Baca juga: Risiko Kredit Multiguna, Pahami dan Hindari

Nilai jaminan yang diberikan harus lebih besar dari jumlah dana yang akan dipinjam. Rata-rata kredit multiguna ini digunakan sebagai modal usaha, perluasan usaha, renovasi rumah, dan hal-hal lainnya yang membutuhkan dana cukup banyak.

Limit dana yang diberikan bank bisa mencapai ratusan hingga milyaran rupiah sehingga masa tenor yang berlaku cukup panjang, yakni selama 3 hingga 10 tahun lebih.

Kredit Tanpa Agunan

Lain halnya dengan kredit tanpa agunan atau KTA yang merupakan pinjaman pribadi dari bank tanpa adanya aset yang harus Anda jadikan jaminan atas peminjaman tersebut.

Jenis pinjaman pribadi ini memang paling banyak diminati karena Anda tidak harus memiliki aset tertentu untuk dijadikan jaminan.

Baca juga: Pinjaman yang Bisa Berikan Modal Tanpa Proses Ribet

Meski tanpa agunan, Anda harus memiliki kartu kredit yang aktif selama satu tahun terakhir. Tujuannya adalah agar bank bisa melihat pola pembayaran tagihan Anda.

Selain itu, persyaratan lainnya adalah Anda merupakan karyawan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun atau wiraswasta yang usahanya sudah berjalan lebih dari 2 tahun atau pekerja profesional yang tempat praktiknya sudah mendapat akta hukum.

Pilihan Pinjaman Pribadi Sesuai dengan Gaji Penghasilan

Setelah mengetahui dua jenis pinjaman pribadi dari bank, Anda harus melihat gaji yang Anda miliki per bulannya karena pihak bank akan mempertimbangkan berapa jumlah dana yang bisa dipinjamkan sesuai dengan kemampuan Anda.

KreditGoGo akan membagi tiga kisaran skala gaji agar memudahkan Anda memilih pinjaman pribadi.

formulir aplikasi KTA

  1. Gaji Kurang Dari Rp4 Juta

Anda yang memiliki penghasilan berkisarantara Rp3 juta hingga Rp4 juta, bisa mengajukan pinjaman kredit yang cocok untuk karyawan seperti KTA Bank Bukopin KSG yang memberikan pembiayaan hingga Rp150 juta dengan masa tenor yang cukup lama yakni mencapai 5 tahun.Waktu pencairan yang dibutuhkan hanya 1 hari dengan jenis suku bunga flat.

Baca juga: 5 Hal yang Harus di Waspadai Ketika Mengadaikan BPKB

Jika Anda memerlukan dana yang lebih banyak lagi, Anda bisa mengajukan pinjaman kredit multiguna BRI KKB Refinancing dengan mengagunkan BPKB mobil milik Anda.

Jumlah dana yang bisa dipinjam mencapai Rp5 milyar dengan masa tenor sampai dengan 4 tahun. Untuk masa pencairan yang dibutuhkan sekitar 7 hari. Selain BPKB, syarat yang harus dipenuhi adalah minimum pendapatan Rp3 juta dan memiliki rekening BRItama.

  1. Gaji Mulai Rp5 Juta Sampai Rp10 Juta

Kisaran gaji bulanan Anda sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta? Anda bisa mengajukan peminjaman KTA ke ANZ Personal Loan Regular yang memberikan pembiayaan mulai dari Rp8 juta hingga Rp250 juta dengan masa tenor hingga 5 tahun. Untuk proses pencairannya hanya 1 hari kerja.

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi dan properti, Anda bisa mengajukan pinjaman pribadi dengan mengagunkan properti dan BPKB kendaraan milik Anda lewat BFI Financeyang memberikan pembiayaan mulai dari Rp50 juta hingga Rp200 milyar dengan masa tenor sampai 48 bulan lamanya.

  1. Gaji Lebih Dari Rp10 Juta

Sedangkan untuk orang yang berpenghasilan tinggi yakni di atas 10 juta, Anda bisa mengajukan pinjaman pribadi lewat Standard Chartered Bank KTA yang akan memberikan pembiayaan hingga Rp300 juta dengan masa tenor sampai dengan 5 tahun lamanya. Proses pengajuan aplikasi hanya 3 hari kerja.

Baca juga: Begini Cara Bank Menilai Rumah untuk Menjadi Jaminan

Tapi jika Anda memiliki properti yang bisa diagunkan dan dana yang Anda butuhkan mencapai milyaran rupiah, maka sebaiknya Anda mengajukan pinjaman lewat Bank Difobutamayang akan memberikan pembiayaan hingga Rp2 milyar dengan masa tenor hingga 60 bulan. Aset properti yang bisa dijadikan jaminan adalah sertifikat rumah, apartemen, ruko, dan kantor.

Setelah mengetahui pilihan pinjaman pribadi di atas, semoga Anda bisa lebih mudah memutuskan ingin mengambil pinjaman pribadi mana yang cocok untuk Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • umiyati

    walaupun pembyaran kartu kredit gk pernah bermasalah tetep sj susah pinjam dana(kta) ahirnya ya ke brp ,yang betul- betul serius malah go diacc

    Reply
    • Aresti.lestari@gmail.com

      Boleh tau ga bank apa ya yg di acc..untuk referensi saya

      Reply
    • umiyati

      terimakasih

      Reply