Mengetahui Pentingnya Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sangat penting dibicarakan untuk masa depan anak Anda. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengajukan asuransi pendidikan? Berikut ulasannya.

Pernah mendengar kata asuransi? Pastinya Anda sudah sering mendengarnya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui jenis-jenis asuransi?

Nah, yang ini mungkin belum banyak orang ketahui. Fungsi dasar dari asuransi adalah perlindungan atas segala risiko yang bisa berupa musibah dalam berbagai bentuk seperti kecelakaan, sakit, cacat, kematian, kehilangan, dan bencana alam.

Di Indonesia, begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan jiwa, kesehatan, kendaraan, bahkan rumah. Namun, ada satu jenis asuransi lain yang belakangan ini mulai dilirik orang untuk digunakan.

KTA untuk Biaya Pendidikan

Asuransi yang dimaksud adalah asuransi pendidikan. Ya, jenis asuransi ini sangat penting dibicarakan untuk masa depan anak Anda. Ketika sudah berkeluarga, mau tidak mau Anda harus mempersiapkan kebutuhan pendidikan bagi anak-anak Anda di masa depan bukan?

Bila Anda merasa bahwa Anda sudah mempunyai pekerjaan yang bagus dengan gaji besar, apakah Anda yakin akan selalu produktif? Tidak kan. Sebab ada waktunya Anda akan menjadi tua, memasuki pensiun, dan lain-lain yang dapat menghentikan pemasukan Anda.

Itulah berbagai risiko yang menjadi faktor pendukung untuk membuat asuransi pendidikan untuk anak Anda. Selain masalah produktifitas, masalah lain yang harus dipikirkan adalah semakin mahalnya biaya pendidikan di Indonesia.

Semakin Mahalnya Biaya Pendidikan

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kenaikan biaya pendidikan di Indonesia naik hingga 10% per tahunnya. Bahkan, untuk biaya masuk perguruan tinggi tercatat sudah naik hingga 500-1000% selama 5 tahun terakhir hingga harus mematok uang di atas Rp 20 juta.

Asuransi pendidikan sendiri merupakan sebuah pengeluaran khusus yang lebih ditujukan sebagai salah satu investasi jangka panjang. Dimana hasil dari investasi ini bisa kita panen di masa depan dengan hasil yang tinggi layaknya investasi di bidang properti dan lainnya.

Asuransi pendidikan merupakan salah satu produk asuransi yang ditujukan untuk menjamin biaya pendidikan anak sejak dini hingga nanti anak menyelesaikan pendidikannya. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk mengajukan asuransi pendidikan?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Asuransi Pendidikan?

ajukan asuransi pendidikan

Selain tabungan pendidikan, Anda juga bisa mencoba solusi lain untuk dana pendidikan Anda di masa depan. Bisa dengan berinvestasi ataupun mengajukan asuransi pendidikan.

Manakah yang akan Anda pilih? Sebelum menjawabnya, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mengajukan asuransi pendidikan.

1. Jangka Waktu

Sebelumnya, Anda harus memperhitungkan kapan sebaiknya mulai ikut asuransi pendidikan. Dana pendidikan merupakan target jangka panjang yang membutuhkan waktu cukup lama agar tercapai, sehingga mempersiapkannya sedini mungkin sangat penting.

Untuk biaya kuliah anak selama 4 tahun misalnya, jika anak Anda baru berusia 5 tahun, orangtua punya waktu 13 tahun untuk persiapan kuliahnya. Lalu berapa dana yang harus dipersiapkan?

2. Perhitungan Biaya

Anda dapat membuat rancangan dana pendidikan beserta perhitungan inflasi atau perkiraan kenaikan harga pendidikan pada saat anak Anda akan memasuki jenjang pendidikan tersebut.

Hitunglah biaya pendidikan perguruan tinggi selama 4 tahun penuh dan menambahkan biaya kenaikan (sekitar 10-15% per tahun). Ini akan memberi Anda target dana untuk dipenuhi.

Misalnya biaya perguruan tinggi tahun ini Rp 40 juta dengan biaya kenaikan per tahunnya mencapai 15%, berarti untuk 13 tahun mendatang biaya perguruan tinggi mencapai Rp 246 juta per tahun. Jadi untuk 4 tahun penuh harus disiapkan dana sebesar Rp 984 juta.

Dengan melihat kenaikan biaya pendidikan yang sangat tinggi di 13 tahun mendatang Anda dapat mulai mengajukan asuransi pendidikan saat anak berumur 5 tahun ataupun sedini mungkin akan lebih baik agar mengurangi beban Anda di masa yang akan datang.

Jangan biarkan dana pendidikan anak Anda terancam hanya karena Anda tidak mempersiapkannya. Semakin dini Anda mempersiapkan dana pendidikan anak, tentu semakin banyak manfaat yang akan Anda rasakan di masa depan nanti.

Hitung total biaya pendidikan

Manfaatkan juga fungsi pinjaman pribadi di KreditGoGo.com untuk mendapatkan dana tambahan untuk dana pendidikan anak Anda. Ada banyak pilihan produk pinjaman pribadi dari bank-bank terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda.

Dengan melakukan pinjaman pribadi, maka masalah keuangan Anda akan langsung ditangani oleh pihak yang tepat. Tentunya dalam jangka waktu yang singkat, sehingga segala bentuk prosesnya menjadi lebih efektif. Untuk mendapatkan referensi produk-produk pinjaman pribadi dari bank terbaik di Indonesia, silahkan kunjungi KreditGoGo.com.

Anda bisa langsung mengajukan langsung pinjaman pribadi secara online melalui KreditGoGo.com. Khusus untuk pengajuan pinjaman pribadi Standard Chartered KTA di KreditGoGo.com, ada hadiah menarik berupa Powerbank XIAOMI 10.400 mAh. Pinjam uang dapat bonus powerbank, sangat menguntungkan bukan?

Baca Juga:
Butuh Pinjaman Cepat Cair? Standard Chartered Bank Solusinya!
Cara Dapatkan Dana Tambahan untuk Biaya Pendidikan Anak

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama