Melirik Untung Bisnis Perikanan!

Bagi Anda yang sudah bosan bekerja kantoran, inilah saat yang tepat untuk memulai bisnis sampingan! Ada banyak sekali bisnis di sektor perikanan, salah satunya adalah budidaya ikan.

Masih ingat kah Anda ketika Presiden Jokowi akan terpilih menjadi presiden Indonesia, Beliau pernah mempropagandakan reformasi untuk sektor perikanan? Pada saat itu, saham sektor perikanan memang sedang melejit luar biasa. Lalu bagaimana dengan saat ini?

Langkah kebijakan yang berpotensi menjadi angin segar untuk sektor perikanan baru saja dikeluarkan oleh Presiden Jokowi. Dikutip dari Detik.com, Selasa (30/08/2016), pada tanggal 22 Agustus 2016 lalu, Presiden Jokowi dikabarkan baru saja menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

Inpres tersebut dikeluarkan dalam rangka percepatan pembangunan industri perikanan nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik nelayan, pembudidaya, pengolah maupun pemasar hasil perikanan, serta meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan devisa negara.

Lalu dikutip dari Okezone.com, Rabu (24/08/2016), Inpres tersebut sendiri ditujukan kepada 25 pejabat, termasuk yang paling utama adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Menkop dan UKM, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala Bakamla, Kepala BKPM, Kepala BNPP, Kepala BPOM, para gubernur, dan para bupati atau wali kota.

Kepada para pejabat di atas, Presiden Jokowi menginstruksikan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan secara terkoordinasi dan terintegrasi sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing Kementerian/Lembaga untuk melakukan percepatan pembangunan industri perikanan nasional.

Langkah-langkah tersebut antara lain, peningkatan produksi perikanan tangkap, budidaya, dan pengolahan hasil perikanan, perbaikan distribusi dan logistik hasil perikanan dan penguatan daya saing, percepatan penataan pengelolaan ruang laut dan pemetaan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) sesuai dengan daya dukung dan sumber daya ikan dan pengawasan sumber daya perikanan, penyediaan sarana dan prasarana dasar dan pendukung industri perikanan nasional, dan lain-lain.

Lalu, Apa yang Harus Kita Lakukan?

Kabar baik untuk sektor perikanan tersebut tentunya juga kabar baik untuk kita sebagai masyarakat yang ingin memulai bisnis perikanan, mulai dari budidaya, perikanan tangkap, atau pengolahan hasil perikanan.

Bagi Anda yang sudah bosan bekerja di kantoran, maka inilah saat yang tepat untuk Anda memulai usaha bisnis baru selain pekerjaan utama Anda. Tentunya hal ini akan menjadi sangat menyenangkan karena dengan membuka usaha sendiri, Anda tidak akan lagi bekerja sebagai bawahan seseorang.

Ada banyak sekali bisnis yang bergerak di sektor perikanan, salah satunya adalah budidaya ikan. Memang awalnya agak sulit karena membutuhkan modal yang besar dan juga lokasi yang baik. Tetapi budidaya ikan adalah salah satu usaha dalam sektor perikanan yang sangat menjanjikan.

Ikan yang biasa dibudidayakan adalah ikan air tawar karena ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang sangat mudah untuk dibudidayakan.

Tahapan Memulai Bisnis Perikanan

Tentunya ikan yang banyak digemari dan dikonsumsi oleh masyarakat secara umum adalah ikan air tawar. Anda bisa mencoba budidaya ikan yang mempunyai tingkat popularitas cukup tinggi, seperti budidaya ikan nila, ikan lele, atau jenis ikan lainnya.

Untuk mencapai kesuksesan dalam menggeluti usaha budidaya ikan ini diperlukan ketelatenan khusus, seperti memahami jenis ikan yang akan dikelola, baik dari tahap pembenihan, pembesaran, perawatan, dan lain sebagainya. Dan berikut penjelasan selengkapnya mengenai tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan.

1. Mengamati Pasar atau Kebutuhan Masyarakat Terhadap Jenis Ikan

Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengamati pedagang-pedagang ikan yang ada di pasar baik di pasar tradisional maupun modern. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui mana jenis ikan yang paling diminati oleh para konsumen.

2. Buatlah Rencana Bisnis dan Strategi

Setelah mengetahui pasara dan kebutuhan konsumen, Anda bisa mulai merencanakan jenis ikan apa yang akan Anda budidayakan. Selain itu, menyiapkan modal usaha yang cukup adalah faktor yang paling utama untuk menunjang kelangsungan usaha budidaya ikan Anda.

3. Bangun Jaringan Terhadap Konsumen

Membangun jaringan terhadap konsumen merupakan salah satu faktor utama untuk meraih kesuksesan dalam usaha bisnis budidaya ikan. Semakin banyak jaringan yang Anda miliki maka semakin cepat Anda dapat memasarkan hasil budidaya ikan Anda.

4. Mengamati Kompetitor

Cobalah untuk mulai mengamati dan mempelajari bagaimana kompetitor Anda melaksanakan usaha bisnis budidaya ikannya. Selanjutnya, lakukan langkah perencanaan strategis guna mengungguli kompetitor dan mendapatkan hasil yang lebihbaik.

5. Menciptakan Inovasi yang Berbeda

Cobalah juga untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang menarik dan berbeda dari kebanyakan produk atau kompetitor yang sudah ada. Budidaya lah ikan-ikan yang belum dimiliki oleh kompetitor, maka usaha bisnis Anda akan lebih dilirik oleh konsumen.

Itulah beberapa tahapan penting yang harus Anda lakukan jika ingin terjun dalam bisnis budidaya ikan. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba peruntungan membuka bisnis ini sebab tentunya akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan penghasilan tambahan.

Manfaatkan Pinjaman Tanpa Agunan untuk Memulai Bisnis Perikanan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, memulai bisnis perikanan memang awalnya agak sulit karena membutuhkan modal yang besar dan juga lokasi yang baik. Tetapi tidak perlu khawatir, Anda bisa memanfatkan fasilitas pinjaman dana tunai bunga ringan dari bank-bank terbaik di Indonesia.

KreditGoGo memberikan referensi produk kredit tanpa agunan yang tepat untuk Anda yang tidak mau ribet dan butuh dana cepat cair dalam waktu yang sangat singkat. Anda bisa mengajukan Standard Chartered KTA.

Standard Chartered KTA adalah produk pinjaman dana tunai cepat cair

Remove external link,
link replaced to KTA,
justified text,
update keywords,

yang dapat memberikan Anda suntikan modal usaha hingga Rp200 juta untuk jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun.

Keistimewaannya, pinjaman ini memiliki bunga ringan dengan metode pembayaran cicilan tetap, sehingga Anda tidak akan diberatkan dengan suku bunga berjalan.

Anda pun bisa mengajukan pinjaman Standard Chartered Bank KTA tanpa ribet, prosesnya yang mudah bisa melalui langsung secara online dan dana akan diproses dalam waktu 3 hari kerja setelah dokumen dan persyaratan yang ditentukan sudah lengkap.

Pengajuan tanpa ribet bisa langsung dilakukan melalui KreditGoGo.com dan dapatkan bonus menarik sebuah Powerbank Xiaomi 10400 mAh untuk mendukung kinerja smartphone Anda.

Modal usaha didapat, ditambah lagi bonus yang membuat Anda lebih untung, yuk ajukan sekarang. Saatnya wujudkan mimpi memulai bisnis sendiri!

Baca Juga: 
Jangan Tunda Lagi Berbisnis! Inilah Jenis Usaha Kinclong Modal Rp10 Juta
Agar Pebisnis Muda Tak Mati Langkah, Gunakan Kartu Kredit Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama