Melirik Si Kembar Baru, Calya dan Sigra

Calya dan Sigra telah meluncur di jalan raya. Diprediksi bakal menjadi raja di segmennya. Ingin memilikinya dengan cara mudah? Simak artikel berikut ini.

Si kembar mobil baru telah nongol. Namanya Cayla dan Sigra. Keduanya hasil Kolaborasi PT Astra Daihatsu Motor dan PT Toyota Astra Motor dalam mengembangkan produk low cost-green car (LCGC). 

Kedua mobil itu diproduksi di pabrik Daihatsu yang terletak di kawasan industri Karawang, Jawa Barat. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sebanyak 200 ribu unit per tahun.

Si kembar yang ciamik ini telah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu. 

Ajang yang ditenggarai mampu meraup Rp 6,1 triliun dari hasil hasil penjualan 25 brand mobil peserta GIIAS ini, salah satunya disumbang dari Calya dan Sigra berhasil terjual sebanyak 3.005 unit.

Toyota Calya ini keseluruhannya dibuat di Indonesia dengan komponen lokal di atas 80% dan dirancang serta dibuat oleh anak bangsa sendiri sehingga Calya bisa masuk mobil LCGC yang harganya disubsidi (potongan pajak) oleh pemerintah. 

Jangan heran, kalau harganya terbilang miring, dipatok dengan harga kisaran Rp129.650.000 hingga Rp150 juta untuk on the road (OTR) wilayah Jakarta.

Variannya adalah Calya 1.2 E STD M/T Rp 129.650.000, Calya E M/T Rp 132.450.000, Calya 1.2 G M/T Rp 138.000.000 dan Calya 1.2 G A/T Rp 150.000.000. 

Calya menggunakan mesin 3NR-FE, serupa yang digunakan Etios tapi ada tambahan dual VVT-i. Pilihan transmisi ada dua, yaitu manual 5-percepatan dan matik 4-percepatan. Kedua transmisi itu sama dengan Avanza.

Spesifikasi Toyota Calya menggunakan Nomor Seri Mesin 3NR In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 1,197 (1200) cc. 

Toyota Calya dengan Dual VVT-i ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sampai 88 Hp pada RPM 6,00, sedangkan torsi maksimalnya 104 nm pada putaran mesin 4200 Rpm. 

Toyota Calya mempunyai kapasitas tangki bensin hingga 36 Liter, dan perbandingan konsumsi bahan bakar sekitar 1:20 artinya 1 liter bensin bisa berjalan menempuh jarak 20Km dengan bahan bakar Pertamax.

Menggairahkan Pasar

Bagaimana dengan Sigra? Produk ini diyakini akan mampu menggairahkan pasar, mengingat selama ini segmen yang menguasai pasar domestik adalah multipurpose vehicle (MPV). 

Sigra dianggap bisa bersaing melawan mobil LCGC yang selama ini beredar, seperti Datsun Go+, Honda Brio, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla.

Setidaknya itu terbukti baru dua bulan dilempar ke pasaran, Sigra telah terjual menembus angka 12 unit. Hingga, jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) Daihatsu Sigra sudah mencapai 12.414 unit. 

Data PT Astra Daihatsu Motor menyebutkan, pemesanan Sigra terbanyak berasal dari Jakarta, yakni 40 persen dari total SPK. Disusul Jawa Timur (16 persen), Sumatra (11 persen), Jawa Barat (9 persen), Jawa Tengah (9 persen), dan wilayah lain.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Devision Head, Astra International-Daihatsu Sales Operation mengaku bahwa penjualan Sigra cukup menggembirakan. 

Pemesanan Daihatsu Sigra bisa mencapai 2.000 unit dalam sepekan, dan jika dihitung per menit, satu unit mobil ini bisa terjual dalam satu menit.

PT Astra Daihatsu Motor, selaku perakit model ini,menyebut telah melibatkan 108 pemasok lokal tingkat satu dan 880 pemasok lokal tingkat dua. 

“Bahan bakunya terdiri 94%lokal,” kata Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman.

Daihatsu Sigra hadir dengan beberapa varian, yaitu Sigra D, Sigra M, Sigra X, dan Sigra R dengan harga yang berbeda antara satu tipe dengan tipe yang lain. 

Selain itu, tersedia pula pilihan transmisi manual serta matic. Daihatsu Sigra menggusung mesin yang berkapasitas 1000 cc hingga 1.200 cc tergantung dari tipe variannya. Perbedaannya adalah pada pilihan mesin dan aksesori.

Lalu, untuk fiturnya juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan serta hiburan audio visual. Daihatsu Sigra memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. 

Untuk urusan roda, varian terendah menggunakan ring 13. Sedangkan untuk varian tertingginya, spesifikasi Daihatsu Sigra ini menggunakan alloy ring 14.

Cara Mudah Mendapatkannya 

Berapa harga Sigra dilepas di pasaran? Sigra dibandrol dengan kisaran harga Rp 99 juta hingga 136 juta. Cara mudah untuk membawa mobil ini pulang ke rumah adalah dengan mengajukan Kredit Kepemilikan Mobil. 

Di KeditGoGo, banyak daftar finance yang menyediakan kredit kepemilikan mobil. Misalnya, Mandiri Tunas Finance KPM yang menyediakan fasilitas pembiayaan bersama antara Bank Mandiri dan Tunas Finance untuk keperluan pembelian mobil baru atau bekas. 

Anda juga bisa mempertimbangkan HSBC Personal Loan dengan angsuran cicilan tetap. Keunggulan dari pinjaman ini adalah suku bunga yang ringan dan flat sehingga setiap per bulannya, Anda tidak dibebankan dengan bunga berjalan. 

Sistem metode bunga flat, akan memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran bulanan. Anda akan mendapatkan hadiah Sport Cam bila mengajukannya di KreditGoGo. 

Lainnya Standard Chartered Bank KTA adalah produk pinjaman pribadi yang dapat memberikan Anda suntikan modal usaha hingga Rp 200 juta untuk jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun. 

Keistimewaannya, pinjaman ini memiliki bunga ringan dengan metode pembayaran cicilan tetap, sehingga Anda tidak akan diberatkan dengan suku bunga berjalan. Dapatkan bonus menarik sebuah Powerbank Xiaomi 10400 mAh untuk mendukung kinerja smartphone Anda.

Ada juga Bank Bukopin KKB yang menyediakan kredit dengan bunga rendah dan tenor sampai dengan 5 tahun. 

Selain itu bisa juga dengan Panin Bank KPM, berupa fasilitas kredit yang dapat digunakan untuk membeli mobil dengan pinjaman yang fleksibel serta proses persetujuan cepat dan mudah. Nah tunggu apa lagi? Ajukan sekarang dan raih untuk lebih banyak!

Baca Juga: 
Ini Daftar Lengkap Harga Resmi Mobil Murah di di GIIAS 2016
Incaran Baru, Akan Hadir Konsep MPV Murah Mitsubishi

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama