Mau Pinjaman KTA Bebas Biaya Administrasi? Ajukan Produk Ini!

Biaya provisi pada pinjaman mempengaruhi jumlah plafon yang diberikan, pinjaman tidak diberikan secara utuh. Apa itu biaya provisi? dan adakah pinjaman yang menawarkan bebas biaya?

Biaya provisi pada pinjaman ternyata mempengaruhi jumlah plafon yang diberikan loh! Anda tidak akan mendapatkan pinjaman secara utuh alias akan dipotong dengan biaya administrasi. Ini yang jarang diperhatikan nasabah ketika memilih pinjaman KTA.

Sebelum menjelaskan lebih jauh mengenai produk pinjaman yang menawarkan bebas biaya administrasi, ayo kita simak dahulu penjelasan mengenai biaya profisi dan biaya lainnya yang ada pada produk pinjaman KTA.

hitung biaya provisi KTA

Apa itu Biaya Provisi?

Biaya provisi adalah biaya yang dipotong dari jumlah pinjaman. Akibatnya, debitur tidak menerima plafond pinjaman KTA secara utuh. Jumlah biaya provisi ini cukup tinggi, besarnya bervariasi antara satu bank dengan bank lain.

Biasanya mulai 2% dari total pinjaman yang didapatkan, sampai jumlah tetap Rp399 ribu berapa pun jumlah pinjamannya. Biaya provisi dikenakan sebanyak satu kali di awal proses pengambilan pinjaman dengan memotong langsung dari dana pinjaman yang dicairkan bank.

Jumlah biaya provisi KTA

Biaya-Biaya Pengajuan Pinjaman

Pengajuan pinjaman menarik sejumlah biaya administrasi kepada peminjamnya. Ini yang kadang tidak dipertimbangan nasabah ketika memilih pinjaman. Mayoritas peminjam hanya melihat tingkat bunga pinjaman, dan tentu saja, kecepatan serta kemudahan proses.

Nah, selain biaya provisi, inilah biaya-biaya yang sering dibebankan kepada peminjam sebelum dana pinjaman dicairkan oleh bank:

1. Biaya Proses

Biaya proses atau biaya administrasi, peminjam harus juga membayar biaya administrasi (biaya proses) yang muncul seiring dengan pengajuan pinjaman. Besarnya biaya yang harus dibayarkan di luar cicilan, jumlahnya tergantung pihak bank antara 1.5 persen hingga 5 persen dari total pinjaman.

2. Biaya Pelunasan Awal

Dalam sistem pinjaman KTA apabila nasabah ingin melunasi pinjaman lebih cepat dari pirode yang ditentukan maka akan tekena biaya pelunasan awal. Misalnya peminjam mengambil jangka waktu 12 bulan, kemudian menginjak bulan ke 6 ia ingin melunasi hutangnya.

Bank akan mengenakan biaya denda yang lumayan, contohnya, denda pelunasan dipercepat adalah 5% dari sisa pokok pinjaman. Apabila yang Anda pinjam sebesar Rp5 juta, kemudian setelah beberapa waktu sisa pokok tinggal Rp3.5 juta. Maka, Anda akan membayar sebesar Rp3.5 juta ditambah Rp175 ribu, yaitu Rp3.75 juta.

Biaya pelunasan ini bervariasi antara satu bank dengan bank lain.Yang jelas jumlahnya cukup signifikan, makin besar seiring dengan besarnya utang.

3. Biaya Keterlambatan

Bank umumnya memberikan denda keterlambatan cukup besar. Biayanya Rp225 ribu per keterlambatan atau 3% dari jumlah cicilan.Meskipun sebagai peminjam tidak ingin telat, tapi realisasinya tidak semudah itu. Telat membayar adalah kondisi yang sangat bisa terjadi.

4. Biaya Tahunan

Di tahun pertama, peminjam menghadapi bebanbiaya provisi. Pada tahun kedua dan seterusnya, jika mengambil jangka waktu kurang dari 1 tahun, peminjam harus membayar biaya tahunan. Jumlah biaya tahunan cukup kecil, yaitu Rp50 ribu. Lagipula, tidak semua bank menerapkannya.

5. Biaya Asuransi

Tujuan biaya ini adalah jika debitur meninggal dunia maka pihak asuransi melunasi sisa pinjaman.Tanpa asuransi, jika peminjam wafat, ahli waris harus melanjutkan cicilan atau melunasi pinjaman. Asuransi membuat pinjaman tidak membebani ahli waris.

Biaya asuransi bukan hal yang wajib. Ini pilihan. Karena pilihan, tidak semua bank membebankan biaya ini. Jadi Anda harus pintar melihat sejumlah biaya diatas ketika mengajukan pinjaman. Untuk itu penting sekali memilih produk pinjaman yang tepat.

asuransi KTA

HSBC Personal Loan Pinjaman Bebas Biaya

HSBC Personal Loan merupakan produk pinjaman yang memiliki biaya paling sedikit. Sejumlah biaya seperti, biaya provisi, biaya proses, biaya tahunan, biaya asuransi tidak dibebankan kepada calon peminjam.

Anda bisa menggunakan dana pinjaman yang dicairkan semaksimal mungkin tanpa dipotonga biaya provisi. Selain itu Anda juga tidak dibebani biaya administrasi dan lainnya sebelum dana dicairkan. Untuk biaya keterlambatan pun besarnya tidak besar hanya Rp75 ribu.

Sangat menguntungan bukan? HSBC Personal Loan juga memiliki keunggulan lainnya yaitu suku bunga ringan dan flat sehingga setiap bulannya cicilan tetap sehingga memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran bulanan. Anda tidak akan dikejutkan dengan besarnya suku bunga yang berubah-ubah.

Pinjaman HSBC Personal Loan menyediakan plafon mulai dari Rp5 juta hingga Rp125 juta dengan jangka waktu hingga 36 bulan. HSBC Personal Loan solusi cepat untuk dapat dijadikan fasilitas pembiayaan beragam kebutuhan.

Raihlah untung lebih banyak dengan mengajuakan HSBC Personal Loan melalui KreditGoGo. Setiap pengajuan pinjaman yang disetujui Anda akan mendapatkan hadiah menarik. Ayo ajukan langsung secara online sekarang juga!

Baca juga:
3 Hal Penting Sebelum Mengajukan KTA
Perbandingan KTA Bank Asing dan Bank Lokal

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama