Ketahui 5 Biaya Pengajuan Pinjaman Tunai KTA

KTA dipilih banyak orang saat cari pinjaman cepat. Tapi jangan kaget jika dana kredit tanpa agunan Anda terdapat potongan saat disetujui. Ada beban biaya yang memang perlu Anda bayar!

Siapa bilang cari pinjaman uang tanpa syarat dan dalam waktu cepat sulit? Dengan KTA (Kredit Tanpa Agunan), Anda bisa dapatkan dana tunai dengan proses yang mudah. Mulai dari jumlah kecil hingga ratusan juta rupiah.

Yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman, pelajari dahulu bunganya. Sebab, setiap bank memiliki standar suku bunga rendah masing-masing.

Meski tanpa agunan, KTA juga memiliki biaya-biaya pinjaman tunai yang dibebankan oleh bank pada debitur. Berikut beberapa jenis biaya yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan KTA. Simak ulasannya, yuk!

Biaya administrasi

Biaya administrasi ini dianggap sebagai “itikad” baik dari nasabah karena kreditnya telah berhasil disetujui. Biaya administrasi yang dipatok setiap bank jumlahnya berbeda-beda. Mulai dari 0.1% hingga lebih dari 3% dari total plafon KTA yang ingin dicairkan.

Baca juga: 5 Hal yang Jarang Diperhatikan Saat Ajukan KTA

Jumlah Provisi

Dalam mengajukan KTA akan ada biaya provisi yang perlu dibayarkan. Biaya ini merupakan biaya cadangan kredit yang harus disiapkan oleh bank pada masing-masing pencairan pinjaman. Biaya provisi yang dipatok rata-rata sebesar 1% dari nilai plafon pinjaman KTA yang dicairkan.

Melunasi Pinjaman Di Awal

Kredit Tanpa Agunan

Ingin utang lunas lebih cepat adalah hal yang baik. Tetapi sebaiknya Anda tidak buru-buru dan memikirkannya secara matang. Sebab, Anda perlu membayar penalti untuk melunasi cicilan lebih awal dari masa tenor. Kisarannya pun beragam, mulai dari 0,5% hingga 8% dari total saldo hutang nasabah.

Tentunya, pihak bank juga ingin diuntungkan dengan memberikan pinjaman pada Anda, bukan. Jadi, penalti ini ditetapkan oleh bank untuk menjaga agar nasabah tidak memperpendek jangka waktu pinjamannya. Dengan begitu, bank dapat menjaga aliran dana yang masuk tetap stabil.

Bunga pinjaman

Masing-masing bank menawarkan suku bunga pinjaman KTA yang bersaing. Ada yang menetapkan mulai 1.29% hingga ada yang berani memberikan paling rendah 0.96% per bulannya.

Bagi yang belum terlalu paham, bunga pinjaman dalam hal ini adalah biaya yang dikenakan oleh bank kepada nasabah atas utang yang dipinjam.

Baca juga: Pinjaman Uang Online Cukup Gaji Rp3 Juta

Hal ini sebanding dengan risiko bank ketika memberikan pinjaman kepada nasabah. Oleh karena itu, biasanya aturan dan pengecekan kelengkapan dokumen dalam pengajuan kredit tanpa agunan lebih ketat.

Agar Anda bisa mendapatkan bunga paling rendah, carilah perbandingan sebelum menetapkan KTA dari bank apa yang dipilih.

Denda Jatuh Tempo

denda kredit tanpa agunan

Perhatikan tanggal jatuh tempo tagihan Anda! Sebab, Anda harus membayarkan denda jika sampai telat bayar. Biaya denda keterlambatan Anda akan dihitung per hari dengan persentase yang berbeda dari setiap bank. Rata-rata, kisarannya mulai dari 5% - 6% total cicilan per bulan.

Biaya Tahunan

Ternyata tak hanya kartu kredit yang menetapkan biaya tahunan. Bank juga menetapkan biaya tahunan pada para nasabah KTA.

Masing-masing bank memiliki cara yang berbeda-beda. Biaya yang ditetapkan bisa dalam bentuk persentase ataupun nominal uang mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Transfer Dana ke Rekening

Dana KTA dicairkan oleh bank dengan mentransfer langsung ke rekening pribadi Anda. Untuk transfer ini, juga ada biayanya!

Biaya ini akan dibebankan pada Anda jika tidak memiliki rekening payroll di bank pemberi kredit. Oleh sebab itu, Anda harus siap menanggung biaya transfer dana KTA ke rekening.

Baca juga: Tips Atur Finansial dengan Uang Elektronik

Apabila transfer yang dilakukan melalui ATM, biaya yang dikenakan adalah Rp 7.500. Sedangkan pencairan pada konter bank, RTGS, atau kliring, biaya yang dikenakan akan lebih mahal.

Setelah memahami biaya-biaya tersebut, kini saatnya Anda mengatur strategi dalam mengajukan KTA. Tipsnya adalah memilih produk KTA yang sesuai dengan kebutuhan. Bandingkan terlebih dulu, mana yang paling cocok dengan Anda!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • tauhid

    Saya setuju

    Reply