KTA Untuk Biaya Nikah: Yay or Nay?

Setelah mengetahui untung rugi menggunakan KTA, sekarang saatnya mengambil keputusan! Apakah memang tepat jika KTA dipakai untuk membiayai pesta pernikahan?

Masih ingat kan cerita teman kami yang biaya pernikahannnya mencapai Rp50 juta? Itu tak pakai resepsi, lho. Hanya akad nikah dan makan-makan bersama keluarga serta teman terdekat di rumah. 

Cukup fantastis angkanya?

Pesta pernikahan, meski dilakukan secara sederhana, tetap membutuhkan dana yang tidak sedikit. Biasanya, orang tua dan/atau keluarga terdekat akan membantu Anda untuk membiayainya.

KTA Biaya Nikah

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa lepas tangan dan tak menyumbang seperpun. Setidaknya setengah dari total biaya penikahan harus ditanggung oleh Anda dan pasangan sebagai calon mempelai. 

Inilah yang kemudian menjadi masalah. 

Jika seseorang belum memiliki persiapan atau tabungannya belum cukup untuk menutup biaya menikah, bagaimana caranya mendapatkan dana ekstra?

cincin akad nikah

Satu solusi untuk permasalahan ini adalah dengan mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA). Bukan hanya Anda dapat membiayai pernikahan sendiri, tapi juga bisa mewujudkan pesta impian yang sesuai dengan keinginan.

Lalu, pertanyaannya sekarang, apakah memang tepat menggunakan KTA untuk biaya nikah? Sebelum memutuskan, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. 

Katakan “Ya” pada KTA, jika:

1.Punya penghasilan tetap per bulan yang dapat menutupi pembayaran utang

Sudah memiliki penghasilan tetap per bulan tidaklah cukup. Hitung kembali apakah gaji Anda bisa menutup cicilan bulanan.

2. Memiliki pemahaman yang sama dengan pasangan tentang beban utang

Bicarakan secara mendalam dengan pasangan mengenai masalah ini. Mulai dari berapa banyak uang yang harus dipinjam hingga bagaimana cara melunasi utang tersebut.

3. Sudah melakukan survey dan menyusun anggaran

Untuk membuat anggaran yang tepat, buatlah rencana pesta pernikahan sedetail mungkin. Perhitungkan semuanya termasuk hal terkecil.

4. Memiliki simpanan dana darurat

Pastikan Anda memiliki dana cadangan untuk menutup utang dan pengeluaran bulanan untuk jangka waktu 6 bulan ke depan.

dana persiapan nikah

Katakan “Tidak” pada KTA, jika:

1. Pekerjaan dan pendapatan bulanan tidak stabil

2. Masih memiliki banyak utang yang belum lunas

3. Saldo tabungan terbatas dan belum punya dana darurat sama sekali

4. Belum memahami secara detail mengenai syarat dan ketentuan mengajukan KTA

dana nikah

Jika memutuskan untuk menggunakan KTA sebagai sumber dana pembiayaan resepsi, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti suku bunga, porsi hutang, tenor cicilan, dan biaya penalti.

Sebaiknya pilih produk KTA dengan suku bunga rendah agar beban utang semakin ringan. Jika berniat untuk melunasi utang dengan uang angpaw, maka carilah produk yang bebas penalti, atau setidaknya minimal.

Pastikan Anda memilih dan menentukan produk KTA yang tepat agar tidak terjerat dalam lilitan utang dan masalah keuangan.

Nah, apa saja pilihan produk KTA untuk membiayai pesta pernikahan Anda? Tunggu artikel KreditGoGo selanjutnya ya! 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama