Jadi Tajir Lewat Utang? Mengapa Tidak!

Hari gini nggak punya utang? Tidak perlu terkejut dengan pertanyaan tersebut. Tak selalu bernada minor, utang juga bisa mengantarkan seseorang jadi tajir. Tidak percaya? Mari kita simak!

pinjaman KTA

Jika tidak benar-benar terpaksa jangan sekali-kali berutang.Ya, pernyataan itu sangat benar. Untuk apa berutang jika tidak ada kebutuhan mendesak atau alasan kuat untuk berutang? Apalagi berutang kepada pihak-pihak yang jelas-jelas merugikan dan mengambil untung besar dari aktivitas utang piutang tersebut.

Pada sisi lain, ada orang berseru heran 'hari gini nggak punya utang?'. Nah, seruan keheranan ini mengundang debat panjang. Kok, nadanya utang itu jadi penting? Utang seperti apakah itu hingga dia dianggap begitu penting, bahkan jadi kebutuhan?

Berutang penting dilakukan untuk suatu tujuan masih membuka ruang perdebatan. Ada pro dan kontra. Jadi, sekali lagi, utang seperti apakah yang penting dan wajib dilakukan?

Sudah pasti utang itu harus bersifat produktif, bukan konsumtif. Ada banyak produk pinjaman KTA ditawarkan saat ini. Di sinilah harus benar-benar teliti mengulik produk pinjaman yang tidak memberatkan dengan proses yang mudah. Jangan sampai niat utang produktif malah berbuah keresahan, apalagi bencana.

Kartu kredit untuk wiraswasta

Kaya Lewat Jalur Wiraswasta

Seiring perubahan zaman, orientasi berpikir pun berubah. Jika dulu banyak anak muda berpikir sukses hanya bisa diraih melalui bangku sekolah, sekarang tidak lagi. Bukan berarti sekolah tidak penting. Namun, banyak yang berpikir jika pengalaman berusaha adalah sekolah sesungguhya.

Jatuh bangun dalam usaha adalah hal biasa. Proses jatuh bangun dalam membuka usaha itulah pelajaran sesungguhnya. Ukuran sebuah usaha dikatakan berhasil pun macam-macam indikatornya. Salah satunya adalah tajir atau kaya.

Nah, bagaimana menjadi tajir lewat buka usaha? Langkah pertama sudah pasti harus ada modal usaha. Tanpa modal, nonsense. Selain itu, wajib hukumnya seorang pengusaha membekali diri dengan kartu kredit.

Suka atau tidak, kartu kredit penting bagi pengusaha, pemula atau pun sudah kaliber besar. Pasalnya, dengan berbekal kartu kredit seseorang dianggap layak atau berdaya untuk melakukan transaksi keuangan. Dan, usaha apa pun bentuknya sangat erat kaitannya dengan berbagai macam transaksi keuangan.

Rasanya tak ada pengusaha yang tak ingin mengembangkan usaha menjadi tambah besar. Di sinilah terjawab pertanyaan mengapa hari gini butuh utang. Ya, jika modal tak cukup apalagi solusi paling tepat jika bukan utang?

Orang bisa berutang kepada teman, saudara, kerabat, atau pun pelayanan jasa pinjaman. Lantas, bagaimana utang itu harus benar-benar produktif?

Bisnis retail

Utang Bermanfaat Finansial

Utang yang dipakai untuk modal usaha atau mengembangkan usaha, itulah utang yang bersifat produktif. Untuk membuatnya aman, pergunakan utang ini benar-benar untuk urusan usaha. Untuk segala urusan yang memiliki manfaat finansial.

Jangan kacaukan utang dengan urusan konsumtif. Misalnya, mengambil sebagian utang untuk urusan lain seperti belanja furniture atau piknik. Apalagi untuk foya-foya.

Maksud dari utang yang memiliki manfaat finansial adalah seberapa besar manfaat utang tersebut guna mengembangkan usaha. Utang diputar untuk membesarkan usaha yang sudah ada.

Utang diputar untuk membuka usaha lain yang mendukung usaha sebelumnya. Atau, utang diambil untuk membuka usaha lain yang benar-benar beda.

Utang Untuk Menambah Aset

Utang Untuk Menambah Aset

Pengusaha yang tidak punya mimpi menambah aset itu bukan pengusaha namanya. Sebenarnya semua itu bisa direalisasikan, lewat pinjaman salah satunya.

Rasanya sedikit sekali, kalau tidak bisa dikatakan tidak ada, pengusaha yang menjadi besar tanpa utang. So, tak perlu jengah untuk mengajukan utang. Syaratnya sudah pasti utang itu diajukan benar-benar untuk urusan produktif, bukan kontra produktif, apalagi konsumtif.

Sebelum mengajukan Anda harus berhitung teliti untuk apa utang itu dikembangkan dan bagaimana prospeknya. Anda juga harus memastikan utang itu benar-benar terukur. Artinya, apakah Anda mampu membayar cicilan setiap bulan. Apakah syarat-syatanya mudah dan tidak membebani? Apakah bunga dan tenor yang diterapkan masuk akal dan tidak mencekik leher.

Ada baiknya Anda membuat simulasi berapa utang dibutuhkan dan berapa laba bisa dihasilkan dari utang yang diputar. Dari laba yang didapat seberapa besar bisa dimanfaatkan untuk mencicil utang dan sebagian lainnya untuk menambah aset.

Dengan begitu, ketika batas tenor dilewati, utang benar-benar lunas tanpa meninggalkan masalah. Bahkan, utang itu berbuah bonus pengembangan aset. Asyik bukan?

Kuncinya: Disiplin

Apa pun usaha yang dirintis, disiplin adalah kata kunci untuk membuatnya jadi besar. Apalagi, jika usaha dibesarkan dengan modal utang.

Disiplin menggunakan utang pada jalur yang benar. Disiplin memanfaatkan utang benar-benar untuk urusan produktif dan disiplin menyisihkan dana untuk cicilan utang. Jika tidak, benar saja kalau utang menambah masalah dan meresahkan.

Utang membuat hidup tak nyaman, tidur tak nyenyak, dan keresahan lainnya bersumber dari ketidakdisiplinan dan gagal peruntukkan utang. Sebaliknya, orang berpeluang bsar jadi tajir jika mampu mengoperasikan utang dengan tepat.

Berikut beberapa produk pinjaman KTA yang layak untuk dipertimbangkan. Produk pinjaman KTA ini bisa mengubah Anda menjadi tajir jika benar-benar dimanfaatkan secara produktif.

HSBC Personal Loan

HSBC Personal Loan adalah layanan kredit tanpa agunan yang relatif tidak ribet karena menerapkan persyaratan mudah. Kreditur juga tidak dibebani berbagai biaya seperti biaya administrasi, provisi, atau pun biaya asuransi.

Suku bunga flat dan cicilan tetap membuat peminjam memiliki gambaran pasti berapa dana harus disisihkan tiap bulan. Plafon dipatok dari angka Rp5 juta hingga Rp125 juta dalam jangka waktu 36 bulan.

Syarat yang diajukan sangat gampang. Selain WNI berusia antara 21–55 tahun, Anda harus memiliki kartu kredit. Pengajuan pinjaman dilampiri fotocopy KTP, NPWP, dan halaman depan buku tabungan.Setelah kelengkapan dokumen dipenuhi, proses aplikasi KTA akan diproses selama 7 - 14 hari kerja.

KTA Standard Chartered Bank

Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) lainnya yang pantas dipertimbangkan adalah KTA Standard Chartered Bank. Dengan suku bunga flat dan tenor hingga 60 bulan, plafon yang ditawarkan mencapai Rp300 juta.

Yang lebih istimewa, dana bisa cair dalam tiga hari. Dokumen yang harus dilengkapi meliputi: fotocopy KTP/Paspor, NPWP, Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan, Kartu Kredit (minimal berusia setahun), Sampul Buku Tabungan, dan Fotocopy NPWP Pribadi/SPT PPh 21 (untuk plafon kredit di atas Rp50 juta) bagi karyawan. Sedangkan bagi wiraswasta atau profesional ditambah fotocopy SIUP & Akta Pendirian Perusahaan.

Nah, janganlah alergi berutang. Tentu saja asal peruntukan benar-benar produktif dan disiplin mengoperasikannya. So, menjadi tajir lewat utang, mengapa tidak?

#KTAModalUsaha

Baca juga: 
Peluang Usaha di Musim Hujan yang Bisa Anda Coba

Bisnis yang Cocok Dilakukan Pasangan Suami Istri

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Gisska

    Sebisa mungkin hindari utang deh..

    Reply
    • eka Gumilar

      Kalau sya tdk pnya kartu kredit dan hanya bekerja sbgai supir uber car taksi online, apakah bisa?

      Reply
      • Tiurma Ida Siregar

        Sy mau bertanya.Apabila blm ada kartu kredit,apakah bisa mengajukan pinjaman utk usaha?

        Reply
      • Icha

        Saya tinggal di CIREBON dan tdk punya kartu kredit bagaimana? Saya ada usaha salon dan konter juga bekerja.

        Reply