Inilah Cara Agar KTA Disetujui

Apakah Anda sering mengajukan KTA tetapi pengajuannya ditolak oleh bank. Jangan kesal dan putus asa mungkin alasan inilah yang menjadi penyebabnya.

Aplikasi KTA

Ketika berada pada suatu tekanan keuangan dan membutuhkan dana untuk beberapa kebutuhan pribadi seperti renovasi rumah, biaya pendidikan, atau lain sebagainya, maka mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa jadi solusi.

Jadi Anda mencoba mengajukan pinjaman ke bank dan menunggu data disetujui. Tetapi apa yang terjadi? KTA Anda telah ditolak. Jika Anda mengalami situasi ini, dan merasa frustrasi bahkan putus asa  coba lihat beberapa alasan berikut. 

Hal-hal dibawah bisa membantu memperbaiki catatan keuangan Anda saat ini. Memahami penyebabnya mungkin akan meningkatkan kesempatan agar aplikasi KTA berikutnya disetujui.

Alasan Umum Penolakan Kartu Kredit

Berikut adalah beberapa alasan umum yang dapat mempengaruhi penilaian bank dan menolak pinjaman Anda.

pengajuan kredit ditolak

Memiliki IDI Historis yang Buruk

IDI historis mencakup informasi mengenai seluruh track record kredit pemohon mulai dari pinjaman dan pembiayaan dengan kondisi lancar maupun bermasalah mulai dari Rp1 keatas, serta menampilkan informasi mengenai historis pembayaran yang dilakukan dalam kurun waktu 24 bulan terakhir.

Jika memiliki catatan yang buruk dan tunggakan pinjaman, bank mungkin akan menetapkan Anda sebagai nasabah yang berisiko buruk dan secara otomatis pengajuan KTA tidak disetujui. Lalu, bagaimana bank mengetahui IDI historis Anda?

Semua data berupa utang kartu kredit, pinjaman, dan lainnya dapat diproses dari lembaga keuangan resmi anggota Biro Informasi Kredit yang dihimpun oleh Bank Indonesia. Jadi cobalah cek IDI historis Anda terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

Memiliki Terlalu Banyak Pinjaman

Man in debt

Jika bank menemukan bahwa pinjaman sudah terlalu banyak: Anda mungkin tidak mendapatkan kesempatan lagi untuk disetujui. Bank akan melihat komitmen pinjaman lainnya yang dimiliki seperti pembayaran rumah dan mobil, iuran kartu kredit dan pinjaman pribadi.

Meskipun semua bank memiliki batasan berbeda-beda untuk menentukan maksimal banyaknya pinjaman yang dimiliki nasabah, batasan umumnya adalah 60%. Pembayaran bulanan Anda tidak boleh melebihi 60% dari gaji bersih Anda.

Jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman, pertimbangkanlah untuk mengambil jangka waktu lebih lama, itu dapat mengurangi jumlah tagihan yang dibayarkan setiap bulan. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat pinjaman Anda agar tetap dalam batas yang ditentukan bank.

Gaji Terlalu Rendah Untuk Persyaratan Bank

gaji rendah ditolak pengajuan kredit

Bank biasanya memiliki persyaratan pendapatan minimum untuk aplikasi KTA. Tapi di luar ini, beberapa juga menetapkan batas internal untuk berapa banyak seseorang bisa meminjam berdasarkan tingkat gaji mereka. Ini berbeda dari satu bank dengan bank lainnya.

Bank juga kurang bersedia untuk mempertimbangkan komisi sebagai bagian dari gaji yang mereka pertimbangkan kelayakannya. Jika sebagian besar gaji berasal dari komisi penjualan, Anda mungkin memiliki masalah untuk mendapatkan KTA.

Jika penghasilan Anda berada dibawah rata-rata, beberapa bank masih akan menawarkan KTA namun tingkat bunga akan lebih tinggi.

Anda Tidak Memiliki Sejarah Kredit

syarat pengajuan kredit ditolak

Riwayat kredit atau IDI historis yang buruk dapat menghambat pengajuan aplikasi Anda, Tidak memiliki Riwayat kredit pun bukan berarti baik itu juga akan menghambat pengajuan KTA.

Memang tidak memiliki riwayat pinjaman atau kredit bukanlah hal yang buruk, tetapi bagaimana bank dapat menilai kemampuan dan pengalaman Anda sebagai debitur yang baik. Sebuah rekam jejak yang terbukti pembayarannya tepat waktu menunjukkan kepada bank bahwa Anda memahami komitmen, dan menjunjung tinggi kedisiplinan.

Namun, ini tidak harus menjadi patokan baku untuk aplikasi pinjaman KTA. Beberapa bank bersedia untuk mengabaikan ini dengan menawarkan KTA dengan tenor lebih kecil tapi bunganya lebih tinggi. Anda mungkin bisa mencoba mengajukan di lebih dari satu bank tapi berhati-hati untuk ruang keluar aplikasi Anda.

Yang Dapat Anda Lakukan Jika KTA Ditolak?

solusi pengajuan KTA ditolak

Hal pertama, jangan merasa sedih atau putus asa, KTA tidak disetujui bukanlah akhir dari dunia. Itu hanya sebuah pengingat tentang kondisi keuangan Anda, tentang bagaimana kelayakan kredit.

Yang harus dilakukan hanya perlu membuat beberapa perubahan untuk meningkatkan catatan riwayat kredit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu :

  • Mengetahui masalah adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Anda bisa mencoba berbicara langsung ke bank untuk mencari jawaban dari penyebab KTA ditolak. Memang tidak semua petugas bank dapat membantu, jika mereka tetap bungkam maka cobalah langkah berikutnya.
  • Jika langkah pertama tidak berhasil coba meminta IDI historis. Itu adalah ide yang baik untuk mendapatkan IDI historis Anda dari Biro Informasi Kredit yang dihimpun oleh Bank Indonesia. Setelah Anda melakukan itu, coba teliti rincian laporan untuk kemungkinan sengketa atau tunggakan. Jika Anda menemukan masalah, Segera hubungi bank bersangkutan untuk meminta penjelasan dan solusinya saat itu juga.
  • Bila memungkinkan, perbaikilah segala utang yang tertunggak. Jadi pastikan untuk memeriksa dan membersihkan semua pembayaran utang, baru Anda bisa mengajukan kembali setidaknya setelah 12 bulan kemudian.

Inilah sebabnya mengapa hal-hal diatas sangat penting untuk bank ketika memutuskan pinjaman KTA. Yang cukup menarik, masing-masing bank memiliki cara yang berbeda untuk mengukur dan menentukan kelayakan kredit calon debiturnya.

Artinya, jika Anda telah ditolak pengajuan pinjaman KTA di satu bank, bukan berarti bahwa bank-bank lain juga akan menolak aplikasi Anda. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajulan di bank lainnya jika memang memerlukan dana mendesak.

Semoga berhasil!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • irma astuti faried

    selamat siang sy mau tanya kalo sdh buka IDI historis cara cek nya lagi status kita gimana ya?Terima kasih

    Reply