Inilah Alasan KTA Cocok untuk Wiraswasta

KTA menjadi pilihan produk pinjaman yang menawarkan kemudahan, selain persyaratan prosesnya pun terbilang cepat. Lalu apakah KTA cocok untuk wiraswasta? berikut ini alasannya.

dana usaha wiraswasta

Ketika seorang wiraswasta yang baru berencana merintis usaha, kendala utama yang paling sering dihadapi adalah modal. Modal usaha menjadi fondasi awal yang paling penting dalam merintis usaha. Ide brilian sekalipun tidak akan berjalan kalau Anda tidak punya modal, bukan?

Untuk itu banyak orang berusaha mendapatkan pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam mengembangkan usahanya. Ada banyak alternatif sumber modal usaha yang bisa Anda peroleh, salah satu contohnya adalah dengan mengandalkan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Produk pinjaman seperti KTA memang lebih banyak diminati masyarakat daripada produk kredit pada umumnya. Namun yang perlu diperhatikan adalah tingkat suku bunganya yang tinggi. Untuk itu perlu dipikirkan matang-matang sebelum mengajukan.

Mengingat resikonya yang tinggi kredit ini mempunyai segmen yang lebih spesifik biasanya dikhususkan untuk karyawan dan wiraswasta. Produk pinjaman KTA cocoknya untuk kepentingan produktif bukan konsumtif. Karena itu KTA cocok untuk wiraswasta yang ingin mengembangkan usahanya.

Dari usahanya itulah dana yang dipinjamkan akan diputar kembali sehingga menghasilkan uang untuk melunasi pinjaman tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa KTA cocok untuk wiraswasta.

Pengajuannya Lebih Mudah

pengajuan KTA disetujui

Khusus untuk wiraswasta, bank memiliki produk kredit usaha untuk membantu seseorang mengembangkan bisnisnya. Namun bukan perkara mudah mengajukan kredit usaha ke bank. Apalagi yang baru berencana merintis usaha.

Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah yang ingin mengajukan kredit usaha. Sehingga mendapatkan modal dengan kredit usaha jelas sebuah tantangan tersendiri. Anda diharuskan melengkapi persyaratan dari A sampai Z.

Untuk itu produk KTA sering kali menjadi pilihan alternatif untuk mendapatkan modal usaha. Persyaratan yang mudah dan prosesnya yang lebih cepat menawarkan solusi untuk kemudahan mendapatkan KTA. Tetapi karena ini termasuk kedalam jenis utang tanpa agunan, maka yang Anda perlukan hanyalah kartu kredit.

Perhatikanlah persyaratannya dan kemampuan Anda untuk melunasi utang tersebut. Pelajari syarat dan ketentuannya seperti jatuh tempo, besaran bunga, denda keterlambatan, biaya pelunasan dipercepat, dan lain sebagainya.

Baca juga: 13 Pilihan KTA dengan Tenor Panjang

Tidak Ada Agunan

Apabila Anda tidak memiliki agunan, KTA adalah jalan alternatif yang paling tepat untuk mendapatkan dana tambahan. Pinjaman ini cocok bagi Anda yang belum punya aset untuk dijaminkan. Poin inilah yang sering menjadi keunggulan KTA dengan produk pinjaman lainnya.

Tenor Panjang

KTA Tenor Panjang

Kredit dengan agunan memang memiliki jangka waktu yang lebih panjang, ada yang hingga 10 tahun. Namun selain kredit dengan agunan, KTA juga memiliki tenor yang cukup berfariasi paling panjang bisa mencapai 6 tahun.

Jika Anda tidak ingin mengambil pinjaman dengan jaminan, KTA juga cocok untuk Anda yang ingin mencari pinjaman dengan jangka waktu yang panjang. Jangka waktu cicilan tersedia mulai dari 12 samapi 60 bulan. Pilihlah tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Bisa Mendapat Pinjaman Lebih besar

Modal untuk usaha dibutuhkan jumlah yang tidak sedikit. KTA memberikan pilihan plafon yang bervariasi mulai dari minimum pinjaman Rp5 Juta hingga Rp300 juta. Jumlah plafon dapat ditentukan tergantung dengan kebutuhan Anda.

Persyaratan KTA untuk Wiraswasta

syarat pengajuan KTA

Persyaratan pengajuan KTA untuk wiraswasta memang sedikit berbeda dengan pengajuan KTA untuk karyawan. Persyaratannya tidak semudah KTA untuk karyawan, ada beberapa syarat lainnya yang juga harus disertakan.

Syarat tersebut antara lain TDP (Tanda Daftar Perusahaan) yaitu dokumen yang dapat membuktikan pendapatan dan masa kerja perusahaan, lalu SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan), dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Syarat-syarat ini diperlukan oleh pihak bank untuk dijadikan tolak ukur mengenai pendapatan dan masa kerja usaha Anda. Karena seorang wiraswasta tidak memiliki gaji tetap yang dapat digunakan sebagai dasar perhitungan besaran rasio pinjaman, maka mereka wajib menyertakan dokumen tersebut.

Mendanai bisnis dengan pinjaman bukan sebuah hal yang buruk. Memang ada risiko yang harus dihadapi tetapi dengan pinjaman dalam permodalan bisnis bisa lebih lancar. Sebelum mengajukan, perlu diingat lagi perhitungan bunga KTA itu langsung berjalan begitu kredit dicairkan. Maka itu, pastikan dulu urusan bisnis ini bisa menalangi angsuran KTA sampai lunas.

Baca juga: 5 Seni Mencari Modal Usaha, Apa Saja?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama