Ingin Hindari Pinjaman Abal-Abal? Baca Tipsnya dari Kami

Penawaran pinjaman dana tunai tanpa agunan dengan proses cepat dan mudah sering kita jumpai baik online ataupun di jalanan. Sebaiknya Anda berhati-hati jika menemukannya.

pinjaman uang asing

Tawaran pinjaman dana tunai semakin menjamur seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan dana cepat dan prosesnya yang mudah. Saat ini di Jakarta sudah semakin banyak jasa pemberi pinjaman baik dengan jaminan ataupun tanpa agunan dan disertai proses cepat hanya 1 hari dana sudah cair.

Proses pinjaman dana tunai seperti itu cukup diminati sebagian masyarakat, karena sangat berbeda dengan pinjaman tunai di bank yang harus melewati beberapa proses terlebih dahulu. 

Kebanyakan orang sering kecewa jika mengajukan di bank karena ada tahapan verifikasi yang mesti dilakukan oleh bank.

Lantas dengan peluang tersebut jasa pinjaman dana tunai "abal-abal" hadir dengan menawarkan proses yang lebih mudah, bahkan hanya bermodal KTP saja Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman. 

Kemudahan itulah yang dilihat oleh kebanyakan masyarakat yang terdesak akan kebutuhan dana secara instan.

Banyak juga oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan kesempatan ini untuk melakukan tindakan kriminal. Memanfaatkan masyarakat yang terdesak untuk mendapatkan keuntungan. 

Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh Anda yang membutuhkan dana jangan sampai terjebak kasus pembohongan pinjaman dana tunai dan proses cepat tanpa syarat yang rumit.

Legalitas Belum Terjamin

Penawaran pinjaman cepat belum tentu menjamin legalitas jasa pinjaman tersebut. Perlu Anda diketahui, selebaran yang menawarkan pinjaman dana tunai sebagai pinjaman modal usaha tersebut belum terjamin legalitasnya.

Legalitas itu sangat penting agar Anda sebagai peminjam pun dapat dilindungi oleh hukum, saat terjadi penyimpangan kesepakatan. Modus gadai BPKB motor dan lain sebagainya sering terjadi karena mengadaikan di tempat yang tidak terjamin legalitasnya.

Inilah yang kadang tidak diperhatikan oleh masyarakat, mereka hanya fokus pada bagaimana memperoleh uang dengan cepat sehingga tidak berhati-hati. Alhasil bukannya menyelesaikan masalah keuangan, malah tertimpa masalah baru.

Proses Cepat Tanpa verifikasi

proses pinjaman tanpa verifikasi

“Proses cepat, hanya perlu KTP atau NPWP dan nomor telepon” kata-kata itu sering sekali disebutkan baik dalam iklan pesan singkat, brosur ataupun melalui media sosial. Tapi apakah benar segampang itu memperoleh pinjaman?

Anda hanya butuh melampirkan KTP, NPWP, dan nomor telepon pinjaman sudah bisa didapat tanpa melalui proses verifikasi. Sedangkan bank membutuhkan banyak syarat seperti kartu kredit dan proses verifikasi untuk memberikan pinjaman.

Logika sederhananya, apakah Anda orang yang ingin memberikan pinjaman tanpa mengecek terlebih dahulu calon peminjamnya? Perlu Anda ketahui kemudahan itu bukan tidak ada risikonya biasanya jasa peminjam seperti ini memberikan bunga yang lebih tinggi. Jika Anda tidak sanggup melunasinya, Anda akan dikenakan bunga yang berkali-kali lipat.

Baca juga: Awas! Rentenir Berkedok Pinjaman Online

Modus-Modus Penawaran Pinjaman

Modus penawaran pinjaman

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan jasa peminjam dengan menawarkan pinjaman dana melalui berbagai media, diantaranya adalah:

1. Pesan Singkat

Pernahkah Anda mendapatkan pesan singkat berisi penawaran pinjaman dana? Jika pernah jangan mudah tergiur. Mereka mem-broadcast pesan singkat, entah itu lewat SMS atau via BBM (BlackBerry Messenger) ke nomor acak.

Contoh isi pesannya adalah “Butuh dana cepat? Berniat pinjam ke bank tapi enggak ada jaminan?" "Selalu gagal ajukan KTA? Kami punya solusi untuk Anda." "Pinjaman 5-200 juta dan dijamin 100% cair."

2. Media Sosial

Saat ini media sosial semakin berkembang pesat. Banyak hal yang disampaikan di media sosial. Bahkan media sosial bisa dimanfaatkan sebagai tempat berbisnis dan lain sebagainya. Tidak terkecuali penawaran jasa pinjaman dana tunai.

Banyak akun yang bernamakan jasa pinjaman dengan berbagai penawaran pinjaman. Mereka bisa saja menaruh spam di komen Anda ataupun sitis-situs yang berhubungan dengan menawarkan ‘pinjaman cepat cair dan proses mudah’. Kemajuan teknologi bukan berarti membuat Anda tidak cermat dalam memilih.

3. Brosur

Pernahkah di jalan ataupun disuatu tempat Anda mendapatkan selebaran penawaran pinjaman dana tunai? Jika ya, pasti isi iklan tersebut berisi kata-kata “dana tunai cepat”. Biasanya brosur tersebut menawarkan kemudahan dan tanpa syarat yang berbelit-belit.

Melihatnya, siapa yang tidak akan tergoda dengan penawaran tersebut. Apalagi jika kebutuhan mendesak sehingga otak tidak bisa berfikir jernih, sehingga melihat iklan-iklan tersebut langsung tergoda.

4. Website abal-abal

Sekarang internet semakin maju, dimana orang sering mencari informasi seputar perbankan melalui google ataupun situs pencarian lainnya. Sehingga jasa-jasa pinjaman tersebut meanfaatkan ini untuk membuat sebuah alamat website dengan berbagai nama andalah seperti pinjamuangtanpasyarat.com.

Jika Anda tidak teliti banyak website abal-abal yang mengatas namakan jasa pinjaman. Jadi Anda perlu berhati-hati dalam menilai isi konten website tersebut periksa kembali mengenai website tersebut. Banyak yang memanfaatkanya sebagai modus fraud dalam simpan pinjam. Bukan solusi yang Anda dapat malah rugi dan utang yang berlipat-lipat.

Baca juga: Tempat Aman Mendapatkan Pinjaman

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama