Hindari Penggunaan Pinjaman Pribadi Untuk 3 Hal Ini!

Pinjaman pribadi bisa jadi solusi cepat untuk kebutuhan dana cepat gampang. Tetapi, jika dimanfaatkan untuk tujuan penggunaan yang salah bisa berakibat fatal!

KTA (Kredit Tanpa Agunan) maupun Kredit Multiguna, yang menggunakan jaminan, merupakan produk pinjaman yang cukup populer dan ampuh untuk mendapatkan dana secara cepat.Namun, hati-hati, penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

personal loan agreement

Meski bisa digunakan untuk kegiatan yang bersifat konsumtif, tapi sebaiknya tidak semua kebutuhan dipenuhi dengan dana dari bantuan kredit tersebut. Jika itu Anda lakukan, malah bisa menciptakan kerugian bagi diri sendiri.

Apa saja kegiatan yang sebaiknya tidak didanai oleh KTA dan Kredit Multiguna?

Dana Untuk Liburan

Berlibur sudah jadi kebutuhan masyarakat perkotaan di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, demi pelesir ke destinasi impian pun rela menghabiskan uang tabungan hingga berjuta-juta. Bahkan, sampai mengambil pinjaman tunai.

Padahal, rentang waktu kegiatannya terbilang pendek tapi menghabiskan dana yang cepat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat perencanaan liburan dari jauh-jauh hari ketimbang cari pinjaman uang tunai.

Baca juga: Cara Traveling dengan Budget Di Bawah Rp5 Juta

Bukatabugan khusus untuk budget liburan, sehingga tidak mengganggu keuangan Anda yang lain. Jika memang masih butuh dana tambahan, Anda lebih baik memanfaatkan fungsi kartu kredit.

Biasanya, perusahaan kartu kredit memberikan banyak promo seperti diskon dan cashback langsung. Anda juga dapat menggunakan fitur air miles dan poin rewards untuk pembelian tiket pesawat dan pemesanan hotel.

Biaya Pengobatan

medical insurances

Musibah dan penyakit memang tidak bisa kita prediksi ataupun hindari. Tetapi sebisa mungkin hindari mengajukan pinjaman ke bank untuk digunakan dalam biaya pengobatan.Sebab, Anda tidak dapatmemprediksi besaran biaya yang harus disiapkan.

Berobat dengan mengandalkan pinjaman tunai, walaupun dengan syarat paling mudah, justru semakin memperpanjang waktu sakit Anda dengan biaya yang semakin membengkak saat sudah sembuh.

Untuk itu, lebih baik Anda memiliki perlindungan kesehatan misalnya dengan mengikuti program asuransi kesehatan untuk rawat jalan dan rawat inap.

Anda juga bisa mendaftarkan diri untuk program BPJS Kesehatan jika memang Anda hanya memiliki dana yang terbatas untuk mengikuti program kesehatan premium.

Membuka Usaha Baru

Membuka kegiatan usaha untuk menambah penghasilan memang sebuah rencana yang menarik. Namun, mengambil pinjaman pribadiuntuk memulai sebuah usaha baru sepertinya kurang bijak. Mengapa?

Sebab, memulai usaha baru memiliki risiko gagal berkembang yang sangat tinggi. Ditambah lagi peluang untuk meraih profit yang tinggi pada masa awal usaha terbilang kecil.

Baca juga: CPNS Banyak Saingan, Bisnis Franchise Jadi Rencana Cadangan

Di luar itu, Anda juga perlu memperhatikan tingkat suku bunga kredit pinjaman yang cukup tinggi, kadang bisa mencapai hingga 24-29% per tahun.

Jika Anda memang berniat untuk membuka sebuah usaha, Anda menggunakan kredit usaha yang ada di bank. Contoh, Kredit Usaha Rakyat yang memiliki suku bunga lebih rendah dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit juga untuk dipenuhi.

Saat Tepat Untuk Ambil Pinjaman Pribadi

personal loan

Bukan berarti semua pinjaman tunai buruk karena menjerumuskan Anda pada hutang. Anda perlu memilah kebutuhan yang sesuai dengan pemanfaatannya. Hindari penggunaan kredit penggunaan kredit ini untuk kegiatan konsumtif yang sifatnya jangka pendek.

Kredit ini lebih cocok untuk digunakan sebagai alternatif tambahan dana untuk kegiatan yang sifatnya investasii jangka panjang tetapi membutuhkan dana yang cepat. Contoh, biaya dana pendidikan atau melakukan renovasi rumah.

Nantinya, rumah tersebut bisa Anda sewakan atau menjadi kos-kosan. Uang yang Anda dapat dari hasil menyewakan rumah bisa digunakan untuk melunasi pinjaman, sebelum akhirnya menjadi investasi bisnis properti yang menguntungkan.

Anda pun bisa memanfaatkannya untuk membeli kendaraan bermotor yang dapat digunakan sebagai taksi online atau ojek. Untuk pemenuhan biaya pendidikan pinjaman pribadi juga bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut.

Baca juga: Pahami 5 Alasan Bank Tolak Pengajuan Pinjaman

Tentunya, semua kembali kepada prioritas dan juga kebutuhan dana yang Anda butuhkan. Bila memang mendesak dan Anda tidak memiliki pilihan yang lebih baik, maka KTA dan Kredit Multiguna bisa jadi solusi penolong yang cepat.

Cepat karena pengajuannya dapat dilakukan secara online. Untuk lama waktu pencairan dana berbeda pada setiap bank, rata-rata membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari.

Setelah memahami pemanfaatan dana pinjaman tunai secara tepat, pastikan Anda tetap waspadai risiko lain yang timbul dari pilihan tersebut. Bandingkan keuntungan yang Anda dapatkan sebelum mengajukan produk pinjaman ke bank.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Syaban

    Sangat sangat setuju

    Reply