Hati-Hati Gadai Pinggir Jalan Tak Berizin OJK

Butuh dana cepat? tawaran gadai pinggir jalan menjadi jalan termudah, waktu yang singkat lantas menjadi tawaran menggiurkan. Namun amankah gadai pinggir jalan?

Di pinggir jalan, di tiang-tiang listrik banyak tertempel siker ataupun iklan-iklan “butuh dana cepat” yang menjadi pertanyaan apakah aman meminjam di jasa pinjaman seperti itu? Saat ini memang sangat marak usaha gadai swasta atau yang lebih dikenal dengan gadai pinggir jalan

Jasa gadai ini tumbuh bak jamur di musim hujan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator akan mengambil tindakan untuk mengatur keberadaan gadai swasta tersebut. Selama ini gadai pinggir jalan dianggap tidak resmi karena tidak terdaftar OJK.

Penggadaian emas

Gadai Tanpa Izin

Gadai pinggir jalan sendiri diatur dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 32 Tahun 2016, syarat menjadi gadai berizin yakni memiliki modal minimum Rp500 juta untuk izin usaha gadai tingkat kabupaten/kota, dan minimum modal Rp2,5 miliar untuk cakupan izin tingkat provinsi.

Usaha tanpa kepastian izin, justru akan membuat kerugian di masa mendatang. Meski demikian, jasa gadai seperti ini cukup digemari masyarakat. Alasannya banyak, tapi yang paling utama adalah kemudahan dan kecepatan masyarakat dapat uang tunai.

Syarat Mudah dan Cepat Cair

Untuk mendapatkan fasilitas gadai pinggir jalan ini biasanya tidak melampirkan persyaratan yang banyak, cukup KTP beserta surat barang yang akan digadaikan seperti STNK atau BPKB untuk kendaraan bermotor.

Setelah itu tidak butuh waktu lama, hanya 10 menit uang tunai sudah bisa Anda dapatkan. Jumlahnya pun beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung barang yang digadaikan. Barang apapun bisa diterima jasa gadai ini.

Barang seperti BKPB motor Anda bisa langsung mendapatkan uang tunai Rp2 juta tak kurang dari 10 menit untuk BPKP motor tahun 2012. Sementara itu, untuk BPKP mobil di tahun yang sama bisa diperoleh pinjaman Rp8 juta. 

Barang lainnya seperti laptop, kamera DSLR, ponsel juga bisa digadaikan.

Pinjaman tunai cepat cair pegadaian

Kemudahan Bukan Jaminan

Kemudahan syarat dan waktu yang cepat tidak menjamin masalah Anda terjawab. Kebutuhan akan dana cepat memang kadang mendesak orang untuk tidak berpikir cermat, dan melupakan banyak hal. Salah satunya dalah perihal bunga pinjaman.

Layaknya lembaga keuangan profesional, jasa gadai pinggir jalan juga menetapkan besaran bunga pinjaman kepada masyarakat yang menggadaikan barangnya. Besaran bunga pinjaman berada di kisaran 5% untuk 2 minggu hingga 10% per bulan.

Namun, uniknya tarif bunga pinjaman tersebut langsung dipotong saat dana cair. Apabila Anda tidak cermat bisa terlilit utang dengan bunga yang besar. Lalu kemanakah Anda harus meminjam jika membutuhkan dana cepat?

Tempat Pinjaman Aman Tepat Menguntungkan

Ketika Anda membutuhkan dana cepat dan bingung ingin mengajukan kemana, jangan dulu tergoda dengan iklan-iklan gadai pinggir jalan, apalagi yang belum jelas izinnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau kepada masyarakat ketika membutuhkan uang tunai agar menggadaikan barang berharganya ke PT Pegadaian (Persero), bukan ke tempat gadai yang banyak di pinggir jalan raya.

Tempat yang menawarkan jasa gadai saat ini banyak memberikan bunga pinjaman yang tinggi dibandingkan Pegadaian. Jadi apabila Anda ingin menggadaikan barang lebih baik ke lambaga yang sudah terjamin dan diawasi oleh OJK.

Selain pegadaian Anda juga bisa memanfaatkan KreditGoGo sebagai jembatan peminjam dengan bank atau lembaga keuangan. Melalui KreditGoGo Anda bisa menemukan produk pinjaman dari bank terbaik di Indonesia, dan terjamin kemanan dan kulitasnya.

Pinjaman online cepat cair

Raih Untung Berlipat-Lipat

KreditGoGo menghadirkan produk pinjaman dari bank terbaik di Indonesia. Proses pengajuannya pun mudah dan aman, Anda bisa langsung mengajukan secara online dan jika sesuai persyatan bank langsung akan memproses pinjaman Anda.

Produk pinjaman KTA dari Standard Chartered misalnya menawarkan pinjaman hingga Rp200 juta untuk beragam kebutuhan, bunga yang ringan dan flat memudahkan angsuran setiap bulannya, selain itu dana cair cukup 3 hari saja.

Spesialnya dari KreditGoGo Anda bisa meraih untung berlipat-lipat apabila mengajuan pinjaman KTA dari Standard Chartered. Kebutuhan dana untuk segala keperluan keuangan Anda akan dilipat gandakan dengan bonus powerbank cangih dari Xiaomi secara cuma-cuma.

Ada juga pinjaman HSBC Personal Loan, layanan kredit tanpa agunan dengan suku bunga flat. Pinjaman hingga Rp125 juta. Tenor sampai dengan 3 tahun. 

Segala kebutuhan finansial Anda terpenuhi dan dilengkapi lagi dengan bonus Sport Cam Kamera untuk menemani segala aktivitas.

Tertarik untuk mendapatkan pinjaman dan untung berlipat, ajukan langsung secara online disini!

Baca juga: 
Ingin Hindari Pinjaman Abal-Abal? Baca Tipsnya dari Kami
Awas! Rentenir Berkedok Pinjaman Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama