Dapatkan Modal Bisnis dengan KTA

Mencari tambahan modal adalah kendala utama saat ingin mengembangkan bisnis. Mengajukan KTA bisa jadi solusi untuk Anda. Ikuti panduannya berikut ini.

Andi (30 tahun) merasa senang karena bisnis toko online yang dirintisnya selama setahun terakhir sudah mulai berkembang. Saat omset bulanannya mencapai lebih dari Rp 10 juta, Andi pun mulai berpikir untuk mengembangkan bisnis dengan membuka toko di pusat perbelanjaan. 

Sayangnya, niat ini terhambat karena terbatasnya modal.

Kekurangan modal bisnis merupakan masalah umum yang harus dihadapi para pemilik usaha. Tidak jarang keingingan untuk mengembangkan sayap bisnis harus ditunda atau bahkan dibatalkan akibat susahnya mencari suntikan dana.

Jika Anda juga mengalaminya, jangan pupus harapan dulu. Impian mengembangkan bisnis tetap dapat diwujudkan. Salah satu solusinya adalah mengajukan kredit di bank. 

Ada beberapa produk bank yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan suntikan dana tunai sebagai tambahan modal, seperti: Kredit Multiguna, jika ada aset jaminan atau Kredit Tanpa Agunan, jika Anda tidak bisa memberikan aset jaminan.

Fasilitas Kredit Tanpa Agunan untuk para pengusaha ini ditawarkan dengan istilah KTA Bisnis. Ada dua bank yang menawarkan jenis KTA ini, yakni Bank Permata dengan  Permata KTA Bisnis dan Bank Standard Chartered dengan KTA Bisnis. 

Bagaimana cara untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan Bisnis dari salah satu bank tersebut? Simak ulasannya di sini. 

Limit Pinjaman

Dari Permata KTA Bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman tunai mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 1 Miliar. Sedangkan dari Bank Standard Chartered, pinjaman KTA Bisnis diberikan dari Rp 150 juta hingga Rp 1,5 miliar.

Limit pinjaman sebesar ini tentunya sangat menggiurkan bagi para pengusaha.

Bunga dan Tenor Pinjaman

Suku bunga yang berlaku untuk KTA bisnis ini adalah suku bunga tetap (fixed interest rate). 

Besarnya sekitar 0.99% - 1.633%, tergantung besar pinjaman dan lama waktu meminjam.

Jangka waktu  pinjaman tanpa agunan yang diberikan baik Bank Permata maupun Bank Standard Chartered adalah sama, yaitu minimal 1 tahun dan maksimal 3 tahun.

Syarat dan Ketentuan Umum

Adapun syarat dan ketentuan umum untuk mengajukan KTA bisnis di Bank Standard Chartered adalah memiliki usaha yang telah berkembang selama minimal 3 tahun dan memiliki izin usaha lengkap. Syarat lainnya adalah pemilik usaha harus berusia antara 25 – 65 tahun

Sedangkan, syarat dan ketentuan umum untuk mengajukan Permata KTA Bisnis adalah memiliki usaha yang sudah berjalan dengan baik selama minimal 5 tahun dengan omset minimal Rp 90 juta per bulan. Pemilik usaha juga harus berusia antara 25 – 70 tahun pada saat pinjaman berakhir.

Siapkan Dokumen Pendukung

Proses pengajuan KTA terbilang cukup mudah karena tidak perlu memberikan aset untuk menjadi jaminan. Namun, Anda tetap perlu melengkapi segala dokumen untuk mendapatkan persetujuan Bank. Berikut kami berikan daftar dokumen yang perlu disiapkan.

Permata KTA Bisnis

Dokumen   PT     CV  Perorangan, UD, PD
KTP pengurus dan pemegang saham -
KTP Pemohon - -
Akta Pendirian Perusahaan dan perubahannya -
SK Menteri Kehakiman atau Persetujuan dalam lembaran Berita Negara RI -
NPWP Perusahaan -
NPWP Pribadi
SIUP / setara SIUP
Rekening koran perusahaan/pribadi yang digunakan usaha 3-6 bulan terakhir

KTA Bisnis Standard Chartered

Dokumen   PT      CV/FA      UP/PD   
KTP pengurus dan pemegang saham
KTP Suami/Istri dan Akta Nikah/Kartu Keluarga (bagi yang sudah berkeluarga) - -
Akta Pendirian Perusahaan dan Perubahannya -
SK Menteri Hukum dan HAM atau Persetujuan dalam Lembaran Berita Negara RI -
NPWP Perusahaan -
NPWP Pribadi
Personal Guarantee (Jaminan Perorangan) -
Surat Persetujuan Pengajuan Pinjaman dan Pengurus -
Surat Izin Usaha minimal 5 tahun dan Tanda Daftar Perusahaan
Rekening Koran 6 (enam) bulan terakhir

Sekarang tak ada lagi alasan kekurangan modal. Ajukan KTA sekarang untuk mendapatkan tambahan modal bisnis yang Anda butuhkan! 

Punya pertanyaan seputar KTA? Tuliskan pada kolom komentar di bawah artikel ini, kami akan dengan senang hati membantu Anda. 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama