Cara Menabung Lanjutkan Kuliah S2

Bagaimanakah merencanakan biaya kuliah S2? Apabila Anda ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi rencana keuangan ini harus dilakukan. KreditGoGo memberikan solusinya.

Biaya kuliah S2

Ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2 tapi masih bingung karena biaya pendidikan dirasa terlalu mahal? Sehingga ada baiknya sebelum Anda melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lakukan dahulu perencanaan keuangan yang tepat agar biaya kualiah tidak menjadi beban keuangan.

Belum lagi biaya keuangan yang selalu naik, sehingga sangat diperlukan dana yang besar untuk melanjutkan kuliah S2. Bagi Anda yang sudah bekerja, hal ini bisa menjadi lebih mudah karena Anda bisa memulai mengatur keuangan dengan berinvestasi, tabungan pendidikan, atau asuransi pendidikan.

Bagi yang saat ini ingin mengejar gelar master, ada beberapa persiapan keuangan yang juga bisa Anda lakukan. Berikut beberapa hal di antaranya:

1. Tentukan Tujuan Pendidikan Dan Hitung Biayanya

Budget Kuliah

Apabila berencana untuk melanjutkan kuliah S2 Anda harus tentukan dahulu tujuan dan target kuliah. Misalnya Anda memilih jurusan Manajemen, Anda bisa mencari informasi berapa biaya kuliah untuk jurusan tersebut.

Selanjutnya tentukan target kelulusan, bila Anda ingin kuliah S2 misalnya, tentukan target dua tahu, agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Semakin lama masa studi akan semakin besar biaya yang di keluarkan.

Saat ini biaya kuliah pascasarjana untuk perguruan tinggi favorit berkisar Rp7,5 juga-Rp10 juta per semester. Tergantung jurusan apa yang kamu pilih dan jalur apa yang kamu tempuh. Untuk itu coba asumsikan bahwa total biaya sebagai berikut;

  • Biaya pendaftaran Rp500.000
  • Biaya masuk atau uang pangkal Rp20juta
  • Biaya per semester Rp15juta (Kuliah 4 semester)

Total Anda memerlukan uang sebanyak Rp80,5 juta rupiah apabila kamu ingin melanjutkan studi S2.

2. Menentukan dari Mana Sumber Pembiayaan

student loan

Bila Anda baru akan kuliah beberapa tahun ke depan, persiapkan dana Anda dengan menambahkan dana cadangan. Sebab dana pendidikan biasanya naik setiap tahun sekitar 15%. Lalu sumber pembiayaan apa yang tepat untuk Anda?

Ada banyak pilihan tersedia, jika rencana malanjutkan S2 tidak dalam waktu dekat Anda bisa menyisihkan 40% dari gaji bulanan untuk dinvestasikan melalui tabungan pendidikan, reksadana, emas, atau juga asuransi pendidikan.

Sebaiknya membuat perbandingan terlebih dahulu sebelum memilih instrumen mana yang akan Anda pilih. Dengan begitu perkiraan jumlah dana yang terkumpul bisa sesuai dengan kebutuhan saat akan mulai kuliah nantinya.

Cara lain yang bisa Anda pilih adalah dengan memaksimalkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank terbaik di Indonesia. Pinjaman ini bisa dimaksimalkan dalam rencana pendidikan jangka pendek, jadi apabila Anda memiliki rencana dalam waktu dekat pinjaman KTA dapat dijadikan solusi untuk mendapatkan dana cadangan.

Pilihan pinjaman yang dapat memaksimalkan keuangan Anda adalah HSBC Personal Loan. HSBC Personal Loan memberikan pinjaman dari Rp5juta hingga Rp125juta untuk memenuhi apapun kebutuhan finansial Anda dengan beragam keuntungan.

Dengan suku bunga yang ringan dan flat Anda akan lebih mudah mengatur pengeluaran bulanan, karena jumlah angsuran dari bulan ke bulan jumlahnya sama. Anda tidak akan dikejutkan dengan besarnya suku bunga yang berubah-ubah.

Khusus di KreditGoGo Anda bisa mengajukan HSBC Personal Loan dengan mudah dan cepat ditambah hadiah Voucher Rp300 ribu dari Carrefour.

3. Mengatur Pembiayaan

pinjaman biaya pendidikan

Keuntungan menggunakan pinjaman untuk membiayai kuliah S2 adalah Anda bisa mewujudkan rencana kuliah kapanpun dalam waktu dekat. Selanjutnya Anda bisa melunasi cicilan pinjaman dari pengasilan per bulan yang diterima.

Apabila pilihan Anda jatuh pada pinjaman untuk memaksimalkanbiaya kuliah S2 Anda dapat mengatur besarnya angsuran dari penghasilan per bulan yang didapat. Sebelum mengajukan pinjaman sesuaikan dengan jangka waktu dan plafon yang diambil. Ketahui juga suku bunganya sehingga besar angsuran dapat diketahui.

Anda bisa memanfaatkan fasilitas kalkulator dari KreditGoGo untuk menentukan besarnya angsuran sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mengaksesnya silakan kunjungi halaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari KreditGoGo.

Baca juga:
Dapatkan Dana Tambahan untuk Biaya Pendidikan Anak
4 Trik Mengelola Uang Bagi yang Bekerja Sambil Kuliah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama