Berapakah Taksiran Maksimum Pinjaman KTA?

Pinjaman KTA selalu menjadi pilihan banyak orang sebagai solusi dalam mencari dana tambahan. Namun tahukah Anda berapa besaran maksimum pinjaman yang diberikan bank?

limit kredit tanpa agunan

Keberadaan Kredit Tanpa Agunan alias KTA semakin populer dan selalu dijadikan pilihan oleh masyarakat dalam mendapatkan dana tunai. Kebutuhan yang mendesak menuntut setiap orang untuk mendapatkan dana tambahan dengan proses yang mudah dan cepat.

KTA hadir menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan uang dengan cepat dan mudah tanpa memberikan jaminan apa pun. Biasanya KTA digunakan untuk tujuan produktif, seperti merenovasi rumah dan menambah modal usaha.

Namun ada juga yang menggunakan KTA untuk kebutuhan konsumtif seperti membeli kendaraan pribadi atau produk elektronik. Pinjaman KTA dapat digunakan untuk jenis kebutuhan apa saja namun Anda perlu ketahui bahwa KTA mengharuskan Anda mempunyai kartu kredit selama satu tahun.

Dalam mengajukan KTA banyak hal penting yang harus Anda ketahui. Salah satunya adalah limit pinjaman yang bisa diberikan oleh bank. Kira-kira berapa maksimum pinjaman KTA yang bisa diberikan oleh bank? Masing-masing bank menawarkan limit yang berbeda-beda umumnya dimulai dari Rp 5 juta hingga 200 juta.

Perkiraan Limit Maksimum KTA

Limit Maksimum KTA

Setiap debitur bisa mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan, namun ada dua hal yang diperhatikan oleh bank dan ini mempengaruhi jumlah pinjaman yang akan dikeluarkan. Hal tersebut adalah minimum pengahasilan dan limit kartu kredit.

Baca juga:Kapan Waktu Tepat Mengajukan KTA?

1. Penghasilan Bulanan

aplikasi KTA.

Besarnya penghasilan Anda setiap bulan akan menjadi tolak ukur bank sebelum menyetujui aplikasi KTA. Selain itu syarat ini pun menjadi berapa banyak nominal yang akan dipinjamkan. Setiap bank memiliki standarisasi berbeda untuk minimal gaji.

Rata-rata bank menerapkan syarat minimal gaji Rp 3 juta – Rp 10 juta per bulan. Ini merupakan cara bank menilai kondisi keuangan pribadi dan usaha calon debiturnya. Mulai dari pengeluaran bulanan, utang, sumber penghasilan tambahan dan sisa tabungan setelah cicilan.

Semua itu berguna untuk melihat kesehatan keuangan calon debiturnya yang dapat berpengaruh pada kemampuan dan tanggung jawab Anda dalam membayar kewajiban. Sehingga bank tidak bisa memberikan limit yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Semua itu dipertimbangkan berdasarkan dengan kemampuan calon debiturnya. Seberapa sanggup dia melunasi cicilan tersebut dan kondisi keuangan mereka tetap sehat. Umumnya bank akan memberikan pinjaman 3 sampai 5 kali gaji calon debiturnya.

2. Kartu Kredit

Seperti yang sudah Anda ketahui setiap orang yang ingin mengajaukan KTA harus memiliki kartu kredit. Sebenarnya apa gunanya kartu kredit ini? Kartu kredit disini berguna untuk bank dalam melakukan analisa kelayakan calon debitur.

Biasanya Anda harus memiliki kartu kredit yang aktif dalam penggunaannya selama satu tahun. dalam kurun waktu tersebut bank akan melihat pola penggunaan kartu kredit Anda. Apakah berjalan dengan baik dan tidak pernah telat membayar tagihan. Jika pola penggunaaan Anda buruk  mungkin saja itu alasan yang menyebabkan pengajuan Anda ditolak.

Selain penggunaannya limit kartu kredit juga sangat mempengaruhi penilaian bank untuk besaran pinjaman yang akan diberikan. Limit kartu kredit yang digunakan harus dimanfaatkan dengan optimal, tapi jangan sampai over limit.

Pemakaian kartu yang hanya memanfaatkan sebagian kecil pagu akan berakibat kecilnya nilai cair. Karena dianggap Anda hanya mampu melakukan pembayaran angsuran sebesar yang biasanya dibayarkan pada tagihan.

Nilai maksimal KTA yang bisa kita ajukan adalah 5 kali dari limit kartu kredit. Jadi misalkan limit kartu kreditmu adalah Rp 5 juta, maka kamu bisa mengajukan KTA sebesar Rp 25 juta. Tapi bank juga memiliki faktor lain untuk menghitung dana yang bisa kamu terima.

Jadi jika Anda berniat untuk mengajukan KTA, informasi diatas dapat membantu Anda untuk memperkirakan berapa maksimum pinjaman KTA yang bisa diperoleh. Anda jadi tahu faktor-faktor penentu yang ditetapkan bank dalam menentukan besaran pinjaman KTA.

Pihak bank tentu memiliki pertimbangan yang akurat dan tidak asal mencairkan pinjaman. Mereka akan menyesuaikan jumlah pinjaman berdasarkan dengan kemampuan finansial Anda.

Baca juga: 5 Hal Sepele Penyebab KTA Anda Ditolak

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama