Bagaimana Cara Memilih Bank yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman, bagaimanakah menentukan bank yang tepat dengan apa yang Anda inginkan? Mari simak penjelasan berikut ini.

Memilih bank yang tepat adalah langkah yang penting untuk sebuah keputusan menguntungkan bagi Anda. Keputusan ini akan memiliki peranan penting untuk tahu bank mana yang paling tepat untuk Anda pilih.

Ada begitu banyak bank yang memiliki produk Kredit Tanpa Agunan atau KTA, mulai dari bank nasional hingga bank internasional. Masing-masing bank menawarkan penawaran produk KTA yang bermcam-macam. Sehingga sebelum Anda mengambil keputusan penting juga untuk mengetahui apa yang Anda ingin dan butuhkan.

Kira-kira bank mana yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda tersebut? Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor penting di bawah ini dalam mencari bank yang tepat saat mengajukan pinjaman.

1. Kredibilitas Bank

Sebelum mau mengajukan KTA, langkah terpenting adalah kenali lebih dalam bank yang hendak dituju. Calon debitur harus mencari tahu kondisi bank yang akan dijadikan tempat pengajuan KTA, apakah cukup tepercaya atau tidak.

Hal yang paling gampang dalam memilih bank adalah kenali reputasi bank tersebut. Ukurannya bisa jadi seberapa banyak nasabah yang dimiliki, kualitas layanan yang prima, sampai banyaknya kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah.

Memilih bank dengan reputasi bagus dan kredibel akan menjadi langkah pertama untuk mengajukan KTA. Hal ini semata-mata demi kenyamanan, keamanan, sekaligus kepastian dalam permohonan pinjaman KTA.

2. Bunga Pinjaman

Ketika ingin mengajukan pinjaman KTA bunga akan menjadi pertimbangan yang patut dipertimbangkan. Dalam meminjam uang ke bank bunga sangat berperan penting dalam jumlah angsuran yang harus Anda bayarkan. Setiap bank menentukan besarnya bunga pinjaman yang berbeda-beda.

Bunga yang paling rendah otomatis memberikan keuntungan yang lebih baik. Pemilihan suku bunga terendah menjadi sebuah solusi keuangan yang tepat sebab memberikan kenyamanan. Keuntungan bunga rendah adalah nilai angsuran semakin ringan, membantu dalam mengatur keuangan, dan meringankan beban finansial.

Namun jika menemukan suku bunga rendah, jangan langsung tergoda. Ketahui cara menghitung suku bunga sebelum memilih bank tersebut. Jika perlu, kamu bisa meminta simulasi tabel cicilan dari besar cicilan bulanan serta sistem suku bunga yang digunakan oleh bank tersebut.

Baca juga: Produk KTA Bunga Rendah. Apa Saja?

3. Limit Pinjaman

Dalam memberikan pinjaman ada yang namanya limit atau batasan maksimal pinjaman yang diperkenankan. Masing-masing bank punya regulasi sendiri mengenai persyaratan pengajuan KTA termasuk seberapa besar limit pinjaman yang bisa diterima oleh calon debitur.

Sebelum mengajukan pinjaman KTA ada baiknya Anda mengetahui secara jelas berapa dana yang Anda butuhkan sehingga mempermudah Anda memilih bank yang tepat untuk mengajukan KTA. Kapasitas keuangan nasabah turut menentukan dalam besaran limit KTA. Biasanya bank akan memberikan limit KTA sebesar tiga kali dari pendapatan. Atau bisa juga dilihat dari saldo yang terparkir di rekening.

4. Jangka Waktu Pinjaman

Poin ini juga harus dipertimbangkan ketika memilih bank untuk mengajukan pinjaman KTA. Setiap bank memberikan jangka waktu pinjaman yang bervariasi. Bank memberikan keleluasaan untuk nasabah memilih jangka waktu pinjaman, umumnya bank mensyaratkan jangka waktu maksimal yaitu selama 5 tahun.

Ketika Anda mengajukan KTA memilih jangka waktu yang lebih cepat dinilai lebih baik sebab beban bunga yang harus ditanggung bisa menjadi lebih ringan. Sebaliknya jika memilih jangka waktu yang lebih lama walaupun besarnya angsuran menjadi lebih kecil beban bunga semakin besar.

Hal itu merupakan skema yang sudah ditentukan bank. Jadi langkah yang paling bijak adalah mengambil KTA dengan memilih jangka waktu terpendek agar tak terbebani dengan bunga. Selain itu ada baiknya pula menghindari pelunasan dipercepat karena akan dikenai denda pinalti.

5. Biaya-Biaya Pengajuan KTA

Dalam mengajukan pinjaman KTA jangan hanya fokus pada besaran dana yang akan didapatkan. Ini yang sering luput oleh para calon debitur. Pada KTA ada beberapa jenis biaya yang harus diketahui, biaya ini nantinya akan dibebankan pada calon debitur.

Biaya-biaya yang lazim ada di KTA itu antara lain bunga, biaya provisi, biaya keterlambatan, biaya perlunasan dipercepat, dan premi asuransi (kalau ada). Tiap-tiap bank memiliki kebijakan tersendiri seputaran biaya ini.

Jadi Anda perlu menyeleksi bank mana yang memiliki produk KTA sesuai dengan kebutuhan dan tentunya tidak memberatkan keuangan. Besaran biaya-biaya tersebut berbeda di setiap bank sehingga calon debitur harus aktif mencari informasi. Semakin rendah biaya yang harus dibayarkan maka pinjaman tersebut akan semakin efektif.

Itulah poin-poin yang menjadi dasar dalam menentukan bank yang tepat untuk pengajuan KTA. Carilah produk yang benar-benar menjadi solusi yang pas dalam mengatasi keuangan.

Baca juga: Ingin KTA Anda Disetujui Bank? Perhatikan 5 Hal Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama