Apa Itu Credit Score dan Cara Meningkatkanya

Credit score sangat penting untuk pengajuan kredit, prosesnya akan lebih mudah disetujui jika Anda memiliki catatan yang baik. Lalu bagaimanakah cara untuk meningkatkannya?

Credit Report

Penting hukumnya untuk memahami credit score sebelum Anda hendak mengajukan pinjaman ke bank. Jika Anda memiliki credit score yang baik, pengajuan kredit bisa lebih mudah. Nah, yang sering terjadi banyak orang meremehkan pentingnya hal ini.

Sehingga berpengaruh terhadap pengajuan kredit ataupun pinjaman mereka. Credit score bisa dibilang sebagai rapor bagi seorang peminjam di bank. Tanpa skor kredit yang baik, pengajuan menjadi lebih sulit dan Anda bisa dikenakan biaya lebih tinggi untuk mengambil pinjaman bank.

Apa itu Credit Score?

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan credit score ini, kenapa ini sangat berpengaruh terhadap pengajuan Anda. Credit score atau penilaian kredit adalah sistem yang digunakan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya untuk menentukan apakah Anda layak atau tidak mendapatkan pinjaman.

Dari penilaian kredit ini bank akan mengetahui tentang sejarah pinjaman Anda, seperti mengenai bagaimana siklus pembayaran tagihan, apakah Anda membayar tagihan tepat waktu atau tidak, berapa banyak kredit yang masih atau pernah dimiliki.

Semua data itu membantu bank dalam menganalisa permohonan kredit calon nasabahnya selain faktor-faktor kualitatif lainnya. Selain itu, dengan credit score kreditur dapat membandingkan informasi debitur dengan kinerja pinjaman nasabah lain dengan profil yang sama.

Fungsi Credit Score

Credit Score

Selain membantu bank menentukan apakah pinjaman Anda disetujui atau tidak, credit score juga menentukan berapa besarnya pinjaman yang akan Anda peroleh, berapa jangka waktu yang Anda dapatkan serta berapa besarnya bunga pinjaman yang dikenai.

Jika ternyata hasil credit scoring Anda kecil, Anda kemungkinan masih dapat memperoleh pinjaman tetapi dengan bunga yang lebih tinggi, atau anda diharuskan memberikan jaminan/ agunan.

Cara Meningkatkan Credit Score

Untuk memudahkan pengajuan Anda, credit score harus terlihat baik di mata bank, tidak memiliki credit score atau sejarah kredit lebih baik namun ini pun bukan berarti pengajuan pinjaman menjadi lebih mudah.

Setiap bank punya perhitungan dan metode analisis yang berbeda-beda ketika melihat kualitas debitur. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan reputasi credit score Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu meningkatkannya:

1. Gunakan kartu Kredit secara Teratur

Promo kartu kredit

Penggunaan kartu kredit memberi pengaruh besar terhadap tingkat credit score Anda. Kartu kredit idealnya ialah pengganti uang tunai sebagai alat pembayaran. Jadi, kalau kamu tidak pernah menggunakan kartu kreditmu, maka tentu tidak ada data yang terekam.

Anda bisa mulai menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, terutama barang dengan harga terbilang mahal, seperti pembayaran pesawat dan hotel, atau membeli alat elektronik. Setelah itu barulah gunakan kartu kredit pembayaran yang lebih kecil seperti makan di restoran dan perlahan reputasi kreditmu akan terbentuk.

2. Jangan Menunggak Tagihan

Ketika menggunakan kartu kredit jangan biasakan diri untuk menunggak tagihan. Tingkat kolektabilitas kredit nasabah merupakan salah satu cara bank menilai kualitas kredit seseorang. Tingkat ini terbagi menjadi lima, yakni lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan dan macet.

Bagi pengguna kartu kredit upayakan untuk membayar tagihan 10% terlebih dahulu dari total tagihan bulanan. Namun jika Anda mampu membayar penuh itu akan lebih baik untuk menghindari bunga yang tinggi setiap bulannya. Begitu pula dengan angsuran pinjaman, selalu upayakan untuk membayar tepat waktu.

3. Ambil Jeda Ketika Kredit Ditolak

KTA

Berikan jeda beberapa bulan ketika proses pengajuan pinjaman atau kartu kredit Anda ditolak. Saat masa jeda ini, Anda bisa melihat kembali apa yang salah. Misalnya, Anda mengajukan kredit lebih dari 30% dari pendapatan, atau Anda masih punya cicilan lain.

Saat Anda menunggu masa jeda ini, fokuslah untuk melunasi utang-utang yang ada. Kemudian Anda bisa juga mengajukan permohonan kartu kredit berlimit rendah terlebih dahulu. Langkah ini akan membantumu meningkatkan skor dan memberikan indikasi positif kepada bank bahwa Anda debitur yang dapat dipercaya.

Dengan demikian, jika anda ingin proses permohonan kredit anda dapat segera disetujui setiap anda mengajukan permohonan, pelihara credit scoring Anda dengan baik. Semakin tinggi nilai Anda semakin cepat permohonan kredit Anda disetujui.

Baca juga:
Ingin KTA Anda Disetujui Bank? Perhatikan 5 Hal Ini
Kenapa Aplikasi Kartu Kredit Saya Ditolak?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • MNM

    Cara tahu nilai credit score kita gmn ya?

    Reply