Alasan Mengapa BPKB Motor Lebih Sering Digadaikan

Memperoleh pinjaman saat ini semakin mudah, banyak jasa pinjaman yang menawarkan pinjaman dengan jaminan BPKB. Namun, mengapa masyarakat lebih memilih jamianan motor?

Dana cepat cair

BPKB motor kerap kali dijadikan jaminan pinjaman oleh kebanyakan masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat membuat peran jasa pinjaman semakin menjamur dan sangat dibutuhkan masyarakat.

Selain itu mereka rata-rata menawarkan proses yang lebih cepat dibandingakan dengan bank ataupun penggadaian. Dengan jaminan BPKB motor dana pinjaman bisa cair dalam waktu kurang dari 1 jam. Untuk masyarakat yang butuh dana cepat siapapun akan tergiur dengan penawaran seperti itu.

Namun masyarakat jangan terlalu tergoda dengan peminjaman uang seperti ini, karena bunga yang dikenakan juga cukup tinggi. Walaupun begitu masih banyak masyarakat yang tidak khawatir dan tetap mengadaikan BPKB kendaraan mereka.

Kira-kira apa alasan kebanyakan orang lebih banyak menggadaikan motor daripada aset lainnya. Berikut ini beberapa alasanyanya:

1. Banyaknya Jasa Pinjaman

Pegadaian Kendaraan

Saat ini sudah menjamur usaha pinjaman dana tunai jaminan BPKB. Anda pasti sering melihatnya di pinggir jalan ataupun iklan-iklan di banyak media seperti koran, internet, sms, dan brosur. Banyaknya jasa pinjaman seperti ini membuat banyak masyarakat tergoda.

Biasanya jasa pinjaman seperti ini mengiming-imingi kredit cepat cair tanpa adanya prosedur yang ribet, cukup dengan membawa BPKB motor saja Memang terlihat begitu menggoda, namun yang mesti Anda waspadai ialah reputasi perusahaan pemberi pinjaman tersebut.

Kebanyakan jasa pinjaman ini belum berada dibawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa keuangan). Selain itu Bunga yang diberikan pun cukup tinggi, jadi sebelum mengajukan pastikan Anda sanggup melunasi angsurannya.

2. Kebutuhan Mendesak

Butuh Pinjaman Cepat Cair

Sering kali masyarakat mengadaikan BPKB motor karena kebutuhan mendesak atau bagi sebagian orang yang tergolong menengah kebawah BPKB motor merupakan salah satu aset penting yang bisa mereka jaminkan.

Besarnya pinjaman tergantung dengan usia kendaraan tersebut, biasanya nilai pinjaman yang dicairkan 60% - 70% harga OTR kendaraan tersebut. Jadi jika tahun kendaraan masih baru pinjaman yang dicairkan pun bisa besar. Rata-rata total dana yang dicairkan bisa mencapai Rp 5 juta.

Walaupun kebutuhan mendesak, Anda tidak boleh gegabah dalam mengambil pinjaman. Hati-hati dalam mengadaikan motor Anda. Perhatikan juga besaran bunga yang diberikan setiap jasa pinjaman.

Umumnya Bunga yang dikenakan bisa begitu tinggi. Jika nasabah mengambil tenor lebih cepat maka bunganya lebih ringan tetapi jika tenornya lebih lama maka bunganya juga lebih besar.

3. Proses yang Cepat

Kredit multiguna mobil

Prosedur dan proses yang cepat memang menjadi keunggulan yang ditawarkan. Pinjaman dengan jaminan BPKB motor banyak dipilih masyarakat karena prosesnya mudah dan cepat. Bahkah hanya hitungan jam dana bisa dicairkan, maksimal proses pengajuannya mencapai 2 sampai 3 hari untuk pengecekan dan validasi.

4. Banyaknya Kendaraan Bermotor

Kendaraan Bermotor

Saat ini hampir setiap orang memiliki motor, Anda bisa melihat jika di jalan raya begitu banyak motor yang berlalu-lalang, apalagi ketika kemacetan terjadi penumpukan motor di jalan. Hingga tahun 2015 populasi motor terus meningkat, mencapai angka 80 juta unit.

Pembelian motor yang lebih mudah membuat orang tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan sebuah motor baru. Dengan uang muka yang rendah Anda sudah bisa mendapatkan satu motor terbaru. Jadi banyaknya orang yang memiliki motor saat ini membuat pinjaman dengan jaminan BPKB motor semakin banyak dipilih.

Boleh saja Anda memilih solusi cepat untuk mendapatkan dana segar tetapi ketahuilah juga solusi tersebut memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Sebelum mengadaikan aset Anda perhatikan kembali hal-hal seperti kredibilitas jasa pinjaman, bunga, persyaratan lainnya. Jangan sampai tidak sanggup bayar cicilan aset Anda melayang.

Baca juga: Inilah Jumlah Pinjaman Dana dengan Agunan Mobil

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama