5 Hal yang Jarang Diperhatikan Saat Mengajukan KTA

Saat terdesak butuh dana dan tak ada agunan untuk jaminan, KTA bisa diandalkan. Tapi, beberapa hal ini jarang Anda perhatikan hingga pengajuan pinjaman tunai online pun tidak disetujui.

Proses pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan) tak perlu memakan waktu lama. Dana segar yang Anda butuhkan juga bisa dicairkan dengan lebih cepat.Tidak heran jika banyak orang mengandalkan KTA untuk pemenuhan kebutuhanyang sifatnya mendesak.

Persyaratan pengajuannya pun tidak sulit. Beberapa persyaratan yang biasanya dibutuhkan seperti KTP, KK, akta nikah atau cerai, rekening tabungan 3 bulan terakhir, NPWP, slip gaji karyawan ataupun surat keterangan penghasilan.

Meskipun demikian, Anda juga perlu mengingat ada beberapa poin penting yang wajib dipelajari sebelum putuskan mengajukan KTA pada salah satu bank.

Bandingkan Syarat Pengajuan

Biasanya masing-masing bank punya persyaratan yang berbeda-beda pada produk KTA. Oleh karena itu, pilihlah bank dengan persyaratan yang mudah dan sesuai dengan kondisi persyaratan yang Anda miliki.

Jangan lupa untuk membandingkan masing-masing dari setiap jenis KTA yang ditawarkan oleh bank. Lakukan seleksi dari beberapa penawaran terbaik. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Hindari Penggunaan Pinjaman Pribadi Untuk 3 Hal Ini!

Perhatikan pula beberapa hal penting mulai dari bunga yang ditawarkan, tenor, kemudahan syarat, proses yang cepat dan lainnya. Masing-masing bank pasti memiliki kekurangan dan kelebihan dalam setiap penawaran. Jadi, sesuaikan pilihan Anda dan pilih mana yang paling mendekati kriteria.

Kredibilitas Bank

Ingat, jangan sampai salah dalam memilih bank ketika mengajukan KTA. Carilah bank yang telah memiliki reputasi baik dan berpengalaman dalam memberikan pelayanan KTA kepada para krediturnya.

Pelayanan tersebut bisa dalam proses pengajuan, lama proses tunggu pencairan, dan banyak hal. Beberapa bank pun mendapat testimoni yang kurang baik berdasarkan pengalaman kreditur.

Baca juga: 10 Alasan Bank Menolak Pengajuan Kartu Kredit

Contoh bank yang memiliki reputasi baik di antaranya adalah CTBC Bank KTA Dana Cinta, Standard Chartered Bank KTA, Bank Mandiri KTA Mitrakarya, CIMB Niaga Xtra Dana Payroll, BNI Cerdas KTA, BCA KTA dan masih banyak lagi.

Bunga Pinjaman

bunga kredit

Terkadang orang lupa segalanya saat butuh dana, termasuk tidak memedulikan besaran bunga. Tetapi Anda harus tetap ingat untuk berpikir logis. Pilihlah KTA dengan bunga terendah, karena ini akan berpengaruh terhadap kemampuan membayar Anda.

Baca juga: Pahami 5 Alasan Bank Tolak Pengajuan Pinjaman

Untuk mengetahuinya, kumpulkan beberapa paket penawaran KTA dari masing-masing bank dan bandingkan bunga sesuai kemampuan keuangan Anda. Anda bisa membandingkannya paket penawaran KTA secara online tanpa harus datang ke setiap bank.

Pinjam Sesuai Kebutuhan

Sebelum mengajukan kredit, Anda harus tahu fungsi dari dana yang ingin dipinjam. Apakah dana tersebut ditujukan untuk tujuan konsumsi atau usaha?

Kebanyakan orang mengambil KTA untuk bantu modal pengembangan usaha. Namun, KTA juga bisa ditujukan untuk kebutuhan konsumsi seperti biaya seperti membeli rumah, kendaraan, pendidikan ataupun pernikahan.

Walau begitu, Anda tidak boleh asal dalam menggunakan dana KTA. Jika ceroboh dalam penggunaannya, Anda bisa terjebak dalam kesulitan melunasi tagihan.

Metode Pembayaran Cicilan

Mencicil pinjaman bisa menggunakan autodebit melalui rekening atau menggunakan giro. Metode pembayaran yang menggunakan autodebit tentu sangat memudahkan Anda, terutama dalam hal menghemat waktu.

Apalagi jika saat waktunya membayar Anda sedang bertugas di luar kota. Sistem autodebit sangat memudahkan Anda agar terhindar dari kelalaian pembayaran saat sudah jatuh tempo.

Baca juga: 9 Trik Belanja Bulanan yang Lebih Efisien

Beberapa poin di atas memang kerap terlupakan saat mengajukan KTA. Oleh karena itu, mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan KTA sebelum mengajukannya adalah hal yang sangat penting. Yuk, ajukan KTA sesuai dengan kebutuhan Anda sekarang!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama