5 Hal Sepele Penyebab KTA Anda Ditolak

Ada beberapa hal kecil yang dianggap sepele oleh calon debitur sehingga pengajuan KTA ditolak oleh bank. Berikut ini adalah lima hal sepele yang membuat pengajuan Anda ditolak.

happy couple looking for personal loan

Mengajukan KTA atau kredit tanpa agunan sebenarnya sangat mudah dibandingkan pengajuan kredit lainnya. Namun masih banyak saja orang yang mengeluhkan pengajuan pinajamannya tidak juga disetujui. Jika Anda mengalami hal trsebut sebaiknya jangan dahulu kesal dan putus asa.

Aplikasi pinjaman ditolak oleh bank karena ada sebabnya. Salah satunya aplikasi Anda belum memenuhi kulifikasi bank. Tetapi ada beberapa hal sepele yang sering tidak diperhatikan calon debitur, dan hal tersebut menjadi penyebab KTA Anda ditolak.

Berikut adalah hal-hal yang dianggap sepele namun bisa menyebabkan pengajuan kredit tanpa agunan Anda ditolak oleh bank, di antaranya:

1. Nomor Telepon Bukan Fixed Line 

phone for KTA

Pada formulir pengajuan kredit, biasanya Anda harus memberikan nomor yang bisa dihubungi untuk konfirmasi atau verifikasi data. Bank lebih menyukai nomor telepon fixed line, sebab nomor telepon tersebut sangat penting bagi kredit analis.

Nomor telepon fixed line berguna untuk dapat memberikan gambaran bahwa anda bukan orang yang nomaden (suka pindah-pindah). Beberapa bank mensyaratkan anda mempunyai 3 sambungan telepon fixed line yaitu dirumah, ditempat kerja, dan saudara yang tidak serumah.

Tetapi ada juga yang mensyaratkan minimal anda mempunyai dua sambungan fixed line yaitu ditempat kerja dan saudara yang tidak serumah. Jadi pastikan Anda memiliki nomer telepon fixed line jika mengajukan pinjaman.

2. Nomor Telepon Tidak Bisa Dihubungi

Ketika mengisi formulir data diri Anda pastikan Anda mengisi semua informasi dengan benar. Seperti nomor telepon, jika nomor telepon yang Anda masukan salah pihak bank tidak bisa memverifikasi data diri Anda.

Bila bank sulit atau gagal menghubungi nomor yang disertakan pada formulir, bank akan menolak pengajuan kredit Anda. misalnya ketika Anda dihubungi handphone Anda tidak dijawab, lowbatt atau diluar jangkauan. Di kantor ketika dihubungi pihak bank kebetulan Anda tidak ada ditempat.

Tidak hanya nomor telepon Anda yang harus benar, nomer referensi lainnya seperti bagian keuangan atau HRD tempat Anda bekerja dan kerabat dekat juga harus mudah dihubungi. Pihak bank akan menghubungi HRD untuk konfirmasi mengenai status dan pendapatan Anda di perusahaan tersebut. Begitu juga dengan kerabat dekat (emergency contact).

Ketika pihak bank sulit mendapatkan informasi tersebut maka besar kemungkinan pinjaman Anda akan ditolak.Untuk itu ada baiknya mencantumkan lebih dari 1 nomor telepon kerabat, seperti nomor telepon kantor dan nomor ponsel lainnya sehingga mudah dihubungi.

3. Slip Gaji atau SKP Tidak Asli

Slip Gaji syarat KTA

Slip gaji menjadi persyaratan dokumen yang harus disertakan calon debitur. Biasanya bank akan menolak bila slip gaji yang disertakan adalah hasil kopian atau scan komputer. Alasannya, slip hasil kopian atau scan tersebut bisa saja palsu.

Selain itu penulisan SKP (surat keterangan penghasilan) yang tidak baku sering kali beberapa bank menolak pengajuan kredit karena menilai penulisan yang disertakan tidak baku.

4. Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu syarat jika Anda ingin mengajukan KTA. Penggunaan kartu kredit tentunya akan sangat berpengaruh, tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit akan membuat pengajuan KTA Anda ditolak.

Bank melihat pemakaian dan pembayaran kartu kredit untuk menilai layak tidaknya kredit Anda dikabulkan atau tidak. Penggunaan kartu kredit diatas 70% dari jumlah limit kartu atau bahkan hingga over limit akan membuat Anda kesulitan dalam mendapatkan jumlah pinjaman yang diinginkan.

Kemungkinan disetujui tetap ada, tetapi mungkin jumlah pinjaman yang disetujui dapat menjadi masalah bagi Anda. Selain itu Pembayaran kartu kredit yang Anda lakukan setiap bulan juga menjadi perhatian credit analyst. Pembayaran kartu kredit yang terlambat dan pembayaran minimum (minimum payment) misalnya, juga mempengaruhi penilaian Anda.

happy women using credit card

5. Mark Up Jumlah Penghasilan

Karena ingin pengajuan KTA Anda bisa disetujui Anda mencoba memberikan informasi yang tidak sesuai seperti jumlah penghasilan. Beberapa calon debitur ada yang sengaja melebihkan jumlah penghasilan pada formulir aplikasi, dengan harapan KTA nya bisa dikabulkan.

Pihak bank akan melakukan konfirmasi dengan HRD kantor Anda, bila ketahuan Anda berbohong, pengajuan kredit Anda akan langsung ditolak bank.

Beberapa hal diatas sering kali disepelekan oleh calon debitur tetapi pada dasarnya sangat mempengaruhi pengajuan aplikasi pinjaman Anda. Jadi jika ingin proses pengajuan KTA lebih mudah penuhilah semua persyaratannya dengan baik.

Baca juga: Inilah Cara Agar KTA Disetujui

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama