5 Barang yang Tidak Bisa Digadaikan

Menggadaikan barang di Pegadaian menjadi salah satu solusi mendapatkan dana instan. Namun tidak semua jenis barang dapat digadaikan, inilah lima barang yang tidak diterima Pegadaian.

Gadaikan Barang

Pegadaian menjadi salah satu sumber dana yang tepat untuk pinjaman jangka pendek. Pegadaian menjadi pilihan lain selain bank sebagai tempat orang meminjam uang. Caranya pun terbilang mudah dan praktis, Anda hanya perlu membawa barang untuk digadaikan dan bisa langsung diproses.

Mencari pinjaman uang di pegadaian dinilai lebih aman daripada mengadaikan barang di jasa-jasa pegadaian pinggir jalan. Anda pasti sering melihatnya di sepanjang jalan banyak yang menawarkan jasa gadai laptop ataupun handphone dengan syarat yang mudah dan relatif cepat.

Jika Anda terdesak dan membutuhkan dana cepat jangan dulu terburu-buru mengadaikan barang berharga Anda ke jasa ‘pegadaian’ tersebut. Anda bisa datang ke Pegadaian (Persero) sebuah lembaga keuangan bukan bank yang memberikan pinjaman berdasarkan hukum gadai kepada masyarakat kecil, agar terhindar dari praktik pinjaman dengan bunga yang tidak wajar.

Tetapi perlu Anda perhatikan, pegadaian memiliki kriteria barang yang bisa digadaikan, umumnya barang yang sering digadaikan adalah emas, barang elektronik dan BPKB motor. Namun ada beberapa barang yang tidak bisa digadaikan, barang apa sajakah itu? Berikut ini kami jelaskan satu per satu.

1. Batu Akik

Batu Akik

Beberapa tahun belakangan ini memang demam batu akik menyerang semua masyarakat Indonesia. Beberapa batu akik bahkan memiliki nilai jual yang fantastis. nilai jualnya yang bisa melambung sangat tinggi sesuai jenis dan popularitasnya.

Tetapi ternyata batu akik tidak termasuk dalam kriteria barang yang bisa digadaikan di Pegadaian. Alasannya adalah nilai tukar batu akik yang belum pasti dan belum memiliki standar yang baku. Saat ini, pihak Pegadaian sedang melakukan kajian lebih lanjut terkait batu akik dan kemungkinan batu akik yang tersertifikasi akan dapat digadaikan

Namun untuk saat ini batu akik tidak bisa diterima oleh Pegadaian sebagai barang yang berharga. Walaupun harganya ada yang melambung tinggi, namun jika dilakukan analisa risiko ketika barang itu jatuh tempo, batu tersebut tidak akan laku.

Baca juga: Bisnis Batu Akik, Apakah Masih Menguntungkan?

2. Handphone BlackBerry

Handphone BlackBerry

Teknologi yang semakin maju melahirkan generasi baru telepon genggam yang menawarkan fitur lebih canggih. Karena semakin banyak handphone pintar hadir dipasaran BlackBberry pun tergeser pamornya saat ini.

BlackBerry mengalami penurunan nilai jual yang signifikan akibat berbagai faktor, termasuk berkembang pesatnya ponsel bersistem Android yang merangkul berbagai merk ponsel. Pegadaian pun terpaksa mencoret BlackBerry dari daftar barang elektronik yang bisa digadaikan.

3. Televisi Tabung

Televisi Tabung

Barang elektronik seperti televisi memang masuk dalam kriteria Pegadaian. Namun tidak semua barang elektronik bisa digadaikan. Termasuk televisi tabung yang dinilai sudah ketinggalan jaman dan produknya dipasaran sudah jarang.

Model televisi yang bisa digadaikan di Pegadaian adalah TV LCD yang diproduksi minimal dalam lima tahun belakangan. Hal yang sama berlaku untuk kulkas dan sebagian besar barang elektronik lainnya selain ponsel dan laptop.

4. Microwave

Microwave

Barang elektronik lainnya yang tidak diterima di Pegadaian adalah microwave. Alasannya adalah karena microwave bukan termasuk jenis barang elektronik yang sering dipakai. Untuk itu Pegadaian tidak menerima barang-barang yang tidak umum digunakan masyrakat.

Barang elektronik tersebut merupakan barang yang jarang digunakan orang pada umumnya. Microwave hanya digunakan untuk orang-orang tertentu saja atau orang yang bergelut di bidang makanan seperti catering.

5. Motor Pabrikan Tiongkok

Motor Pabrikan Tiongkok

Kendaraan bermotor memang termasuk barang yang umum digadaikan di Pegadaian. Namun tidak semua jenis motor, motor pabrikan dari Tiongkok tidak masuk dalam kriteria barang yang bisa digadaikan.

Motor pabrikan Tiongkok, termasuk motor replika yang biasanya diproduksi di Tiongkok akan sangat sulit bahkan bisa jadi tidak dapat kamu gadaikan BPKB-nya meski barangnya masih mulus dan baru.

Jika Anda ingin mengadaikan barang untuk mendapatkan pinjaman hindarilah menggadaikan barang-barang tersebut. Anda bisa membaca artikel kami mengenai “3 Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Baca juga: Alasan Mengapa BPKB Motor Lebih Sering Digadaikan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama