5 Alasan Wajib Pertimbangkan KTA Dibanding Gadai Barang Tak Resmi

Era modern seperti sekarang membuat Anda tinggal memilih solusi pinjaman ketika sedang membutuhkan dana tambahan. Lebih baik cerdas dan bijak saat memilih. Ini alasannya.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kebutuhan hidup semakin tinggi dan mendesak. Kebutuhan akan dana tunai bisa dibilang sebagai yang paling dominan. Tidak heran hampir semua lembaga keuangan berlomba-lomba menyediakan fasilitas pinjaman alias kredit.

Dengan begitu banyaknya pilihan layanan penyedia pinjaman, tentu saja Anda harus bijak dalam memilih. Tidak sedikit lembaga keuangan ilegal yang siap memanfaatkan kebutuhan Anda akan dana dengan jeratan bunga tinggi. Salah satunya adalah fenomena jasa gadai barang tidak resmi.

Agar terhindar dari petaka, simak dulu 5 alasan kenapa Anda wajib mempertimbangkan KTA dibandingkan gadai barang tak resmi:

KTA online mudah

Praktis

Di tengah tingginya mobilitas kaum urban, Kredit Tanpa Agunan (KTA) menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan. Ketika Anda memutuskan untuk menggadaikan barang, Anda harus datang ke tempatnya secara langsung dengan membawa barang tersebut.

Selain tidak praktis, dari faktor keamanan hal ini sangat riskan. Tidak ada yang tahu apa yang bisa terjadi di perjalanan selama Anda membawa barang berharga tersebut.

Berbeda halnya jika Anda mengajukan KTA. Anda cukup mengajukannya dengan mengisi aplikasi secara online, misalnya di KreditGoGo. Cara ini jauh lebih aman dan praktis dibandingkan bawa barang berharga Anda ke tempat gadai.

Hal lain yang harus dipersiapkan saat Anda memutuskan untuk menggadaikan barang adalah harus menyiapkan terlebih dahulu barangnya. Pihak pemberi pinjaman nantinya akan memeriksa barang yang Anda bawa untuk gadaikan agar tepat memberi taksiran harga. Jadi, prosesnya pun lebih rumit.

Baca juga: Bunga KTA Naik, Pilih Pinjaman yang Tepat

Nilai Pinjaman Lebih Maksimal

Sudah bukan rahasia lagi kalau KTA menyediakan dana pinjaman yang sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nominalnya mulai dari Rp10 Juta hingga Rp300 Juta. Bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dalam nominal besar, tentu saja hal ini lebih menguntungkan.

Bukan berarti Anda harus selalu mengajukan pinjaman dalam nominal yang besar lho! Taetapi paling tidak, dengan KTA, Anda bisa mendapatkan jumlah pinjaman yang kurang lebih sesuai dengan rencana atau kebutuhan.

Berbeda halnya ketika Anda menggadaikan barang untuk mendapatkan kredit. Jumlah yang diperoleh akan jauh dari harapan. Hal ini disebabkan karena pihak gadai memberikan pinjaman sesuai dengan nilai taksiran. Kondisi barang menentukan besarnya jumlah pinjaman.

Jadi, jika Anda benar-benar sedang butuh dana yang luamayan besar, KTA adalah pilihan yang tepat.

Bunga Lebih Kompetitif

bunga KTA rendah

Yang namanya pinjaman atau kredit pasti disertai dengan biaya bunga. Sebisa mungkin saat mencari atau mengajukan pinjaman, pilihlah yang bunganya tidak terlalu membebani pengeluaran Anda. Nah, Anda harus ingat, baik KTA maupun gadai barang keduanya disertai bunga.

Bunga KTA biasanya jauh lebih ringan dibandingkan dengan gadai tidak resmi. Bunga KTA ada yang mulai dari 0,68% per bulan, sedangkan gadai tidak resmi biasanya bunga bisa di atas 3% bahkan hingga di atas 10%.

Sebelum memutuskan, hitung bunga dan cicilan yang harus Anda bayar. Jangan sampai niat ingin menyelesaikan masalah malah berubah jadi tambah masalah baru lagi.

Tenor Pinjaman Lebih Panjang

Selain jumlah pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, KTA juga menawarkan tenor pengembalian pinjaman yang fleksibel. Anda tentu akan merasa sangat kesulitan jika jumlah pinjaman yang cukup besar harus dilunasi dalam tempo singkat.

Melihat variasi besaran pinjaman yang disediakan, fasilitas KTA juga menawarkan tenor pengembalian pinjaman hingga 60 bulan alias 5 tahun. Contoh bank penyedia fasilitas KTA dengan tenor hingga 5 tahun adalah Standard Chartered Bank.

Bagi Anda yang mengajukan KTA untuk membangun usaha tentunya akan sangat terbantu. Kita semua tahu bahwa butuh waktu yang tak sebentar bagi sebuah usaha untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Ketahui 5 Biaya Pengajuan Pinjaman Tunai KTA

Tidak Perlu Menjaminkan Barang

Dari namanya saja Kredit Tanpa Agunan, jadi tidak ada barang atau surat berharga yang dijaminkan. Berbeda halnya dengan gadai barang, sudah jelas ada barang yang wajib dititipkan ke pihak gadai. Anda harus merelakan barang berharga atau kesayangan ‘menginap’ selama cicilan kredit belum lunas.

Mungkin untuk benda-benda tertentu tak menjadi masalah. Tapi bagaimana jika Anda terpaksa harus menggadaikan kendaraan, surat berharga, atau emas? Rasa kehilangan dan was-was apakah barang yang digadaikan aman dan bisa Anda tebus suatu waktu akan timbul. Tidak terkecuali dengan barang-barang yang memiliki makna tersendiri bagi Anda.

Kebutuhan akan dana tunai secara cepat sering membuat kita tidak bisa berpikir logis dan bijak. Sehingga keputusan yang diambil pun berujung petaka. Jasa gadai barang memang terlihat menggiurkan karena mampu memberikan pinjaman saat itu juga. Namun coba pertimbangkan lagi faktor-faktor lain sebelum menyesal.

Fasilitas KTA pun beragam, jangan memilih yang tidak jelas keberadaannya. Pastikan Anda mempelajari dan membandingkan terlebih dahulu produk KTA mana yang terbaik bagi Anda. Pilihlah KTA yang disediakan oleh lembaga keuangan resmi yang berada di bawah pengawasan Bank Indonesia dan OJK.

Selamat memaksimalkan fasilitas KTA yang Anda peroleh dengan sebaik-baiknya ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama