10 Cara Menikah Mewah dengan Dana Terbatas

Budget selalu menjadi masalah utama bagi pasangan yang ingin menikah. Tapi tak perlu khawatir lagi karena ada cara jitu untuk menggelar pesta pernikahan dengan dana yang terbatas.

Memang tidak ada peraturan tertulis untuk menggelar pesta pernikahan. Namun, sudah jadi budayanya untuk merayakan pernikahan dalam sebuah pesta.

Setiap calon pengantin pun punya gambaran pesta pernikahannya masing-masing. Ada yang cukup dengan pesta sederhana didampingin keluarga dan kerabat. Banyak pula yang menginginkan pesta besar bagaikan seorang raja.

Apapun pilihan Anda, satu hal yang pasti adalah perlu dana yang tidak sedikit dalam mengadakan resepsi pernikahan sesuai impian.

Biaya Pernikahan Efisien dalam Dana Maksimal

Budget, akan jadi salah satu problem yang Anda dan pasangan hadapi. Walaupun sudah menabung dari jauh hari, tetap saja masalah biaya pernikahan tak berhenti bikin pusing.

Agar tidak terlalu terbebani, kelola dana pernikahan Anda seminimal mungkin dengan sepuluh cara ini:

1. Cari Tempat Resepsi yang Terjangkau

Saat dana Anda terbatas, tak usahpaksakan kemampuan untuk menggelar pernikahan di gedung mewah atau hotel.Sebab, kedua tempat itu akan menghabiskan budget Anda hingga puluhan juta.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Pernikahan Outdoor di Bandung

Minimalisir biaya sewa tempat dengan mencari pilihan venue yang lebih terjangkau seperti aula kampu, sekolah, ataurumah pribadi. Anda juga bisamenggelar resepsi di restoran. Biasanya charge yang dikenakan sudah termasuk makanan, sehingga tidak perlu dobel mengeluarkan dana untuk konsumsi.

2. Dekorasi yang Simple Tapi Unik

Di manapun tempat menikah Anda nanti, dekorasi yang cantik mampu meningkatkan kadar keindahan dan kemewahannya.

Pelaminan yang mewah memang terkesan bagus dilihat, tapi pelaminan yang unik lebih menarik dan berkesan.Anda bisa menyesuaikan kebutuhan pelaminan dengan tema pernikahan.

Misalnya, untuk tema vintage, Anda cukup menyertakan satu buah sofa panjang dan empat buah kursi dengan background beberapa frame tanpa foto yang tergantung di belakangnya. Dekorasi yang murah juga bisa tampil mewah dengan sentuhan kreatifitas Anda.

3. Vendor Pernikahan Paling Murah

Untuk dekorasi pernikahan umumnya menghabiskanbiaya Rp15 juta hingga puluhan juta. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah menemukan vendor dengan harga paket dekor terjangkau tapi mampu memberikan banyak fasilitas.

Cari beberapa pilihan vendor pernikahan untuk kemudian Anda bandingkan harganya. Ini bertujuan agar dana yang keluar tak semakin membengkak.

Baca juga: Target Punya Rumah Sebelum Nikah, Persiapkan Hal Ini!

Perbandingan harga juga harus mempertimbangkan biaya lainnya seperti gedung, undangan, katering, souvenir, baju pengantin, rias pengantin, dokumentasi, mahar, dan hantaran.

Setelah membandingkan harga, Anda bisa lebih tahu kebutuhan mana yang bisa diminimalisasi.

4. Wedding Organizer Pribadi

Menyiapkan acara pesta pernikahan memang menyita banyak waktu sehingga banyak pasangan yang tak ingin repot dan menyerahkannya pada wedding organizer. Daripada mengeluarkan dana lebih untuk menyewa wedding organizer, lebih baik Anda membentuk panitia acara sendiri.

Minta bantuan dari keluarga dan teman dekat untuk menjadi kaki tangan Anda dalam mengurus perintilan pernikahan. Keterlibatan mereka pun akan membuat tali persaudaraan dan pertemanan jadi lebih erat.

5. Undangan Pernikahan Online

Undangan nikah online

Ada dua bentuk undangan pernikahan, yakni undangan dalam bentuk fisik dan undangan online. Anda bisa mempesan keduanya.

Pesan undangan fisik dalam jumlah terbatas karena undangan fisik sebaiknya hanya diberikan kepada orang yang usianya lebih tua sebagai rasa hormat. Sementara undangan untuk teman atau rekan kerja bisa menggunakan undangan online yang harganya jauh lebih murah dari undangan fisik

6. Mahar dan Hantaran Penuh Makna

Mahar dan hantaran sering terlupakan dalam daftar biaya pernikahan. Idealnya mahar berupa emas, uang tunai, atau logam mulia dalam jumlah tertentu.

Tak perlu dalam jumlah nominal yang besar, tapi buatlah dengan nominal yang unik. Misalkan saja jika tanggal pernikahan Anda 20 Agustus 2017, maka mahar Anda bisa dengan uang sejumlah Rp200.817. Sementara untuk hantaran, tidak perlu terlalu banyak karena sebenarnya hanya bersifat simbolis saja.

7. Sewa Katering Dari Keluarga

Sekitar 60-70% budget pernikahan pasti habis untuk konsumsi. Anda tentu ingin menghormati para tamu undangan dengan sajian menu makanan dan minuman lezat dalam ragam varian rasa.

Untuk itu, Anda perlu menambah budget katering yang lebih besar. Dalam menghemat budget, sebaiknya Anda menyewa beberapa orang yang ahli memasak dari kerabat atau teman dekat.

Baca juga: Para Lelaki, Siapkan Dana Menikah Dari Sekarang !

Memasak sendiri bisa memangkas biaya makanan, sedangkan untuk gubukan, Anda bisa memesan dari pedagang kaki lima yang ada di sekitar rumah. Selain bisa menghemat, Anda juga memberikan rezeki kepada orang banyak.

8. Cari Souvenir Langsung di Tempat Kerajinan

Ingin souvenir pernikahan yang unik, tapi budget terbatas? Anda bisa datang langsung ke tempat kerajinan souvenir untuk mendapatkan harga dari pengrajin langsung.

Carilah souvenir di pengrajin daerah seperti Yogyakarta yang memiliki banyak pilihan etnik yang unik. Jika tak sempat datang langsung, Anda bisa mencarinya secara online lewat instagram atau media online lainnya.

9. Manfaatkan Relasi untuk Dokumentasi dan Tata Rias

Jika Anda memiliki teman yang berprofesi sebagai fotografi, minta bantuannya untuk mendokumentasikan pernikahan Anda. Begitu juga dengan tata rias, carilah kerabat atau teman dekat yang pintar makeup. Harga yang ditawarkan pastinya akan berbeda dengan harga pada umumnya.

10. Gunakan Kartu Kredit untuk Dapat Diskon

biaya pernikahan mahal

Dalam mensiasati biaya pernikahan, sebaiknya Anda memaksimalkan penggunaan kartu kredit untuk beberapa kebutuhan kecil. Misalnya, menjahit atau menyewa baju pengantin, membeli kain seragam bridesmaid, beli mahar, hantaran, dan cicin kawin, hingga rencana jalan-jalan bulan madu.

Baca juga: Persiapan Pernikahan yang Bisa Dihemat dengan Kartu Kredit

Kebutuhan pernikahan biaya kecil ini nantinya bisa Anda cicil pelunasannya setelah menikah. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan fitur cashback dari kartu kredit agar rencana pernikahan lebih hemat. Seperti fitur cashback pada kartu kredit HSBC Visa Platinum Cash Back yang akan memberikan Anda cashback hingga 25% dari semua transaksi yang Anda lakukan.

Budget Masih Kurang, Tapi Hari Pernikahan Sudah Dekat?

Jika dana pernikahan yang Anda miliki masih kurang, ada satu solusi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah yakni dengan mengajukan pinjaman KTA yang tidak terlalu membebani.

Salah satu produk layanan KTA yang biasa digunakan untuk dana tambahan pernikahan adalah Standard Chartered Bank KTA dengan bunga cicilan tetap hingga lima tahun. Jumlah pinjaman yang bisa Anda ajukan mulai dari Rp5 juta hingga Rp200 juta.

Baca juga: Terpaksa Ngutang untuk Nikah, Mari Cerdas Memilih KTA Tepat

Berapapun budget yang Anda miliki saat ini, usahakan untuk menyisihkan dana cadangan agar nantinya jika ada keperluan khusus, Anda tidak perlu khawatir masalah dana lagi. Semoga dengan informasi di atas, Anda bisa mewujudkan pernikahan impian dengan budget terbatas.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama