Tiga Hal yang Harus Dihindari Sebelum Membeli Rumah

Rencana ingin memiliki rumah bukanlah perkara mudah. Selain butuh rencana yang matang juga membutuhkan beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan.

  1. kecilnya persiapan
  2. minimnya kemauan
  3. minimnya kemauan dengan pasangan

Bagi banyak pasangan muda yang baru saja menikah, pertanyaan yang biasanya diutarakan ialah “Kapankah waktu yang tepat untuk memiliki rumah pribadi?”, pertanyaan tersebut merupakan hal yang umum dan merupakan sebuah harapan bagi pasangan muda yang menginginkan tempat tinggal idaman. Namun banyak pasangan justru mengalami kesulitan untuk menentukan kapan realisasi memiliki rumah. Beberapa hal justru menjadi permasalahan tersendiri dan kadang membuat pasangan tersebut menjadi tidak terealisasi.

Minimnya Kemauan

Hal yang paling mendasar mengenai keinginan untuk memiliki rumah ialah seberapa besar niat dan kemauan mengenai keinginan untuk memiliki rumah. Setelah kedua pasangan berkomitmen tinggi untuk punya rumah, mereka akan berusaha mencari informasi mengenai produk-produk Kredit Pemilikan Rumah yang disediakan oleh bank. Setelah itu langkah selanjutnya iala mencari developer/pengembang yang memberikan penawaran produk rumah berdasarkan harga, fasilitas dan lokasi. Dengan kemauan dan tekad yang kuat, pastinya akan memberikan peluang yang besar bagi Anda untuk memiliki rumah.

Miskomunikasi dengan Pasangan

Selain kemauan, hal lain yang juga sangat penting ialah adanya komunikasi antara kedua pasangan mengenai langkah dan produk KPR yang diinginkan. Kesepakatan antara kedua belah menjadi sangat penting karena biasanya antara suami dan istri memiliki perbedaan pandangan dan keinginan terhadap rumah yang diinginkan. Belum lagi mengenai harga dan biaya yang dikeluarkan yang pastinya akan menjadi pertimbangan yang penting. Yang harus dilakukan guna menyikapi hal tersebut ialah, kedua pasangan harus berbicara dengan intensif, apa yang diinginkan oleh pasangan Anda. Baik Anda dan pasangan Anda sudah seharusnya tidak memaksakan kehendak mengenai keinginan memiliki rumah dengan desain, harga dan jenis tertentu. Bisa jadi kemauan dan minat Anda tidak sejalan dengan keinginan minat suami dan lebih parahnya melebihi bujet yang dimiliki.

Kecilnya Persiapan

Banyak pasangan yang menilai bahwa memiliki rumah bukanlah keputusan yang baik saat ini dan dan disaat yang bersamaan keinginan tersebut dapat terealisasi dengan cepat. Jika Anda berpikir seperti itu, maka Anda salah. Untuk memiliki rumah, Anda harus mempunyai rencana yang matang dan cermat. Rencana yang matang membutuhkan waktu yang optimal dan tidak dapat dilakukan sehari semalam. Tentunya harus dilakukan dengan beberapa tahap seperti pengumpulan informasi, pemilihan developer sampai dengan penentuan produk KPR mana yang dapat memfasilitasi pembiayaan bagi rumah yang Anda inginkan.

Nah dengan melihat kondisi diatas, pastinya Anda memiliki gambaran mengenai hal-hal yng harus menjadi perhatian Anda ketika ingin mencoba membeli rumah atau mengajukan pembiayaan melalui produk KPR. Semoga sukses!

(source image)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama