Rumah Pertama: Sewa atau Beli? (1)

Saat memutuskan untuk keluar dari rumah orang tua, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan: menyewa atau membeli rumah sendiri. Manakah pilihan yang terbaik?

Salah satu hal paling menantang dalam kehidupan seseorang adalah saat memutuskan untuk keluar dari rumah orang tua dan tinggal di rumah sendiri! 

Tentu saja, banyak 'pe-er' yang harus dikerjakan. Pertama, mengenai masalah rumah baru. Apakah cukup dengan menyewa atau harus langsung  membeli rumah

Untuk membantu Anda memutuskan, Kami akan memberikan daftar pro dan kontra dari masing-masing pilihan! 

Membeli Rumah Sendiri

Pro 1 - Mendapatkan Aset

Membeli rumah merupakan pilihan investasi yang menguntungkan. Sudah terbukti bahwa harga rumah akan selalu meningkat setiap tahunnya. 

Meski butuh modal yang lebih besar, tapi investasi ini jauh lebih aman dibandingkan dengan membeli obligasi atau saham.

Jika Anda memutuskan untuk tidak lagi menggunakannya sebagai tempat tinggal,  rumah dapat menjadi sumber pendapatan tambahan dengan cara disewakan.

Pro 2 – Keuangan Lebih Stabil

Enaknya memiliki rumah sendiri adalah tak perlu repot menyiapkan uang untuk membayar sewa dan memikirkan lokasi tempat tinggal baru ketika kontrak sewa akan berakhir.

Pro 3 - Bisa Melakukan Perubahan Semau Anda

Membeli rumah berarti menjadikan properti tersebut sepenuhnya milik Anda! 

Semua bisa Anda lakukan, mulai dari merenovasi, mengecat ulang, atau menambah perabot sesuai keinginan. Tak ada pembatasan kontrak apapun dan dari siapapun. 

Anda juga tak perlu khawatir membuang uang untuk mempercantik rumah karena hasilnya akan dinikmati oleh Anda, bukan penyewa berikutnya. 

Lalu, apa kontra dari membeli rumah sendiri?

Kontra 1 - Komitmen Jangka Panjang

Beli rumah adalah tanggung jawab besar dan bukan persoalan kecil. Anda harus menyiapkan persiapan fisik, mental, dan emosional. Mengapa?

Saat terikat kontrak KPR, Anda akan diharuskan membayar cicilan untuk jangka waktu yang relatif panjang, antara 20 tahun - 30 tahun ke depan. 

Hal ini bisa jadi menakutkan karena penghasilan bulanan harus stabil. Anda tidak bisa seenaknya untuk berhenti atau berganti pekerjaan. 

Kontra 2 - Biaya Pemeliharaan

Memiliki rumah sendiri berarti harus siap menghadapi masalah kerusakan akibat pemakaian sehari-hari. Misalnya pipa bocor, dinding retak, atau masalah rayap. 

Meski terlihat seperti persoalan kecil, namun perbaikan-perbaikan ini kadang membutuhkan biaya yang besar apalagi jika kerusakan sudah tergolong cukup parah. 

Jadi, supaya tidak kaget, kami sarankan Anda menyiapkan dana pemeliharaan dari jauh-jauh hari.

Kontra 3 - Tidak Likuid

Rumah merupakan investasi yang sifatnya tidak likuid. Saat membutuhkan dana, investasi ini tidak akan mengembalikan uang Anda dengan cepat.

Proses menjual rumah butuh waktu dan proses yang cukup panjang. Mulai dari memasarkan rumah tersebut, mencari pembeli, hingga proses pembeliannya sendiri. 

Dalam situasi darurat ketika pemilik membutuhkan dana besar dalam waktu cepat, banyak yang akhirnya memilih untuk menjual rumah dengan harga dibawah nilai pasar. 

Siap untuk mengalami hal ini?

Pilihan berikutnya adalah menyewa rumah. Apakah akan lebih baik dibandingkan dengan membeli rumah sendiri?

Kami jabarkan pro dan kontra pilihan ini pada artikel selanjutnya. Jangan ambil keputusan dulu, tunggu artikel kami!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama