Produk KPR Syariah, Alternatif Kredit Rumah Bersyariah Islam

Produk KPR Syariah menawarkan cara membeli rumah dengan fasilitas pembiayaan bersyariah islam. Cicilan yang tetap melindungi Anda dari fluktuasi bunga kredit.

Cicilan KPR setiap bulan naik? Jika ya, ada alternatif lain, yaitu KPR syariah, yang menawarkan cicilan tetap selama masa kredit, melindungi Anda dari fluktuasi bunga kredit.

Saat ini pemerintah memang sedang fokus untuk menaikan daya beli masyarakat pada produk properti. Berbagai kebijakan disusun kembali guna memudahkan konsumen yang ingin membeli rumah. Saat ini membeli rumah memang semakin mudah dengan fasilitas KPR.

KPR menawarkan alternatif membeli rumah dengan fasilitas cicilan, sehingga konsumen bisa membeli rumah dengan membayar cicilan per bulannya dalam jangka waktu tertentu. Namun kadang dalam memilih produk KPR bank akan dibayangi oleh bunga setiap bulannya.

Anda harus cermat dalam menentukan produk KPR mana yang tepat, salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah produk KPR Syariah. Apa itu pembiayaan rumah secara syariah? Meskipun Indonesia mayoritas berpenduduk muslim, penetrasi pembiayaan rumah secara Syariah masih kecil. Belum banyak yang tahu, apalagi ingin mengambilnya.

Apa Itu KPR Syariah?

KPR Syariah tidak jauh berbeda dengan KPR Bank konvesional lainnya. Hanya saja Ada perbedaan yang tegas di antara keduanya yakni, Pada KPR syariah, yang ditransaksikan adalah barang (dalam hal ini rumah) dengan prinsip jual-beli (murabahah). Sementara pada KPR konvensional, yang ditransaksikan adalah uang.

Jadi Bank Syariah “seolah-olah” membeli rumah yang diinginkan konsumen dan menjualnya dengan cara dicicil. Kendati tidak memberlakukan bunga, namun Bank Syariah juga mengambil margin keuntungan dari harga jual rumah.

Dalam skema Murabahah, harga jual rumah ditetapkan diawal ketika nasabah menandatangani perjanjian pembiayaan jual beli rumah. Misalnya, harga beli rumah Rp100 juta. Untuk jangka waktu 5 tahun, bank syariah mengambil keuntungan/margin sebesar Rp50 juta.

Maka harga jual rumah kepada nasabah untuk masa angsuran 5 tahun adalah sebesar Rp150 juta. Angsuran yang harus dibayar nasabah setiap bulan adalah Rp150 juta dibagi 60 bulan (5 tahun) = Rp2.5 juta.

Keuntungan dan Kelemahan KPR Syariah

Untuk bisa membandingkan produk KPR bank konvensional dan bank syariah kita bisa lihat dulu apa saja keuntungan dan kelemahan dari produk KPR Syariah:

1. Keunggulan KPR Syariah

Cicilan Tetap

Produk KPR syariah menawarkan kepastian dari segi cicilan, Anda tidak perlu pusing cicilan yang naik karena cicilan di KPR Syariah jumlahnya tetap sampai masa kredit rumah selesai. Produk KPR Syariah tidak terpengaruh fluktuasi suku bunga setiap tahun.

Dalam situasi ketidakpastian, saat bunga naik dan cicilan meningkat, cicilan tetap akan meringankan beban keuangan Anda. Tidak ada beban tambahan dari kenaikkan cicilan KPR. Keuangan keluarga lebih mudah dikelola dengan cicilan yang tetap.

Bebas Denda

KPR Syariah tidak mengenal istilah value of money. Dengan demikian, jika konsumen (debitur) terlambat atau menunggak pembayaran, tidak akan dikenakan denda. Demikian pula jika konsumen ingin melunasi cicilan sebelum waktunya.

Apabila produk KPR bank konvensional akan dikenakan denda 5% dari sisa pokok jika nasabah melakukan pelunasan lebih awal, pada produk KPR bank syariah tidak membebankan denda apapun. Jika Anda memang berencana melakukan pelunasan dipercepat suatu saat nanti, kesempatan bebas denda dari syariah patut dijadikan pertimbangan.

Tidak ada Bunga Berganda

KPR Syariah tidak menerapkan compound interest atau bunga berganda dalam penghitungan margin atau angsurannya. Sistem bunga angsuran dihitung berdasarkan pengaruh inflasi dan juga sudah dibicarakan sebelumnya antara pihak bank dengan calon pemilik rumah.

2. Kelemahan KPR Syariah

Kelemahannya sendiri KPR Bank Syariah tidak ada cicilan rendah jika suku bunga turun, dengan memanfaatkan cicilan tetap, Anda kehilangan kesempatan menikmati turunnya bunga kredit. Selain itu jangka waktu cicilan pun diberikan lebih pendek dari KPR bank konvensional.

Lama pinjaman diberikan paling lama adalah 15 tahun, sedangkan bank konvensional bisa lebih panjang sampai 20 tahun.

Jadi bagaimana apakah Anda tertarik untuk membeli rumah dengan fasilitas KPR Syariah? Namun Apabila Anda butuh pembanding produk KPR bank lainnya silahkan kunjungi KreditGoGo dan raih juga kesempatan menadpat hadiah menarik apabila pengajuan disetujui.

Baca juga:
Apa Saja Manfaat Membeli Rumah via KPR?
Tawaran 5 Perumahan Syariah Murah di Jabodetabek, Ini Daftarnya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama