Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Menjual Rumah

Menjual rumah memang bukan perkara mudah. Lokasi dan fasilitas sering menjadi pertimbangan. Bila ingin mendapatkan harga yang tinggi lakukan 5 tips dibawah ini.

Diawal tahun banyak yang berencana untuk memiliki rumah, tetapi ada juga yang ingin menjual rumah dan berharap menjual dengan harga tinggi. Namun, menjual rumah bukanlah perkara yang mudah. Anda membutuhkan waktu untuk mendapatkan pembeli yang cocok dan harga yang pas, sehingga menguntungkan.

Faktor yang Membuat Harga Rumah Menjadi Tinggi

Ada beberapa faktor yang dapat membuat rumah berharga tinggi diantaranya adalah, desain yang unik, kondisi bangunan, pemilihan warna yang menarik dan elegan, serta keadaaan lingkungan. Jadi apa saja yang harus Anda lakukan agar nilai properti bertambah dan harga jual meningkat?

Berikut ini adalah 5 tips yang harus dicoba sebelum siap menjual rumah Anda agar mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

1. Tambahkan Ruangan

Jika Anda memiliki budget, Anda bisa menambahkan luas bangunan beberapa meter persegi. Penambahan luas kurang dari 10 meter persegi saja bisa memberi peningkatan harga jual yang signifikan. Misalnya saja Anda bisa menambahkan ruangan seperti ruang kantor, ruang musik, tempat bermain anak atau ruang artistik.

2. Merenovasi Sedikit tetapi Menyeluruh

Pembeli biasanya akan merenovasi kembali beberapa bagian ketika membeli rumah baru. Mulai dari reparasi meja dapur, mengganti lampu depan, mengoleskan oli pada bagian pintu gerbang, sampai dengan dekorasi ringan yang bisa mengubah tampilan interior.

Renovasi kecil tetapi menyeluruh akan lebih menambahkan nilai tambah daripada hanya fokus pada satu ruangan saja. Jadi lebih baik lakukan perbaikan secara menyeluruh dan periksa kembali bagian-bagian yang sudah tidak baik.

3. Percantik Bagian Eksterior

Pada bagian eksterior Anda dapat melakukan perbaikan. Merapikan, memotong dan membentuk pepohonan ataupun menambahkan tanaman hias di pekarangan rumah. Ini akan menarik pembeli pada pandangan pertama.

Selain itu Anda juga dapat melakukan pengecatan ulang dengan warna-warna sesuai dengan tren. Pilihan warna yang pas dapat membuat properti terlihat lebih menarik dan menambahkan nilai jual properti Anda.

4. Beri Suasana Berbeda Pada Interior

Tidak hanya sekedar membersihkan perabot rumah Anda tetapi juga harus bisa menatanya semenarik mungkin dengan desain interior yang bagus. Anda harus bisa menciptakan suasana nyaman dengan interior yang ada di dalam rumah.

Jika berniat menjual rumah lengkap dengan isi furniturnya, Anda perlu menjaga kondisi dan tata ruang interior rumah tersebut. Anda juga bisa menambahkan perabot baru untuk mempercantik tata ruang yang sudah ada. Tentunya rumah yang siap huni akan lebih cepat terjual dibandingkan dengan rumah yang butuh perbaikan.

5. Pilih Agen Real Estate

Bila Anda belum pernah memiliki pengalaman dalam menjual rumah memilih menggunakan jasa agen real estate adalah cara yang tepat. Biarkan agen properti pilihan Anda datang ke rumah untuk melihat kondisi rumah dan menentukan gambaran harga jual rumah yang sesuai dengan keadaan dan harga di pasaran.

Anda harus memilih agen yang memiliki pengetahuan soal rumah di sekitar lokasi. Pilihlah agen yang dapat dipercaya untuk mengurus proses penjualan mulai dari A sampai Z. Jika rumah laku terjual Anda dapat memberikan komisi untuk agen tersebut walaupun komisi tersebut terbilang cukup besar tetapi jasa agen akan sangat membantu dalam menjual rumah Anda dengan cepat.

Jadi sebelum Anda menjual rumah lakukan dulu 5 hal diatas. Buatlah kondisi rumah menjadi menarik sehingga meningkatkan harga jual agar mendapatkan untung yang maksimal dalam investasi. 

Baca juga: 5 Langkah Wujudkan Resolusi Memiliki Rumah di 2016

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama