Perbandingan Keuntungan Membeli KPR dan KPA

Kredit Pemilikan Rumah dan Apartemen saat ini menjadi solusi ditengah mahalnya harga properti di kota-kota besar. Apakah keuntungan yang ditawarkan? berikut ini ulasannya.

Properti merupakan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan karena harganya tidak pernah turun dan mendatangkan penghasilan pasif jika disewakan. Untuk itu banyak orang membeli properti bukan hanya untuk ditinggali tetapi sebagai bentuk investasi mereka.

Saat ini pembelian properti pun lebih mudah karena adanya fasilitas kredit. Properti bisa dimiliki dengan cara mencicil melalui fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah) ataupun KPA (kredit kepemilikan apartemen). Artinya tanpa memiliki uang tunai pun Anda bisa memilikinya.

Masyarakat yang tidak memiliki dana cukup untuk membeli secara tunai menggunakan fasilitas ini sebagai alternatif mereka. Tetapi banyak juga yang berpendapat lain, untuk sebagian orang, membeli properti dengan KPR atau KPA dianggap memaksakan diri karena membeli barang yang di luar kemampuan finansial.

Namun apa benar begitu? Fasilitas KPR atau KPA hanya akan memberatkan kondisi finansial Anda atau justru memberikan keuntungan lebih. Untuk mengetahuinya simak penjelasan mengenai keuntungannya berikut ini.

1. Biaya Awal Tidak Besar

Mahalnya harga rumah ataupun apartemen di Jakarta memang sering menjadi permasalahan bagi orang yang ingin memiliki sebuah properti. Harga rumah ataupun apartemen di Jakarta saat ini berkisar mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Tentu dengan harga yang tinggi tidak semua orang memiliki uang tunai sebanyak ini dalam waktu singkat. Jika Anda ingin membeli secara tunai Anda harus menabung sekian lama dan disamping itu harga properti terus bertambah seinring waktu tidak pernah berkurang.

Jadi apakah cukup untuk mengumpulkan uang jika membeli rumah secara tunai? Oleh karena itu fasilitas KPR ataupun KPA diharapkan akan membantu seseorang yang ingin membeli rumah. Biaya awal yang diperlukan tidak berat. Cukup memenuhi seluruh persyaratan KPR dan membayar uang muka, rumah tersebut sudah menjadi milik Anda.

2. Rumah Siap Ditempati

Walaupun Anda membeli secara mencicil rumah atau apartemen tersebut sudah siap ditempati. Setelah semua persyaratan dan uang muka sudah selesai diproses, rumah atau apartemen tersebut langsung bisa dipakai meski cicilah belum lunas.

Ini berbeda jika Anda membeli properti tanpa KPR atau KPA, Anda baru bisa menempatinya ketika proses pembayarannya sudah lunas dan semua perjanjian tertentu dengan penjual sudah selesai. Maka sangat menguntungkan fasilitas KPR atau KPA untuk Anda yang tidak memiliki dana tunai.

3. Menjadi Investasi Jangka Panjang

Membeli properti adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang yang menguntungkan. Nilainya yang terus naik seiring waktu membuat properti menjadi investasi yang kebal inflasi. Membeli rumah atau apartemen adalah investasi yang menjanjikan jika Anda bisa memilih lokasi dan melihat peluang tersebut.

Jadi tidak ada ruginya jika Anda membeli properti sebagai investasi. Apalagi jika Anda menggunakan KPR atau KPA untuk membeli rumah sama saja dengan menabung investasi jangka panjang yang pasti menguntungkan.

Misalnya saja Anda membayar cicilan KPR untuk jangka waktu 20 tahun. Dua dekade setelah proses pembayaran cicilan KPR selesai, harga rumah yang Anda beli saat ini pasti akan melonjak tinggi

4. Memperoleh Penghasilan Pasif

Rumah atau apartemen yang Anda beli bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan pasif. Jika properti tersebut tidak Anda gunakan maka Anda bisa menyewakannya, entah satu kamar atau seluruh rumah.

Dengan begitu, uang yang didapat dari penyewaan itu bisa dipakai untuk membayar cicilan KPR. Jadi bisa dibilang, Anda mendapatkan properti itu secara gratis.

5. Legalitas Terjamin

Pembelian properti dengan fasilitas KPR atau KPA disertai sertifikat yang sah Bank hanya akan memberikan fasilitas KPR kepada Anda jika surat-suratnya legal. Dengan begitu, Anda tidak perlu cemas terkena gusur oleh pemerintah atau ditipu oleh penjualnya. Legalitas tersebut sangat terjamin jika Anda sudah mendapatkan fasilitas KPR dari bank.

6. Terlindung dari Musibah

Ketika Anda membeli rumah atau apartemen dengan KPR dan KPA bank akan secara langsung memberikan asuransi properti untuk rumah tersebut. Memang ada biaya yang harus Anda bayarkan di awal.

Tetapi dengan memiliki asuransi ini setidaknya Anda dapat merasa aman terhadap kemungkinan-kemungkinan musibah yang bisa terjadi kapan saja. Cukup sekali membayar untuk berbagai manfaat yang menguntungkan Anda.

Terlepas dari keuntungan yang ditawarkan setiap hal pasti memiliki kekurangan. Namun jika Anda bisa memanfaatkan keuntungan yang diberikan maka kekurangan itu akan terasa setimpal dengan apa yang didapat.

Selain itu perlu juga Anda perhatikan untuk membayar cicilan sebelum jatuh tempo. Hal ini perlu Anda lakukan agar pengeluaran tidak semakin besar dan catatan kredit tetap baik di mata bank.

Baca juga: 5 Biaya KPR yang Sering Terlupakan oleh Pemula

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama