Manfaatkan THR Untuk DP Rumah!

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk Anda membeli rumah. Uang muka lebih ringan dan beberapa pengembang menawarkan promo jelang Lebaran, manfaatkan uang THR.

Jangan habiskan uang THR Anda, sekarang saatnya beli rumah. Bisa dibilang momen Lebaran tahun ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki rumah. Kenapa sekarang menjadi waktu yang pas? Berikut ini KreditGoGo jabarkan alasannya.

1. Harga Rumah Mengalami Stagnasi

Selain itu kabar baiknya harga rumah di beberapa wilayah mengalami stagnasi. Bahkan, ada rumah yang ditawarkan dengan harga lebih rendah ketimbang peluncuran perdananya. Ini artinya, Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga 'cantik’.

Berdasarkan data BI, transaksi rumah sekunder secara keseluruhan bervariasi. Sebagian daerah mengalami stagnasi dan beberapa daerah lain mengalami penurunan dan kenaikan. Khususnya untuk rumah tapak dengan tipe kecil turun harga.

Dikutip dari Rumahku.com, BTN Housing Index mencatat bahwa dibandingkan dengan triwulan IV tahun 2015 lalu, harga rumah tipe kecil pada triwulan I tahun 2016 ini mengalami penurunan. Hal tersebut dilihat berdasarkan harga rata-rata penjualan yang terjadi di pasar.

Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan para konsumen yang tengah mencari hunian dengan harga terjangkau. Apalagi THR sudah turun, daripada menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif kenapa tidak menyisihkannya untuk uang muka rumah.

2. Uang Muka Rumah Kecil

Bank Indonesia (BI) menaikkan rasio nilai pinjaman atau Loan to Value (LTV) menjadi 85% dari sebelumnya 80%. Dengan kata lain, nasabah bisa mengajukan kredit dengan uang muka sebesar 15% dari sebelumnya 20%.

Ini adalah angin segar untuk Anda yang ingin mengajukan KPR. Jika sebelumnya Anda harus menyediakan uang muka yang cukup besar saat ini Anda hanya harus mempersiapkan uang muka sebesar 15% dari harga rumah yang diinginkan.

Bahkan Ada beberapa pengembang menawarkan bunga 5% sampai 10%. Seperti yang kami kutip dari Kompas, Harga rumah untuk ukuran 22/60 di Citra Indah, Jonggol, Jawa Barat seharga Rp156 juta hanya dikenakan uang muka sebesar 5 persen atau 10 persen dari harga rumah.

Sebagai gambaran, mari kita hitung terlebih dahulu, katakanlah uang THR Anda 60 persen atau satu kali dari gaji pokok Rp 8 juta untuk seorang karyawan swasta. Dengan dana sebesar itu, Anda sudah bisa membayar uang tanda jadi Rp 2,5 juta untuk rumah di Citra Indah, Jonggol, Jawa Barat seharga Rp156 juta

Rumah tersebut bisa"dimiliki" selama 15 hari ke depan sebelum Anda membayar uang muka. Jika dikurangi tanda jadi, maka Anda diharuskan membayar DP hanya Rp5,3 juta untuk opsi 5%, dan Rp13,1 juta untuk opsi 10%.

3. Banyak Developer Gelar Diskon Lebaran

Saat Ramadhan dan jelang lebaran beberapa hunian ternyata juga memberikan promo menggiurkan dalam rangka jelang lebaran. Pasar properti Indonesia saat ini masih ada di posisi price falling. Harga sedang mengalami stagnasi, untuk tidak dikatakan cenderung turun.

Banyak konsumen dan investor yang masih menunda pembelian, aksi penundaan tersebut mengakibatkan penjualan menurun, tidak sebagus tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga hal ini, menahan pertumbuhan harga, dan bahkan ada yang menurunkan harga jual.

Jadi tidak heran jika ada beberapa developer yang menawarkan promosi hadiah langsung atau potongan harga dan kemudahan pembayaran. Namun ini pun tidak akan berlangsung lama, karena belum ada sejarahnya di Indonesia penurunan harga properti berlangsung lama.

Dari fakta itulah kami menyimpulkan bahwa sekaranglah waktunya yang tepat untuk membeli properti. Jadi jika Anda memanfaatkan THR untuk membeli rumah adalah sebuah keputusan yang tepat. Daripada menghamburkan untuk berbelanja Anda bisa menyisihkannya untuk investasi jangka panjang.

Baca juga:
5 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Melalui KPR
5 Orang Terkenal yang Mencicil Rumah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama