Manfaat DP Rumah Untuk Pengajuan KPR

Jika wacana Rumah DP 0 rupiah disetujui, beli rumah tidak lagi perlu uang muka. Bikin untung atau malah jadi buntung? Pahami dampaknya terhadap pengajuan cicilan KPR Anda!

Untuk rumah pertama, danadown payment(DP) untuk kredit KPRtelah ditentukan pemerintah sebesar 15% dari Loan to Value (LTV). Ketentuan ini pun diatur dalam PBI No. 18/16/PBI/2016 tentang Rasio Loan to Value terhadap kredit properti.

Down payment KPR

Maksud dari Loan to Value sendiri adalah jumlah persentase pembiayaan yang harus dibayarkan nasabah dari nilai objek rumah yang akan dibeli. Contoh, Anda akan membeli sebuah rumah harga Rp500 juta, maka Anda berkewajiban untuk menyediakan dana Rp75 juta sebagai uang muka.

Meski adaprogram Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN Subsidi dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), ketentuan tersebut dianggap masih berat buat sebagian besar calon pemilik rumah. Pasalnya, FLPP hanya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Padahal, setelah dipahami lebih mendalam, uang muka di awal justru memberikan Anda beberapa keuntungan dalam memiliki rumah.

Meningkatkan Kredibilitas Nasabah

Pinjaman KPR

Kemampuan membayar DP akan meningkatkan kredibilitas Anda ketika mengajukan KPR kepada bank. Dari situ, pihak bank dapat menilai Anda sebagai kreditur yang cakap dan telah mengerti ketentuan peminjaman.

Baca juga: Beli Rumah Cash atau KPR, Perhatikan Risikonya

Dari segi profil, Anda termasuk dalam nasabah kategori baik dan dapat mudah diproses pengajuan kredit KPR Anda. Di luar itu,pihak penjual properti tentu juga semakin tertarik untuk menjual propertinya kepada Anda.

Dengan kata lain, DP mampu melancarkan syarat utama untuk Anda mendapatkan pembiayaan dari bank dan mempercepat proses transaksi pembelian properti.

Mengurangi Angsuran dan Jangka Waktu

Angsuran KPR

Membeli rumah tanpa DP bukan berarti Anda tidak dikenakan uang muka sama sekali. Dana DP tersebut hanya dialihkan ke dalam nilai cicilan Anda. Efeknya, jumlah angsuran Anda per bulan jadi lebih besar.

Itu artinya, DP membantu meringankan beban tagihan bulanan Anda. Selain itu, masapinjaman KPR Anda pun ikut berkurang. Saat ini, pilihan jangka waktu untuk tenor KPR yang diberikanmencapai 15 sampai 18 tahun.

Dengan jumlah pinjaman yang lebih singkat, tentunya Anda bisa mengalihkan dana untuk pembayaran kredit dan keperluan lain. Misalnya,memulai sebuah usaha baru untuk menambah pemasukan Anda.

Alternatif Dapat Dana Down Payment

pinjaman KPR

Terus meningkatnya harga hunian di kota-kota besar jadi alasanuntuk masyarakat kesulitan memenuhi pembayaran DP.

Jika Anda tidak mampu menyediakan dana untuk membayar uang muka rumah, Anda bisa mulai menabung terlebih dahulu.

Gunakan tabungan rencana dengan target saldo yang ditujukan khusus untuk keperluan pembelian rumah. Namun, jika Anda menginginkan cara yang lebih cepat, Anda bisa memanfaatkan pinjaman lunak dari teman, keluarga, atau mengajukan KTA.

Baca juga: Cara Berinvestasi Rumah Kontrakan yang Tepat Sasaran

Pinjaman dana KTA dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk memenuhiDP Angsuran. Tetapi, pastikan Anda memilih tambahan pembiayaan dana KPR yang tidak akan memberatkan, saat kredit tersebut dimulai.

Ingat, KPR memang dirancang untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, usahakan agar tidak ada beban tagihan lain yang berjalan bersamaan. Kalaupun ada, besarannya tidak melebihi nilai kredit rumah Anda.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki dana down payment untuk pengajuan kredit KPR. Tentunya pilihan untuk memenuhi kewajiban kembali kepada Anda sendiri untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama