Kredit Rumah Bunga Rendah dengan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan mendukung program satu juta rumah dengan memberikan bantuan fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bunga rendah. Apa syaratnya agar pengajuan Anda disetujui?

29 Maret 2017,bertempat di kompleks Istana Kepresidenan, BPJS Ketenagakerjaan mengumumkan program barunya, yaitu bantuan dana KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Jika Anda memiliki BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat mengajukannya ke beberapa bank yang sudah bekerja sama.

satu juta rumah

Dukung Gerakan Satu Juta Rumah

Program bantuan KPR ini sebenarnya sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2015 lalu. Namun, terpaksa dihentikan karena minimnya sosialisasi.

Tahun ini, realisasinya kembali dijalankan sebagai upaya mewujudkan gerakan satu juta rumah yang digagas pemerintah Indonesia.

Baca juga: Susah Tembus KPR, Ini Jalan Alternatif Punya Rumah

Untuk menyukseskan rencana program ini, BPJS Ketenagakerjaan merangkul beberapa bank, di antaranya: Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BJB. Dengan banyaknya institusi perbankan yang menjadi kolaborator program ini, diharap akan semakin menjangkau kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Bunga Rendah Ringankan Peserta

Apa perbedaan program KPR yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan dengan KPR pada umumnya? Yang paling mendasar bisa dilihat dari nilai bunga yang berlaku.

Dalam menetapkan besaran bunga, BPJS Ketenagakerjaan merujuk pada Rate Bank Indonesia Reverse Repo (BI RR).

Tingkat bunga semua jenis pinjaman perumahan ini berlaku sepanjang jangka waktu pinjaman. Jadi, tidak sama seperti tingkat bunga KPR komersial yang bisa berubah dari redah pada awalnya kemudian naik drastis di tahun berikutnya.

Baca juga: Strategi Pilih KPR Berdasarkan Gaji Bulanan

BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan kemudahan kepada karyawan swasta untuk memiliki rumah bersubsidi dalam bentuk pinjaman uang muka atau down payment (DP).

Pihak developer pun dapat memanfaatkan layanan ini, tetapi terbatas untuk pinjaman Kredit Konstruksi saja. Besar bunga yang diberikan adalah BI RR + 4% dengan maksimal pinjaman sebesar 80% dari Rencana Anggaran Biaya (RAB), serta periode pinjaman selama 5 tahun.

Bagaimana Cara Mengajukan Kreditnya?

KPR BPJS Ketenagakerjaan

Tidak sulit untuk mengajukan permohonan fasilitas KPR BPJS Ketenagakerjaan. Syarat pengajuannya cukup mudah. Jika Anda berminat, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut ini:

1. Program ini merupakan privilege yang diberikan kepada anggota BPJS. Jadi, setidaknya telah terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 tahun.

2. Perusahaan peserta BPJS juga harus tertib administrasi dan iuran serta tidak berstatus Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) upah maupun tenaga kerja. Konfirmasi perihal hal ini kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

3. Peserta yang belum memiliki rumah pribadi menjadi prioritas utama program ini.

Program KPR BPJS Bukan Buat Renovasi Rumah

Program ini tidak disarankan untuk Anda yang telah memiliki rumah dan ingin mengajukan kredit renovasi. Bantuan dana ini lebih ditujukan kepada masyarakat penghasilan rendah yang belum memiliki hunian, sebagai bagian dukungan terhadap gerakan satu juta rumah.

Meski begitu, jika rumah yang dibeli melalui KPR memerlukan renovasi di waktu yang bersamaan dengan pengajuan pembeliannya, maka program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Baca juga: Dokter Finansial: Cerdas Berinvestasi Lewat Properti

Bagaimana, Anda berminat mengikuti program KPR dari BPJS Ketenagakerjaan ini?

Segera hubungi bank-bank yang telah bekerja sama untuk informasi lebih lanjut!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • iwan sukmana

    Setuju

    Reply
    • Joko

      Setuju

      Reply
      • Rizal

        Saya SSS (Sangat Setuju Sekali..)

        Reply
        • Riki kusnadi

          Sangat setujuh sekali

          Reply