Cicil Rumah dengan KPR dan BPJS

Setelah belajar dari pengalaman minim sosialisasi, BPJS kembali dengan program Perumahan Pekerja Kerjasama Bank. Program ini bantu para peserta memiliki rumah dengan biaya KPR yang lebih ringan!

Ketika pertama kali diluncurkan, BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) berhasil menjaring hampir lima juta anggota baru hanya dalam tiga bulan.

Sebagian besar peminatnya berharap, layanan BPJS ini bisa membantu pemasukan bulanan setelah nantinya tidak bekerja.

Di pertengahan 2015, selain menjadi simpanan dana pensiun, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan fasilitas bantuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Sayangnya, tak banyak orang yang mengetahui tentang program ini hingga akhirnya layanan ini pun ditutup.

Program Minim Sosialisasi

Setelah satu tahun terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan, peserta bisa menikmati fasilitas pembelian rumah dengan bunga tetap 6% selama 15 tahun.

Sebenarnya, fasilitas ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin membeli tempat tinggal untuk diri sendiri atau keluarga. Namun, karena kurangnyasosialisasi, program bantuan dana DP KPR ini hanya memiliki sedikit peminat dan terpaksa dihentikan.

Padahal, seluruh anggota dengan pendapatan di bawah Rp5 juta hingga lebih dari Rp 10 juta bisa mengajukan diri untuk program ini.

"Masyarakat belum terlalu banyak yang mengetahui soal program ini. Diduga karena informasi yang terhitung minim. Dari pihak kami juga tidak banyak melakukan sosialisasi.Alasan lainnya, bisa disebabkan karena prosedur yang rumit. Setelah evaluasi bersama pemerintah terkait, kami sepakat untuk menghilangkannya,” kata Abdul Latief selaku Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai gantinya, pihak BPJS mengadakan program Perumahan Pekerja Kerjasama Bank (PPKB) yang bekerja sama dengan PT. BankTabungan Negara Tbk.

Dukung Gerakan Sejuta Rumah

PPKB yang diluncurkan Oktober 2015 lalu tersebut juga bertujuan untuk mendukung Program Sejuta Rumah milik Presiden Joko Widodo.

Dalam program ini, BPJS bakal menempatkan sejumlah dana di Bank BTN yang kemudian disalutkan kepada para peserta.

Besarnya pinjaman yang akan diberikan bervariasi, tergantung kisaran jumlah gaji per bulan yang didaftarkan peserta pada BPJS Ketenagakerjaan. Namun, harga maksimal untuk rumah yang akan disubsidi tak boleh lebih dari 500 juta.

Selain bekerja sama dengan bank, BPJS Ketenagakerjaan juga akan mendekati berbagai debitur potensial yang juga terdaftar sebagai anggota. Pihak BPJS bakal memberikan proposal agar mereka bersedia menjadi pengembang fasilitas perumahan.

“Kami membuka diri untuk bekerja sama tidak hanya dengan bank pemerintah, tapi juga dengan bank lain yang mendukung program Sejuta Rumah,” ujar Khrisna Syarif, Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan.

Punya Rumah Bersama BPJS

Apakah Anda telah menjadi peserta BPJS? Sebab, yang berhak mengajukan pinjaman untuk program PPKB ini adalah para peserta yang sudah terdaftar selama satu tahun.

Untuk pengajuan tidak jauh berbeda dengan pengajuan KPR pada umumnya, cukup datang ke cabang BTN terdekat dengan menyiapkan dokumen administrasi yang dibutuhkan.

Seluruh persyaratan untuk pengajuan kredit akan mengacu pada persyaratan dan ketentuan yang dimiliki oleh BTN dan otoritas yang membawahinya. Apabila Anda dan pasangan sudah sama-sama memiliki BPJS, maka hanya salah satu yang perlu mengajukan.

Setelah permohonan kredit dikabulkan, maka rumah tersebut siap menjadi milik Anda. Cicilan terasa ringan, dengan jangka waktu 20 tahun untuk Anda melunasinya.

Opsi Cicil Rumah Lebih Ringan

Sebagai tenaga kerja dengan pemasukan bulanan, Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman KPR dari berbagai bank tempat Anda menabung, dengan jumlah cicilan dan bunga yang bisa Anda tentukan sesuai lama kredit.

Salah satunya program ANZ Home Loan dari ANZ yang akan memberikan pinjaman dari Rp400 juta hingga Rp8 milyar selama 20 tahun dengan bunga sebesar 7.99% per tahun. Atau kalau Anda nasabah CIMB Niaga, pastikan Anda memanfaatkan program. CIMB Niaga KPR Xtra Dinamis, yang akan memberikan pinjaman di atas Rp250 juta selama 20 tahun, dengan cicilan per bulannya Rp 4,99 juta dengan buka 10.50% per tahun.

Setelah menentukan program kredit yang akan Anda pakai untuk memiliki rumah, pertimbangkan juga berbagai faktor pendukung kepemilikan rumah. Salah satu yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memiliki rumah adalah rumah sitaan. Bukan tidak mungkin, Anda justru ‘berjodoh’ dengan tipe rumah ini.

Kalau Anda saat ini sedang merencanakan mencicil rumah, opsi yang mana yang akan Anda pilih? Atau mungkin Anda memiliki masukan lain? Silakan share komentar dan opsi pilihan Anda di kolom komentar di bawah ini.

#KreditRumah #BPJS

Baca juga:
Depok Dikepung Apartemen Baru dan Murah!
Gaji Pas-pasan? Simak Panduan Berburu Rumah!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Nuansa sasya

    Itu buat bpjs ketenagakerjaan Gmn yg hanya punya bpjs kesehatan

    Reply
    • KreditGoGo

      Ada perbedaan fungsi dan manfaat antara BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan. Sampai saat ini, program hanya berlaku untuk BPJS Ketenagakerjaan. Tapi tenang saja, Anda bisa mengikuti program ini dengan lebih dulu mendaftarkan diri secara online melalui situs http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ Caranya mudah, cukup isi formulir "Mau Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan?" yang tertera di bagian bawah kanan layar. Menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan pun banyak manfaatnya. Jika ingin tahu lebih banyak tentang BPJS Ketenagakerjaan, bisa baca artikel kami yang lain berikut ini https://kreditgogo.com/artikel/Informasi-Umum/Kemudahan-Pencairan-JHT-Melalui-Online.html

      Reply
    • thamrin

      Sayang minim nya info tentang pengembang mama saja yg menerima pengajuan PUMp via BPJS TK. Karena rupanya ngga semua pengembang mau bekerja sama dalam program ini.

      Reply
      • KreditGoGo

        Terima kasih atas sarannya! Sampai saat ini belum ada informasi terkait daftar developer yang bekerjasama dengan program KPR BPJS TK. Kami akan segera informasikan jika ada update terbaru, ya. :)

        Reply
      • Ragil pamungkas

        Saya mau beli rumah dengan harga 100 juta tapi belum ada dana. Apakah bisa saya pinjam uang untuk beli rumah? BPJS TK saya sudah berjalan 1 tahun. Bisa hubungi saya di no hp 085292538618. Terima kasih.

        Reply
      • Thamrin

        Saya kartap di salah satu perusahaan di daerah cileungsi..semenjak info program ini beredar saya langsung konfirmasi ke pihak terkait yaitu BPJS TK dan Pihak Bank. Tapi sampai saat ini, kenapa infonya ngga sinkron ya.. Saya tlp pihak BPJS TK dibilang sudah bisa daftar, tapi setelah saya tanya ke pihak bank..program ini belum launching. Banyak pengembang di daerah saya pun yang tidak menerima pengajuan via BPJS TK. Terus program ini sebenarnya nyata atau bagaimana? Mohon maaf, jika program ini benar kenapa sepi pemberitaan? Padahal banyak karyawan yg blum memiliki rumah. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

        Reply
        • KreditGoGo

          Sosialisasi tentang program KPR BPJS TK ini masih bertahap, karena baru saja kembali digalakkan setelah sempat ditutup tahun 2015. Saat ini, pemerintah sedang berupaya menjalankannya kembali. Beberapa bank yang rencananya akan bekerjasama dalam program ini di antaranya: Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BJB.

          Reply