Berita baik! DP Turun, Waktunya Beli Rumah Impian Anda

Membeli rumah kini semakin mudah, Jika sebelumnya peraturan pembelian rumah dengan KPR mengharuskan membayar uang muka sebesar 30% kini Anda hanya dikenakan 10% saja.

Uang muka KPR semakin murah, membeli rumah kini semakin mudah. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengumpulkan dana membeli rumah impian. Karena Bank Indonesia, kini menerapkan aturan baru untuk mempermudah masyarakat dalam membeli rumah.

KPR cluster

Uang Muka Lebih Ringan

Bank Indonesia (BI) akan melonggarkan Loan To Value (LTV) atas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang terkait dengan pembiayaan sektor properti, seperti perumahan.

KPR Bunga Ringan

Dengan kebijakan tersebut, pinjaman yang diberikan bank bisa lebih tinggi sehingga masyarakat bisa lebih murah untuk membaya uang muka atau Down Payment (DP). Langkah ini akan membuat permintaan kredit kepemilikan rumah meningkat, sehingga Anda menjadi lebih mudah untuk membeli rumah.

Uang muka memang menjadi salah satu syarat wajib pada saat melakukan pembelian rumah melalui program kredit pemilikan rumah (KPR). Namun terkadang, tingginya besaran uang muka rumah yang dipatok membuat konsumen urung melakukan pembelian.

Sebelumnya peraturan untuk  adalah sebesar 30% dari harga rumah. Ini dinilai masih memberatkan banyak masyarakat ketika ingin membeli rumah. Namun saat ini dengan adanya peraturan baru Anda hanya perlu membayar uang muka sebesar 10-20% dari harga rumah.

Misalnya Anda ingin membeli rumah seharga Rp 300 juta jika peraturan sebelumnya Anda harus menyiapkan uang mudah sebesar 30% yaitu Rp 90 juta. Nah dengan aturan baru ini Anda hanya menyiapkan uang muka sebesar Rp 30 juta.

KPR Menjadi Solusi untuk Membeli Rumah

KPR Solusi Beli Rumah

Faktor tingginya nilai inflasi terhadap properti setiap tahunnya membuat Anda semakin sulit membeli rumah sebab dana yang dikumpulkan tidak akan sanggup mengejar kenaikan harga properti, sehingga uang yang ditabung tidak akan pernah cukup untuk membeli rumah.

Jadi mengajukan KPR untuk pembelian rumah menjadi pilihan yang tepat karena Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengumpulkan dana. Jika Anda masih berusia 20-30 an dan ingin mengajukan KPR ini bisa menjadi momentum yang tepat.

Anda hanya harus menyiapkan uang muka sesuai dengan ketentuan dan ajukan KPR untuk rumah Impian Anda. Saat ini ada banyak bank yang menawarkan produk KPR terbaik, sehingga Anda memiliki banyak pilihan untuk memiliki rumah dengan mengambil KPR.

Jika Anda ingin meengajukan KPR berikut ini adalah keuntungannya:

Baca juga: Ajukan KPR Saat Masih Lajang? Inilah 6 Keuntungannya

1. Tidak Perlu Dana Besar untuk Memiliki Rumah Baru

Membeli rumah KPR, tidak di haruskan untuk memiliki dana yang besar. Cukup dengan menyediakan dana awal sebesar 20% atau 10% di tambah biaya pengajuan, Anda pun sudah bisa memiliki rumah baru. Ini akan membantu Anda jika kondisi ekonomi belum mampu untuk membeli dengan cara cash.

2. Bisa Langsung di Tempati

couple moving house

Jika pengajuan KPR di setujui oleh bank, saat itu juga rumah yang dibeli dengan dana awal hanya sebesar 10 atau 20% tersebut langsung bisa di tempati. Anda sudah punya hak penuh untuk menempati rumah baru tanpa menunggu cicilan KPR lunas.

3. Legalitas Rumah Terjamin

Setiap rumah yang dibeli dengan fasilitas KPR pasti akan di survey oleh bank dan sertifikatnya akan di cek apakah legal atau tidak. Dengan legalitas itu jugalah yang menjadi salah satu syarat di terimanya KPR. Berartijika Anda mengajukan KPR, hampir dipastikan legalitas rumah asli dan aman.

4. Rumah Memiliki Asuransi

Rumah KPR secara otomatis akan di asuransikan oleh bank. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat rumah terbakar, atau terkena musibah karena rumah tersebut akan di cover asuransi.

5. Investasi Jangka Panjang

Properti berbeda dengan komoditi lainnya seperti mobil yang mengalami penurunan harga ketika digunakan. Properti selalu mengalami kenaikan harga dari tahun ketahun. Rata-rata di beberapa lokasi di Indonesia, harga rumah dalam tempo 5 tahun sudah mengalami kenaikan sebesar 100%.

Jika Anda investasi selama 10 tahun, itu artinya bukan tidak mungkin nilai properti Anda akan naik sebesar 200%. Jadi tidak ada salahnya membeli rumah segera mungkin dan bisa Anda investasikan dikemudian hari. Selain itu dengan ketentuan baru ini Anda semakin mudah dalam membeli rumah.

Baca juga: 5 Produk KPR Pilihan dengan Bunga Rendah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama