Berapakah Usia Ideal untuk Mengajukan KPR?

Usia seorang kreditur menentukan panjangnya tenor cicilan KPR yang akan diambil, jadi berapakah usia ideal jika Anda ingin mengambil cicilan rumah di bank?

pebisnis muda

Rumah merupakan jenis investasi yang terus naik setiap tahunnya. Untuk kita yang sudah berusia kepala dua tentunya memiliki rumah menjadi target setiap orang. Keinginan seseorang untuk membeli rumah pun dari tahun ke tahun semakin meningkat. 

Peningkatan minat membeli rumah pertama tersebut didominasi oleh masyarakat dengan kisaran umur 25-35 tahun. Para generasi muda ini sudah mulai banyak mencari informasi untuk membeli rumah pertama mereka. Satu contohnya adalah dengan menggunakan fasilitas KPR.

Ketika Anda mengajukan KPR syarat yang paling utama dilihat adalah umur atau usia. Batas maksimal umur yang ditetapkan oleh bank adalah 50 sampai 55 tahun saat cicilan KPR lunas, jika melewati batas tersebut kemungkinan besar bank akan menolak aplikasi Anda. Jadi berapakah usia ideal untuk mulai mengajukan pinjaman KPR?

Usia Ideal Pengajuan Pinjaman KPR

Usia kreditur dapat menentukan panjangnya tenor cicilan yang bisa diambil. Tenor cicilan KPR setiap bank memang berbeda-beda, umumnya maksimuml tenor bisa mencapai 20 tahun, tetapi ada juga bank yang menentukan tenor hingga 35 tahun.

Jika seorang kreditur berusia 40 tahun saat mengajukan KPR yang artinya umur Anda akan lebih dari yang dipersyaratkan saat KPR tersebut lunas, kemungkinan pengajuan Anda bisa ditolak oleh bank. Mau tidak mau Anda harus mempersingkat waktu cicilan hingga 10 tahun.

Jadi usia yang paling ideal untuk mengajukan pinjaman KPR adalah dibawah 40 tahun. Mengapa dibawah 40 tahun? Sebab pada rentang usia antara 21-40 merupakan usia produktif seseorang dalam bekerja. Jika usia Anda sudah diatas 40 tahun dana kredit rumah dengan jangka waktu yang panjang tidak dapat disetujui.

Penyebabnya adalah usia tersebut dianggap bank sudah masuk kedalam golongan usia yang tidak produktif lagi untuk bekerja, jadi Anda masih memiliki cicilan rumah yang belum lunas saat usia sudah melampaui batas standar bank.

Usia 25 tahun adalah usia paling tepat untuk Anda mulai membeli KPR, jika tenor pinjaman yang diambil adalah 20 tahun, setelah usia Anda 45 tahun cicilan rumah sudah lunas. Target Anda memiliki rumah pun sudah terpenuhi sebelum umur 50 tahun.

Simulasi Perhitungan KPR

Simulasi Perhitungan KPR

Jika usia Anda 25 tahun dan memiliki penghasilan sebesar Rp. 5 juta per bulan berapa maksimal cicilan rumah per bulannya? Berikut ini kami mencoba membuat simulasi perhitungan KPR seperti contoh kasus diatas.

Idealnya, besar cicilan KPR atau total seluruh cicilan utang mencapai 30 persen sampai 35 persen saja dari total penghasilan. Bila harga rumah Rp 150 juta, suku bunga KPR 12 persen, dan penghasilan Rp 5 juta, berapa cicilan per bulannya? 

Pertama Anda harus menyiapkan terlebih dahulu uang muka untuk pembelian rumah sebesar 30% dari harga rumah. Bila harga rumah Rp 200 juta maka uang mukanya sebesar Rp 60 juta dengan jangka waktu kreditnya adalah sekitar 15 tahun. 

Dengan uang muka tersebut maka jumlah cicilan KPR perbulannya sampai cicilan tersebut lunas adalah sebagai berikut:

Pertama hitung jumlah kredit KPR yang dibiayai oleh bank dengan mengurangi harga rumah dengan jumlah uang muka. Setelah itu hasilnya tambahkan dengan besaran bunga yang diberikan bank:

Rp 150 juta – Rp 45 juta = Rp105 juta

Selanjutnya Anda dapat menghitung besarnya angsuran per bulan dengan suku bunga flat atau tetap

Cicilan pokok = Rp 105.000.000,- / 180 =Rp 583.333

Bunga = Rp 105.000.000,- x 12% / 12 bulan = Rp 1.633.333

Angsuran per bulan = Cicilan pokok + Bunga = Rp 1.633.333

Jadi total angsuran Anda setelah ditambah bunga adalah Rp 1.633.333 setiap bulannya. Perhitungan diatas adalah contoh simulasi perhitungan KPR, semoga dapat membantu Anda menentukan jenis KPR yang tepat.

Baca juga: 5 Produk KPR Pilihan dengan Bunga Rendah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Wiradhitama

    mengapa pengajuan KPR dipatokkan pada usia min 21th? bilamana terdapat masyarakat dibawah 21th namun sudah memenuhi persyaratan lainnya ingin mengajukan KPR, adakah pertimbangan lain yang membuat masyarakat tersebut diterima KPR-nya?

    Reply
    • Afifassihab

      Saya wirausahawan dengan pendapatan 20jt/bulan tapi usia saya baru 19 tahun. apa ada cara agar saya bisa mengajukan kpr sebesar 500jt?

      Reply
      • KreditGoGo

        Hi Afifa, Anda bisa coba menanyakan kepada pihak bank terkait jika bisa mengajukan pinjaman dengan nama orangtua sebagai wali yang sah. Alternatif lain, sebaiknya konsultasikan kepada pihak developer rumah Anda, beberapa developer memiliki kerjasama dengan pihak bank terkait KPR. Semoga terbantu!

        Reply