Beli Rumah dengan KPR? Ini Rumus Lancar Bayar Cicilannya

Saat ini membeli rumah dengan KPR semakin mudah, namun Anda jagan lupa dengan cicilan per bulannya. Agar angsuran rumah tetap lancar KreditGoGo berikan rumus jitunya.

Bulan Agustus waktunya cari rumah baru, kenapa? Karena mulai bulan ini uang muka rumah semakin ringan dan ada penawaran menarik proyek perumahan baru di Property Expo 2016. PT Bank Tabungan Negara Tbk akan mengadakan Indonesia Property Expo (IPEX) pada bulan Agustus 2016 mendatang.

Pameran tersebut akan diikuti oleh 710 proyek perumahan baru yang tersebar di seluruh Indonesia, yang akan menjadi alternatif kepemilikan rumah bagi masyarakat yang akan membeli dengan cara tunai atau pun dengan skema kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan.

Acara pada kali ini lebih dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan hunian, masyarakat dapat dengan mudah, cepat, dan murah mendapatkan rumah. Dalam IPEX 2016 nanti, akan ada kebijakan khusus yang dapat dimanfaatkan jika melakukan transaksi selama pameran berlangsung.

Bunga murah, diskon biaya administrasi, asuransi, proses mudah dan cepat, serta gimik  dan hadiah menarik selama pameran akan disiapkan. IPEX 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 13 sampai dengan 21 Agustus 2016 di Jakarta, jangan lewatkan dan jadikan momen untuk berburu rumah baru. 

Lalu keuntungan apa yang bisa Anda dapat jika membeli rumah secara KPR? Mari lihat dulu penjabaran khusus dari KreditGoGo.

Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR

Mengingat harga rumah yang memang tinggi, jelas sekali jika sistem KPR yang ditawarkan oleh bank dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah. Anda bisa memiliki rumah impian kapanpun dengan perencanaan yang matang.

Lewat pinjaman yang diberikan, Anda bisa memiliki rumah impian hanya dengan membayar cicilan tiap bulannya tanpa perlu memiliki uang tunai dalam jumlah besar. Setelah pengajuan KPR disetujui dan uang muka rumah sudah dibayarkan rumah bisa langsung ditempati.

Namun selanjutnya yang wajib dipikirkan oleh Anda adalah cicilan perbulannya. Disinilah penting untuk Anda pintar dalam memilih produk KPR yang menawarkan keuntungan maksimal. Pilihan KPR harus tepat mulai dari suku bunga, tenor, dan besarnya angsuran perbulannya

Jurus Lancar Membayar Cicilan KPR

Rumah memang sudah dimiliki namun kadang yang juga sering menjadi permasalahan banyak orang adalah membayar cicilan perbulannya. Jika terbebani cicilan bisa menjadi tunggakan dan utang malah membengkak.

Akibatnya, rumah kembali ditarik bank padahal kita sudah membayar DP dan cicilan rumah hingga beberapa kali. Niat untuk memiliki rumah sirna begitu saja. Sudah kehilangan uang, Anda juga mendapat bonus masuk dalam daftar blacklist BI (Bank Indonesia).

Nah agar Anda tidak terbebani oleh cicilan kredit per bulannya. Sebelum memutuskan untuk ambil KPR, sebenarnya ada beberapa rumus yang bisa diterapkan jika tidak ingin mengalami nasib seperti itu.

1. Pintar Mengelola Pendapatan

Pertama adalah menghitung berapa pendapatan bersih Anda. Pendapatan ini sudah dikurangi biaya wajib seperti makan, cicilan motor, pajak, asuransi kesehatan, dan sebagainya.

Seandainya pendapatan bersih Anda adalah Rp4,5 juta, maka jangan habiskan semua. Gunakan maksimal Rp2 juta untuk cicilan kredit tiap bulannya, sedangkan sisanya bisa Anda tabung untuk keperluan mendadak.

2. Kurangi Pengeluaran

Meski sudah dihitung dan dipastikan bahwa Anda tidak terbebani oleh cicilan KPR tiap bulannya, Anda masih tetap harus mengurangi pengeluaran tiap bulan, khususnya pengeluaran yang bersifat konsumtif. Misalnya biaya nongkrong di kafe, budget belanja fashion rutin, dan sebagainya.

Dari pengurangan ini Anda bisa memasukannya kembali dalam tabungan untuk dana darurat. Pengurangan ini juga merupakan tahap percobaan Anda membayar kredit, apalagi jika suatu saat bunga bank naik.

3. Penghitungan Kasar

Setelah melakukan dua rumus diatas Anda juga harus pintar menghitung pengeluaran rutinnya. Lakukanlah perhitungan kasar seperti berikut ini.

  • Biaya hidup rutin seperti makan dan sebagainya sekitar 50% - 60% dari gaji.
  • Bayar cicilan kredit sekitar 20% - 30% dari gaji.
  • Gaya hidup 5% - 10% dari gaji.
  • Tabungan, investasi dan biaya darurat 5% - 10% dari gaji.

Memilih KPR yang Tepat

Apabila rumah impian Anda seharga Rp150 juta dan ingin membelinya dengan KPR, produk KPR mana yang tepat untuk Anda? Apabila kita melihat dari perhitungan kasar di atas cicilan kredit disarankan adalah 20% - 30% dari gaji Anda.

Misalnya harga rumah adalah Rp150 juta, Anda memilih KPR dengan tenor hingga 20 tahun. Jika gaji Anda Rp6 juta per bulan, berarti sangat disarankan untuk mengambil kredit rumah dengan cicilan perbulannya Rp1,2 juta - Rp1,8juta.

Agar Anda bisa menemukan produk yang tepat, KreditGoGo dapat membantu Anda dengan memberikan gambaran melalui kalkulator simulasi KPR. Anda akan menemukan produk KPR yang sesuai dengan harga rumah, dan kemmpuan cicilan per bulannya.

Silakan ajukan KPR terbaik yang paling tepat melalui KreditGoGo. Raihlah keuntungan lebih banyak dengan penawaran hadiah menarik apabila pengajuan disetujui.

Baca juga:
Ini Lokasi Rumah Incaran untuk Pasangan Muda
Mau Rumah Gratis? Ikuti Kompetisi Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama