Bagaimana Cara Memilih KPR Yang Aman?

Jangan mudah tergiur dengan tawaran fasilitas dan potongan harga yang tidak masuk akal. Berikut panduan untuk membantu Anda memilih produk KPR terbaik!

Gaji pas-pasan tapi ingin beli rumah? Bisa kok! Tentu saja tidak secara tunai, tapi dengan mencicil melalui kredit rumah atau KPR.

Hal pertama adalah mencari produk KPR yang sesuai. Anda harus pandai memilah karena saat ini banyak sekali penawaran KPR dari berbagai bank dan lembaga keuangan lainnya.

Jangan mudah tergiur dengan tawaran fasilitas dan potongan harga yang tidak masuk akal. Ingat, if it's too good to be true, then it probably is!

Nah, supaya tidak salah memilih, berikut panduan sederhana dari kami!

kpr

Apa Sih KPR?

Anda pasti sudah tahu kepanjangan dari KPR. Tapi sudahkah Anda mengerti bagaimana cara kerjanya secara detail?

Kredit Kepemilikan Rumah atau biasa disingkat dengan KPR adalah produk pembiayaan yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan lain untuk masyarakat yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil.

Prinsipnya, bank akan membayar lunas rumah tersebut terlebih dahulu. Nasabah kemudian akan membayar kembali dengan metode cicilan dengan bunga dan jangka waktu tertentu. 

kredit rumah

Berapa Lama Rata-Rata Tenor KPR?

Sama seperti pinjaman lainnya, semakin cepat dilunasi tentu semakin baik. 

Mengambil KPR dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan jumlah utang semakin banyak karena total bunga semakin besar. Namun, besar biaya cicilan per bulannya akan semakin rendah.

Pilihan jangka waktu KPR beragam, tergantung kebijakan masing-masing bank. Jangka waktu minimal biasanya 10 tahun. Sedangkan jangka waktu maksimal bisa 15 tahun hingga 20 tahun. 

Perhitungan Suku Bunga

Bagaimanakah Perhitungan Suku Bunga?

Pada dasarnya ada tiga macam perhitungan kredit bunga KPR yang dilakukan oleh bank, yaitu:

1. Efektif. Artinya, bunga dihitung dari sisa cicilan kredit rumah. 

Pastikan untuk menggunakan bunga efektif, dan bukan bunga flat, ketika membandingkan bunga KPR.

2. Tetap. Artinya bunga pinjaman rumah tidak berubah selama masa cicilan, meskipun kondisi bunga di pasar berubah. 

Jika suku bunga tetap berlaku, maka nominal cicilan kredit akan sama setiap bulannya. Biasanya, bunga tetap hanya berlaku dalam 1 atau 2 tahun pertama masa kredit.

3. Mengambang. Setelah masa bunga tetap selesai, bank menggunakan suku bunga mengambang. Artinya, suku bunga akan mengikuti kondisi suku bunga di pasar. 

Jadi, jumlah cicilan bulanan Anda tidak akan sama setiap bulannya. Semakin tinggi nilai suku bunga, semakin besar cicilan yang harus dibayar.

Tenor dan Suku Bunga KPR

Bagaimana Cara Menentukan Tenor dan Suku Bunga KPR

Lakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap kondisi keuangan pribadi. Jika memiliki penghasilan tambahan, sebaiknya pilih cicilan yang lebih besar agar pinjaman KPR lebih cepat dilunasi. 

Namun, jika Anda masih harus menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran setiap bulan, pilihlah jangka waktu pinjaman lebih lama agar jumlah cicilan bulanan bisa lebih sedikit.

Suku bunga dan jangka waktu pinjaman saling berhubungan dan berbanding lurus. Semakin lama jangka waktu pembayaran maka semakin besar bunga yang dibayarkan.

Besar Limit KPR

Berapa Besar Limit KPR yang Bisa Dipinjam?

Berdasarkan Bank Indonesia, limit pinjaman KPR ditentukan oleh tipe properti, luas bangunan, dan angsuran bulanan.  

Bank akan meminjamkan sebesar 60% - 90% dari harga rumah. Ini artinya Anda harus menyiapkan uang muka sebesar 20% - 30%.

Jika tidak memiliki uang muka, masih ada pilihan bagi Anda, seperti KPR bersubsidi. Program bantuan berbasis pemerintah ini bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk membeli sebuah rumah.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama