BTN, Solusi untuk KPR Anda

Punya rumah pribadi adalah hal yang paling diinginkan. Tapi Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membelinya? Manfaatkan saja fasilitas BTN KPR.

Anda sedang mencari Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Kami merekomendasikan Anda untuk mengajukannya di Bank Tabungan Negara (BTN). Mengapa? Karena BTN memberikan banyak sekali pilihan KPR kepada para nasabah agar sesuai dengan kebutuhannya.

Sejarah BTN

Semua bank pasti memiliki sejarah masing-masing, begitu pula dengan BTN. Cikal bakalnya BTN didirikan dengan nama Postpaar Bank yang terletak di Batavia pada tahun 1897. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, Jepang membekukan bank ini dan menggantinya dengan nama Chokin Kyokin. Lalu Chokin Kyokin kembali diambil oleh pemerintah Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dan diubah kembali namanya menjadi Kantor Tabungan Pos. tidak sampai disitu, tahun 1963, Kantor Tabungan Pos merubah namnya kembali menjadi Bank Tabungan Negara (BTN).

BTN mulai resmi dimiliki pemerintah (BUMN) pada tahun 1968 dan mulai memfokuskan diri untuk pelayanan KPR di Indonesia pada tahun 1974. BTN terus mengembangkan dirinya diberbagai sektor, seperti memperoleh ijin penerbitan obligasi dan menjadi bank umum (1989), menjadi Persero (1994), mengikuti program Rekapitulasi (2000), dan memberikan pinjaman tanpa subsidi untuk perumahan (2002).

Pada tahun 2008 lalu, BTN menjadi bank pertama di Indonesia yang melakukan pendaftaran transaksi Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) di Bapepam yang kemudian dilakukan dengan pencatatan perdana dan listing transaksi tersebut di Bursa Efek Indonesia pasa tahun 2009.

Produk Bank Tabungan Negara

Secara garis besar, BTN memberikan 3 pilihan produk bagi para nasabah setianya, yaitu:

Kartu Kredit

BTN memiliki kartu kredit dengan 3 jenis sub tipe, yaitu silver, gold, dan platinum.

BTN Silver akan memberikan Anda berbagai keuntungan yang dapat diperoleh dari reward poin dan juga kemudahan dalam bertransaksi. Iuran tahunan yang dikenakan adalah Rp 96 ribu dengan minimal pendapatan Rp 36 juta per tahunnya.

BTN Gold mengedepankan kepada pelayanan yang prima kepada para pemegang kartu. Bukan itu saja, kartu ini juga menawarkan fasilitas penggunaan kartu hingga luar negeri berdasarkan kegunaaan kartu berlogo Visa. Iuran tahunan yang dikenakan adalah Rp 192 ribu dengan minimal pendapatan pertahun calon pemilik kartu kredit adalah Rp 48 juta.

BTN Platinum merupakan kartu kredit unggulan yang berusaha memenuhi kebutuhan gaya hidup Anda dari BTN. Selain itu limit kredit yang ditawarkan pun lumayan besar, dimulai dari Rp 40 juta sampai Rp 50 juta dengan biaya iuran per tahun Rp 384 ribu. Minimal pendapatan pertahun yang harus dimiliki oleh calon pemilik kartu kredit adalah Rp 300 juta.

Pinjaman Pribadi

1. BTN Kredit Agunan Rumah dapat digunakan untuk berbagai keperluan pribadi Anda, seperti membeli keperluan elektronik, renovasi rumah, pembelian furniture, pembiayaan dana sekolah anak, bahkan sampai dana untuk liburan keluarga. Pinjaman yang dapatr diberikan adalah Rp 500 juta sampai Rp 1 milyar. Tetapi untuk mendapatkan dana tersebut Anda harus mengagunkan rumah Anda, siapkah?

2. BTN Kredit Swadana adalah produk kredit dengan agunan deposito atau tabungan yang diberikan oleh BTN khusus untuk nasabahnya. Selain jenis agunannya yang mudah, pembiayaan yang diberikan sangat besar dan masih di dalam kemampuan Anda, yaitu sebesar 90% dari total tabungan atau deposito yang Anda jadikan sebagai agunan.

3. BTN Kredit Ringan Pensiun dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti biaya pengobatan, biaya pernikahan, biaya pendidikan, umroh haji, perbaikan rumah, sampai liburan dengan keluarga, bisa terwujud bersama BTN. Pinjaman yang dapat diberikan mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 100 juta.

4. BTN Kredit Ringan Batara yaitu produk kredit tanpa agunan dari bank BTN untuk pembiayaan beberapa keperluan pribadi. Uangnya dapat Anda gunakan untuk melakukan renovasi rumah, biaya pendidikan anak, pernikahan, liburan, maupun pengobatan dengan nilai yang diberikan mulai dari Rp 5 juta sampai dengan Rp 1 milyar untuk tenor maksimum 5 tahun. Tetapi perlu Anda ketahui, produk ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu payroll dan non payroll. BTN Kredit Ringan Batara Payroll hanya dipentukan bagi karyawan perusahaan yang pembayaran gajinnya melalui BTN. Sedangkan BTN Kredit Ringan Batara Non Payroll diperuntukan bagi karyawan perusahaan yang penggajiannya tidak melalui BTN.

5. BTN Tambahan Biaya Sebagian Membangun (TBM) Bapertarum merupakan layanan khusus bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mendapat kesulitan keuangan untuk membiayai pembangunan rumah secara kredit. BTN TBM Bapertarum berperan sebagai dana kredit Tambahan Sebagian Biaya Membangun (TBM Bapertarum) Bantuan Dana Taperum-PNS yang diberikan kepada PNS. Jumlah pinjaman yang diberikan tergantung dari golongan PNS Anda.

6. BTN PRR-KB Jamsostek adalah layanan untuk peserta Jamsostek dalam mendapatkan dana bantuan perbaikan atau perombakan rumah. Hanya dengan suku bunga 6% per tahun. PRR-KB Jamsostek memberikan pinjaman kepada pesertanya yang telah memenuhi syarat yang diajukan oleh pihak bank.

Kredit Pemilikan Rumah

1. BTN PUMP-KB Jamsostek yang diperuntukkan bagi peserta Jamsostek yang sedang kesulitan keuangan untuk pembayaran uang muka pembelian rumah atau apartemen secara KPR/KPA. Jumlah pinjaman yang diberikan mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 50 juta.

2. BTN Tambahan Bantuan Uang Muka (TBUM) Bapertarum yaitu bantuan kredit dana tunai yang diberikan secara khusus untuk Pegawai Negeri Sipil. Produk ini memberikan bantuan pembiayaan sebagian uang muka Kredit Pemilikan Rumah atau bantuan sebagian pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah. Jumlah pinjaman yang diberikan tergantung dari golongan PNS Anda.

3. BTN Kredit Bangun Rumah memberikan fasilitas kredit untuk memenuhi kebutuhan Anda membangun rumah diatas tanah milik sendiri. Plafond kredit yang ditawarkan adalah 70% dari Rencana Anggaran Biaya (RAB).

4. BTN Kredit Pemilikan Ruko mempersembahkan fasilitas yang menguntungkan bagi pengusaha untuk lebih mengembangkan usahanya karena memberikan kemudahan bagi nasabah yang hendak mengambil KPR (Kredit Pemilikan Ruko)dengan plafon hingga 70% sampai 80% selama jangka waktu 15 tahun.

5. BTN Kredit Pemilikan Apartemen memberikan fasilitas kredit pemilikan apartemen seperti, baik untuk pembelian baru atau second khusus nasabah Bank BTN. Besaran plafon kredit yang ditawarkan ialah sebesar 70% - 80%. Jika Anda mengajukan kredit apartemen melaui produk ini, Anda pun akan mendapat premi asuransi jiwa, kebakaran, dan bencana alam.

6. BTN Kredit Griya Utama menawarkan fasilitas untuk berbagai keperluan pembelian rumah baru, rumah second maupun take over. Keunggulan dari produk ini adalah angsuran ringan, cicilan hingga 25 tahun, mendapatkan perlindungan asuransi jiwa kredit, asuransi kebakaran, dan gempa bumi.

7. BTN Sejahtera FLPP KPR adalah fasilitas kredit KPR bekerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat yang diberikan kepada kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan memberikan cicilan ringan dan tetap. Keuntungan lainnya produk ini memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan developer di seluruh wilayah indonesia.

Di atas adalah sekilas tentang sejarah dan produk-produk yang disediakan oleh BTN untuk parara nasabahnya. Apakah Anda tertarik dengan salah satu produk di atas? Langsung ajukan saja di KreditGoGo.com.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama