Atur Keuangan, Agar Cicil Rumah Tidak Bangkrut

Mencicil rumah tak berarti membuat gaji Anda jadi hanya numpang lewat. Asal pintar atur keuangan, inilah strategi mencicil rumah yang mencegah bangkrut!

Tahun pertama pernikahan mungkin memang sudah lewat, namun Anda juga tak kunjung memiliki hunian pribadi. Ini bisa jadi karena harga rumah yang terus meningkat setiap tahun. Namun apabila tidak sekarang mengusahakannya kapan lagi!

Jadi tak heran jika setiap orang seakan berebut untuk mendapatkan rumah sebagai tempat tinggal. Berbagai cara pun ditempuh, termasuk dengan cara mencicil melalui KPR. Namun terkadang cicilan ini sering menjadi masalah karena tak pintar atur keuangan.

Apply for KPR

Strategi Mencicil Rumah yang Mencegah Bangkrut

Untuk itu Anda perlu membuat strategi dalam mencicil rumah, agar kondisi keungan tetap terjaga, khususnya bagi para pasangan baru. Perhatikan strategi berikut ini.

1. Jumlah Total Cicilan Utang

Sebelum Anda membeli rumah dengan cicilan KPR, perhatikan jumlah total cicilan utang secara keseluruhan, jumlah tersebut tidak boleh melebihi 30% dari pendapatan Anda. Misalnya, gaji Anda dalam sebulan adalah Rp 8 juta maka cicilan untuk rumah tidak boleh lebih dari Rp 2,4 juta.

Hal ini untuk mencegah adanya gangguan pada biaya operasional seperti makan, transportasi, biaya tagihan listrik, pulsa dan lainnya. Anda tentunya tidak mau kan, jika gaji habis untuk cicilan KPR, sementara Anda harus berutang untuk membayar kebutuhan harian.

2. Jagan Mudah Tergoda Iklan

Banyak sekali pengembang perumahan menawarkan penawaran-penawaran yang menarik pembeli. Namun, Anda jangan mudah tergoda dengan iklan-iklan tersebut. Ingat, bank hanya membantu sebesar 70 persen dari harga rumahnya, sementara Anda harus mengumpulkan DP.

3. Siapkan DP dan Biaya Lainnya

Hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan agar cicilan rumah tidak bikin bangkrut adalah dana untuk DP rumah beserta dengan biaya notaris dan pajak-pajaknya. Anda harus menyiapkan biaya ini dengan menabung selama 1-3 tahun sebelumnya.

Manfaatkan bonus, THR, uang hasil side job, dan dividen Anda agar cepat terkumpul tabungan ini. Korbankanlah keinginan Anda seperti memiliki kendaraan baru, barang bermerek mahal, atau kebiasaan nongkrong di kafe favorit.

Menabung untuk sebuah impian sekaligus investasi masa depan tidak ada salahnya. Daripada membuang percuma hanya untuk belanja sesaat, Jika dikalkulasikan, bujet yang Anda keluarkan untuk makan di resto keren dan belanja selama setahun kemungkinan cukup untuk menambah dana DP rumah.

4. Perpanjang Masa Kredit

Jika pendapatan bulanan kurang cukup dan Anda susah payah hidup dengan sisa gaji setelah dikurangi cicilan, sebaiknya ringankan besarnya cicilan dengan memperpanjang masa kredit. Misalnya, dari 10 tahun menjadi 15 tahun.

Gambaran Simulasi KPR Rumah

Simulasi KPR

KreditGoGo mencoba memberikan gambaran simulasi angsuran untuk Anda yang ingin membeli rumah. Namun, ini hanyalah sebuah gambaran, masing-masing bank biasanya memberikan ketentuan yang berbeda-beda.

MIsalnya saja harga rumah yang Anda inginkan adalah Rp200 juta, bank akan memberikan pinjaman sebesar 70% dari harga rumah tersebut, sehingga bank akan memberikan dana sebesar Rp 140 juta. 

Maka berapakah DP yang harus Anda siapkan, dan berapa jumlah angsuran per bulannya?

Uang muka yang harus dipersiapkan biasanya adalah 30% yaitu sebesar Rp 60 juta. Dengan jangka waktu 15 tahun dan kisaran suku bunga diangka 9,75% per tahun maka angsuran per bulannya adalah Rp Rp. 1.483.108. 

Jika gaji Anda sebesar Rp8 juta angsuran ini masih terbilang aman untuk keuangan.

Temukan Produk KPR Rumah yang Tepat

Jadi setelah Anda melihat gambaran simulasi KPR rumah di atas, besarnya cicilan per bulan bisa Anda perkirakan. Selain itu dari sana Anda akan mendapatkan bekal dalam memilih produk KPR rumah yang tepat.

Mulai dari besarnya bunga, angsuran, dan jangka waktu yang ditawarkan. Untuk melihat referensi produk KPR dari bank-bank terbaik silahkan kunjungi KreditGoGo. 

Ada banyak kualifikasi mulai dari tenor panjang, bunga rendah, DP murah, bebas pinalti hingga multi KPR.

Anda pun bisa mengajukan produk keuangan lainnya, untuk menunjang semua kebutuhan seperti KTA yang juga bisa dimanfaatkan untuk membeli rumah secara tunai. Melalui cara pilihan yang tepat Anda akan mendapatkan keuntungan lebih.

KreditGoGo memberikan solusi sekaligus bonus menarik, Ajukan sekarang dan raih untung lebih banyak!

Baca juga:
Susah Tembus KPR, Ini Jalan Alternatif Punya Rumah
Rumah Pengantin Baru Kisaran Rp 100 Juta di Jabodetabek

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama