Apa Saja Manfaat Membeli Rumah via KPR?

Dengan KPR, tanpa memiliki uang tunai pun Anda bisa memiliki rumah yang Anda mau. Apa saja manfaat membeli rumah dengan menggunakan KPR? Berikut ulasannya.

Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Tinggal di perumahan dengan lokasi yang strategis seringkali menjadi pilihan hunian bagi banyak orang. Saat ini pun sedang bermunculan tawaran rumah-rumah di lokasi perumahan dengan uang muka yang sangat murah.

Biasanya, rumah-rumah di lokasi perumahan dibangun oleh sebuah developer yang bekerja sama dengan Bank. Pembelian rumah pun semakin mudah sebab adanya fasilitas kredit. Misalnya dengan cara mencicil melalui fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Dengan fasilitas KPR, tanpa memiliki uang tunai pun Anda bisa memiliki rumah yang Anda mau. Bank yang bekerja sama dengan developer membantu nasabahnya yang ingin memiliki rumah dengan proses yang sangat mudah.

Tetapi, apa saja manfaat yang didapat jika kita membeli rumah dengan menggunakan KPR tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Uang Muka Ringan

Jika Anda membeli rumah secara tunai, Anda harus menabung sekian lama. Sedangkan harga rumah terus meningkat seiring berjalannya waktu. Tetapi, jika Anda mengajukan KPR, Anda akan mendapatkan uang muka yang lebih ringan di awal untuk pembelian rumah.

Biaya awal dari Bank pemberi KPR biasanya hanya 30% dari harga total rumahnya. Cukup memenuhi seluruh persyaratan KPR dan membayar uang muka, rumah tersebut sudah menjadi milik Anda.

2. Mendapatkan Legalitas Rumah

Jika Anda membeli rumah melalui KPR, Anda akan mendapatkan legalitas rumah yang lebih terjamin. Mulai dari keabsahan surat tanah sampai surat bangunannya.

3. Rumah Siap Huni

Selain legal, rumah yang Anda dapatkan juga sudah siap huni. Inilah salah satu keunggulan membeli rumah lewat KPR. Selain biaya uang mukanya lebih ringan, Anda juga sudah bisa menempati rumah tersebut tanpa harus menunggu terlebih dulu sampai cicilannya lunas.

4. Untuk Investasi Jangka Panjang

Membeli rumah dengan KPR, berarti Anda juga bisa sekaligus berinvestasi untuk jangka panjang. Kenapa? Sebab berinvestasi properti seperti rumah adalah salah satu bentuk investasi yang sangat menguntungkan. Nilainya akan terus naik seiring berjalannya waktu.

Keuntungan lain selain harga jual rumah tersebut bisa lebih tinggi dari harga belinya dulu yaitu, apabila posisi rumah sangat strategis dan halamannya luas, harganya pun bisa menjadi lebih tinggi lagi. Jadi tidak ada ruginya jika Anda membeli rumah untuk berinvestasi.

5. Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Selain untuk berinvestasi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah KPR yang Anda beli, yaitu Anda bisa menyewakan rumah tersebut apabila Anda tidak berniat langsung menempati rumah tersebut.

Dengan begitu, ada usaha yang akan mendatangkan keuntungan untuk Anda setiap bulannya. Anda bisa menyewakan rumah tersebut dengan mengambil keuntungan sebesar 30-40%. Hindari memberi harga yang terlalu mahal.

Dengan begitu, uang Anda dapat dari usaha penyewaan tersebut bisa dipakai untuk membayar cicilan KPR. Bisnis yang menguntungkan bukan?

Tentunya dalam pembelian rumah khususnya menggunakan KPR, Anda harus tetap menyiapkan dana yang. Kebanyakan orang hanya terfokus pada uang muka saja, padahal ada juga biaya kepengurusan KPR lainnya yang harus Anda siapkan.

Selain itu, Anda juga harus sangat memperhatikan syarat-syarat untuk mengajukan KPR. Jangan mudah tergiur dengan tawaran fasilitas dan potongan harga yang tidak masuk akal. Jangan sampai Anda salah memilih. 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli rumah dengan fasilitas KPR? Bandingkan produk-produk KPR dari bank-bank terbaik di Indonesia di KreditGoGo.com.

Baca Juga:
5 Biaya KPR yang Sering Terlupakan oleh Pemula
Tips Bagaimana Cara Memilih Produk KPR yang Aman

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama