7 Tanda Harus Berhenti Mengontrak dan Mulai Membeli Rumah

Berikut ini 7 tanda Anda harus berhenti mengontrak dan mulai membeli rumah. Jika memenuhi setengahnya, artinya Anda sudah siap untuk membeli rumah.

KPR untuk pemula

Naiknya harga properti beberapa tahun belakangan tidak menyurutkan minat kaum muda untuk memiliki properti sejak dini. Sebuah survei di Indonesia mengungkapkan, anak muda usia 20-30 tahun sudah siap membeli properti.

Jangan khawatir soal pendapatan yang terbatas, karena yang paling penting adalah tekad yang kuat. Hal ini senada dengan yang diungkapkan Mike Rini Sutikno, perencana keuangan dari Mitra Rencana Keuangan.

Menurutnya, usia muda adalah waktu yang tepat untuk membeli rumah karena belum banyak keperluan dan tanggungan keluarga. Untuk itu, tabungan dari sejak dini adalah hal yang wajib direncanakan.

Cicilan KPR

Bagi Anda yang masih berusia muda namun masih tinggal mengontrak, tidak perlu khawatir. Inilah saatnya membeli rumah sebab besaran cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) saat ini maksimalnya hanya 30% dari penghasillan bulanan. Ini artinya, Anda hanya harus berhemat sebesar 30% setiap bulan sampai cicilan KPR selesai.

Kenapa saat ini adalah saat yang tepat? Sebab sekarang ini pihak pemerintah sedang menggalakkan kemudahan pemilikan rumah saat ekonomi nasional masih dalam kondisi lemah. Salah satunya adalah dengan menurunkan batas bawah uang muka hingga 15% dari harga rumah.

Dengan adanya kemudahan dan peluang yang diberikan oleh pemerintah tersebut, Anda harus bisa memanfaatkan momen ini untuk membeli rumah. Inilah 7 tanda Anda harus berhenti mengontrak dan mulai membeli rumah. Jika memenuhi setengahnya, artinya Anda sudah siap untuk membeli rumah dan mulai mengajukan KPR. Berikut ulasannya.

1. Anda Tidak Punya Utang

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah dan mulai mengajukan KPR, pastikan Anda sedang tidak mempunyai pinjaman atau utang dengan pihak manapun, termasuk dengan pihak bank agar dana bulanan Anda untuk membeli rumah tidak terganggu.

2. Anda Punya Riwayat Bank yang Bagus

Masih ada hubungannya dengan poin nomor 1, umumnya pihak analis dari bank akan melakukan riset keuangan seseorang yang akan mengajukan KPR dan memeriksa apakah orang tersebut punya kartu kredit atau tidak.

Jika orang tersebut tidak memiliki memiliki tunggakan pinjaman atau utang kredit berarti riwayat keuangannya terhadap bank dinilai bagus dan biasanya akan lebih mudah diproses, sedangkan orang yang masih mempunyai tunggakan, prosesnya akan lebih sulit.

Proses mengajukan KPR

3. Anda Punya Tabungan untuk Uang Muka

Selanjutnya, untuk membeli rumah dengan KPR, Anda harus menyiapkan tabungan untuk uang muka. Uang muka yang dibayarkan biasanya sekitar 15-20% dari harga rumah. Dengan jumlah yang cukup minim tersebut, tidak ada alasan lagi untuk tidak mulai menabung.

4. Anda Sudah Tidak Membutuhkan Kontrakan

Jika saat ini Anda tinggal di kontrakan, tidak ada salahnya untuk akhirnya memilih ingin memiliki rumah sendiri. Walaupun harus menabung, tetapi Anda bisa membangun kehidupan pribadi yang lebih nyaman di sana.

5. Anda Sadar Bahwa Membeli Lebih Baik Daripada Menyewa

Melanjutkan dari poin nomor 4, jika lokasi rumah incaran Anda mempunyai harga yang miring, tidak perlu ragu untuk mulai mengalihkan uang sewa rumah kontrakan Anda menjadi uang cicilan rumah KPR.

6. Anda Akan Betah Tinggal Di Sana Bertahun-tahun

Kebiasaan pindah rumah kontrakan tentunya sangat tidak nyaman. Tetapi, jika Anda sudah menemukan rumah yang nyaman untuk ditempati selama bertahun-tahun, maka keputusan untuk membeli rumah dengan KPR adalah pilihan yang tepat.

7. Anda Ingin Bebas Mendekorasi Rumah Sesuai Selera

Rumah kontrakan biasanya tidak diperbolehkan untuk didekor sesuai dengan keinginan kita. Mulai dari warna cat dan interior dinding harus dibiarkan saja kosong dan tentunya akan terlihat membosankan. Jika sudah mempunyai rumah sendiri, Anda bisa bebas berkreasi.

Tentunya dalam pembelian rumah khususnya menggunakan KPR, Anda harus tetap menyiapkan dana yang cukup. Kebanyakan orang hanya terfokus pada uang muka saja, padahal ada juga biaya kepengurusan KPR lainnya yang harus Anda siapkan.

Selain itu, Anda juga harus sangat memperhatikan syarat-syarat untuk mengajukan KPR. Jangan sampai Anda salah memilih dan mudah tergiur dengan tawaran fasilitas dan potongan harga yang tidak masuk akal.

Agar Anda tidak salah memilih dan bisa menemukan produk KPR yang tepat, KreditGoGo dapat membantu Anda memberikan gambaran melalui kalkulator simulasi KPR. Anda dapat menemukan harga KPR yang sesuai dengan kantong Anda dan cicilan per bulannya.

Pertimbangkan dengan matang dan teliti sebelum Anda melakukan pengajuan KPR. Apabila memerlukan referensi produk-produk KPR dari bank-bank terbaik di Indonesia, silakan kunjungi KreditGoGo.com.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Membeli Rumah via KPR?
Ini Lokasi Rumah Incaran untuk Pasangan Muda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama