6 Trik Agar Rumah Terjual dengan Harga Tinggi

Ingin menjual rumah namun selalu mendapat tawaran harga jual rendah? Lakukanlah 6 trik berikut ini agar harga jual rumah Anda tinggi. Baca selengkapnya di sini.

Sebagian dari Anda mungkin pernah merasakan sulitnya menjual rumah. Padahal sudah melakukan berbagai cara, mulai dari memasarkan melalui internet, media sosial, memasang iklan di koran, hingga pemasaran konvensional dari mulut ke mulut.

Selain menentukan pemasaran, hal lain yang perlu diperhatikan saat menjual rumah adalah bagaimana menaikkan harga jual rumah tersebut. Sebenarnya, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian pembeli tanpa harus menurunkan harga rumah.

Nah, beberapa trik di bawah ini bisa membantu melejitkan harga jual rumah. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat mendapatkan tawaran harga tinggi.

1. Renovasi Sedikit Agar Rumah Berbeda dari Lingkungan Sekitar

Trik pertama untuk menarik pembeli dan membuat rumah mudah diingat adalah merenovasi rumah agar berbeda dari rumah lain di lingkungan sekitar. Misalnya merenovasi taman, jendela, atau atap.

Cara ini bisa mempercantik penampilan rumah sekaligus memberi nilai tambah. Akan tetapi, jangan sampai melakukan renovasi berlebihan. Ingat, tujuannya adalah meningkatkan harga jual, bukan menghamburkan uang.

Renovasi rumah sederhana yang bisa dilakukan misalnya mengganti warna dan desain eye catching sehingga bisa merangsang minat beli orang lain.

Sebelum melakukan renovasi, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan juga uang akan dipakai hanya untuk perlengkapan yang bisa memberi nilai tambah tanpa menjadi beban keuangan.

2. Rapikan Barang-Barang Tak Terpakai

Selain menghilangkan kesan jorok, menyingkirkan barang-barang tak terpakai di rumah juga akan membuat calon pembeli merasa rumah Anda lebih luas.

Ada baiknya juga menyingkirkan beberapa furnitur dan mebel yang sudah terlihat tua, beberapa foto keluarga, dan barang-barang pribadi.

3. Beri Tawaran Menarik

Untuk menarik perhatian calon pembeli, salah satu caranya adalah memberikan tawaran menarik. Misalnya saja dengan memberikan garansi untuk beberapa peralatan rumah tangga dalam satu tahun ke depan.

Misalnya, Anda setuju untuk meninggalkan AC, maka Anda bisa memberikan garansi satu tahun. Jadi, jika dalam satu tahun pembelian rumah ternyata AC tersebut rusak, maka Anda harus memperbaiki. Namun, jika ternyata baik-baik saja maka itu sudah menjadi tawaran menarik.

Dengan cara ini, pembeli potensial akan merasa lebih aman karena terlindungi jika terjadi sesuatu dengan alat rumah tangganya. Jangan lupa untuk menetapkan batas waktu bagi calon pembeli yang berminat, misalnya 1-2 minggu agar kelihatan kalau rumah Anda banyak yang berminat.

4. Percantik Taman dan Jalan Masuk ke Rumah

Seringkali, penjual rumah mengabaikan pentingnya jalan masuk dan taman sekitar rumah. Padahal, jalan masuk menjadi pandangan pertama bagi calon pembeli. Taman dan jalan masuk di depan rumah bisa menjadi penentu awal apakah calon pembeli langsung jatuh cinta atau malah benci.

Anda bisa mempercantiknya dengan semak-semak sebagai pagar hidup dan rumput yang rapi terawat. Penampilan adalah faktor utama dalam sebuah properti. Usahakanlah kesan pertama untuk calon pembeli benar-benar tak terlupakan.

5. Kondisi Rumah Siap Dihuni

Keindahan memang penting dalam dunia properti. Namun, jangan lupakan pula pentingnya kondisi pintu, peralatan dapur, listrik, dan ledeng dalam kondisi baik, serta rumah siap untuk ditempati oleh pemilik baru.

Persiapkanlah rumah siap dihuni, sehingga calon pembeli punya kesan siap pindah kapan saja ke rumah tersebut, tanpa harus menunggu Anda mengosongkan rumah.

6. Tetapkan Harga yang Tepat

Terlepas dari merenovasi dan mempercantik rumah, hal paling utama dalam menjual rumah adalah menetapkan harga yang tepat.

Anda bisa berkonsultasi dengan agen properti setempat, membaca koran, dan mencari referensi melalui situs jual beli rumah untuk melihat rata-rata harga rumah di lingkungan sekitar.

Baca juga: Perbandingan Harga Properti di BODETABEK

Pastikan tidak memberikan harga paling murah dari lingkungan sekitar, apalagi jika beberapa renovasi telah dilakukan. Lakukanlah negosiasi harga secara tepat dan yakini calon pembeli bahwa ia tidak akan menyesal jika membeli rumah Anda.

Semoga bisa membantu Anda dalam menjual rumah dengan harga tinggi. Sebelum mulai memasarkan, lakukanlah trik-trik di atas dengan semaksimal mungkin agar rumah tetap dalam kondisi terbaik.

Baca juga: Ingin Jual Properti Lewat Broker? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama