Pilih Mana? Kredit Modal Kerja atau Kredit Multiguna

Setiap terkendala modal, pinjaman menjadi pilihan alternatif bagi pengusaha. lalu, dari kedua jenis pinjaman ini manakah yang lebih tepat untuk modal usaha

Ketika berencana untuk mendirikan sebuah usaha sendiri yang pertama kali dipikirkan adalah apakah modal usahanya sudah mencukupi? Modal memang faktor yang penting jika seseorang ingin membuka usaha sendiri, jika tidak ada modal maka angan untuk mendirikan usaha tidak bisa berjalan lancar.

Sebenarnya untuk mendapatkan modal usaha terdapat banyak cara yang bisa dilakukan, seperti melalui tabungan pribadi ataupun pinjaman. Pinjaman bisa melalui kerabat, teman atau keluarga, tetapi bank adalah tempat yang paling sering dituju orang yang membutuhkan modal usaha.

Produk pinjaman di bank pun ada beragam jenisnya, berdasarkan jaminan terdapat dua jenis pinjaman atau kredit yaitu kredit tanpa agunan, dan kredit dengan agunan atau kredit multiguna. Sedangkan jika berdasarkan kebutuhan terdapat dua jenis kredit yaitu kredit investasi dan kredit modal kerja.

Pengertian dan Jenis Kredit Bank

Jenis kredit bank yang akan dibahas disini adalah kredit modal kerja dan kredit multiguna. Keduanya sama-sama bisa digunakan sebagai modal usaha ataupun mengembangkan usaha. Kredit modal kerja merupakan jenis kredit yang ditujukan untuk modal usaha. 

Kredit jenis ini memiliki jangka waktu yang pendek tidak lebih dari satu tahun. Biasanya digunakan untuk membiayai operasional usaha termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang, membayar gaji karyawan dan kebutuhan modal usaha lainnya. 

Sedangkan kredit multiguna merupakan jenis kredit yang diberikan dengan suatu jaminan. Jaminannya dapat berbentuk barang berwujud atau tidak. Setiap kredit yang dikeluarkan akan dilindungi sesuai dengan minimal nilai jaminan. Persamaan kredit modal kerja dengan kredit multiguna adalah sama-sama membutuhkan jaminan.

Perbedaan Kredit Modal Kerja dengan Kredit Multiguna

Keduanya sama-sama bisa dijadikan sebagai sumber modal untuk usaha Anda. Tetapi adakah yang membedakan mereka?

Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja termasuk kredit jangka pendek yang ditujukan untuk pengusaha kecil dan menengah yang ingin mengembangkan usahanya ataupun baru membuka usaha. Nilai pencairan kredit maksimalnya adalah 70% dari keperluan modal dengan jaminan yang diberikan. Untuk jaminan bisa berupa tanah (SHM/SHGB)atau bangunan (IMB), atau usaha itu sendiri. Suku bunga kreditnya biasanya sekitar 13,5%

Kredit Multiguna

Kredit multiguna memiliki jangka waktu yang panjang berkisar antara 1 (satu) hingga 5 (lima) tahun. Bahkan ada penyedia layanan keuangan yang dapat memberikan waktu pelunasan lebih dari 10 tahun. Limit pinjamannya tergantung dengan aset yang dijaminkan. Pada umumnya, nilai agunan kredit multiguna harus bernilai lebih besar dari jumlah dana yang akan dipinjam. Suku bunganya relatif lebih rendah dari KTA.

Persyaratan Pengajuan

Persyaratan umum yang harus dimiliki calon nasabah adalah, sebagai berikut :

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berumur 21-60 tahun

3. Berprofesi sebagai karyawan/pengusaha/professional

Sama dengan pengajuan produk kredit lainnya, kredit multiguna dan kredit modal kerja juga mengharuskan nasabah melengkapi dokumen-dokumen berikut ini:

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi NPWP

3. Fotokopi rekening tabungan

4. Dokumen penyerahan agunan

5. Fotokopi kartu keluarga

6. Fotokopi Akta Nikah

7. Fotokopi Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU.

Pengajuan bisa diajukan di banyak Bank di Indonesia yang menawarkan kredit modal kerja dan kredit multiguna. Mulai dari bank-bank pemerintah seperti Mandiri, BNI dan BRI sampai bank-bank swasta BCA, CIMB Niaga, Danamon dan sebagainya. Selain bank juga ada lembaga multifinance seperti Radana, BFI, dan SMS Finance.

Kedua jenis pinjaman tersebut dapat digunakan untuk modal usaha. Terdapat perbedaan tersendiri dari segi jangka waktu dan jumlam pinjaman yang dikeluarkan tetapi semua kembali pada pilihan dan kebutuhan Anda.

Baca juga: Tentang Kredit Multiguna di Indonesia

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama