Mengapa Harus Menggunakan Kredit Multiguna? Ini Jawabannya

Sulit mendapatkan pinjaman tanpa agunan? Bagaimana kalau beralih dengan yang menggunakan agunan? Karena ada banyak keunggulan yang bisa dinikmati lho!

Saat ini bisa dikatakan mendapatkan dana dalam jumlah besar tidak sesulit saat jaman orang tua dulu. Karena banyak bank sekarang sudah menyediakan produk pinjaman yang bisa dimanfaatkan para nasabah. Salah satu layanan yang paling banyak digunakan adalah kredit multiguna (KMG). Berbeda dengan jenis pinjaman lain seperti KTA, produk ini merupakan jenis kredit yang membutuhkan aset sebagai jaminan atas pelunasannya.

Meskipun harus memiliki agunan terlebih dulu, secara fungsi, kredit ini ternyata sudah banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia lho! Beberapa contoh fungsi kredit multiguna yang paling banyak digunakan adalah untuk kegiatan investasi, renovasi rumah, atau mungkin ingin membiayai pendidikan anak. Dengan fungsi yang fleksibel, kredit multiguna ini diharapkan dapat memberikan solusi pembiayaan untuk berbagai keperluan konsumtif bagi para nasabah.

Mengapa Harus Menggunakan Kredit Multiguna?

Dalam hal ini, kami akan memberikan sebuah contoh kasus. Di mana Anda memiliki tanah atau rumah, dan sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha. Untuk masalah tersebut, mungkin ada dua solusi yang bisa diambil. Pertama, Anda bisa menjual rumah tersebut untuk mendapatkan dana modal usaha. Masalahnya, apakah sebanding dengan risiko kehilangan rumah yang mesti dihadapi? Tentu tidak.

Karena itu, Anda bisa mengambil opsi kedua, yaitu dengan mengajukan Kredit Multiguna beragunan rumah atau tanah. Cukup jaminkan aset tersebut kepada bank, Anda akan mendapatkan dana pinjaman sesuai kebutuhan dan masih bisa menggunakan rumah yang dijadikan agunan selama masa pembayaran kredit. Setelah utang lunas, rumah itu akan kembali menjadi milik Anda.

Apa bedanya Kredit Multiguna dengan pegadaian? Secara prinsip sama saja, namun prosesnya dilakukan di bank atau lembaga perkreditan lain. Dengan mengajukan kredit dengan agunan ini, Anda berarti sudah memilih cara meminjam dana yang aman dan efisien. Selain itu, yang pasti Anda tidak akan dikejar-kejar debt collector karena bank sudah memegang aset bila sewaktu-waktu mengalami gagal bayar.

Untuk masalah bunga, bisa dibilang bunga Kredit Multiguna tidak sebesar Kredit Tanpa Agunan. Meskipun begitu, proses yang dibutuhkan bank untuk menyetujui aplikasi pinjaman Anda bisa berlangsung cukup lama, minimal 2 minggu. Karena mereka membutuhkan waktu untuk mengecek apakah agunan yang diberikan layak diterima atau tidak. Karena itu, sifat pinjaman ini tidak bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak.

Keunggulan Dari Kredit Multiguna

Jadi, jika Anda membutuhkan dana tunai untuk berbagai keperluan, yang tidak mungkin diperoleh melalui KPR, kredit usaha, atau kredit lainnya, Anda dapat mengajukan kredit multiguna. Sebenarnya, apa saja sih fungsi dari kredit Multiguna Ini? Ada beberapa, berikut ulasannya.

1. Batas Pinjaman Tinggi

Ya, inilah keunggulan pertama dari batas limit yang tinggi. Anda tidak perlu pusing-pusing mencari atau mengumpulkan dana dalam jumlah ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Bila Anda mempunyai agunan seperti rumah atau tanah, coba saja agunkan kepada pihak bank. Mengapa rumah dan tanah? Sebab biasanya kedua produk itu bernilai tinggi, dan sering digunakan untuk mendapat pinjaman dengan nilai besar. Sebenarnya Anda juga bisa menjaminkan mobil, namun nilai pinjaman yang didapat tidak terlalu besar.

Untuk gambaran saja, rata-rata bank di Indonesia, memberikan plafon maksimal sebesar Rp 2 miliar sampai Rp 5 miliar. Tentu saja, angka sebesar itu bisa diberikan asalkan jaminan yang diberikan dianggap sesuai oleh pihak bank.

2. Pemakaian Fleksibel

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Kredit Multiguna sangat fleksibel dalam urusan pemakaian. Karena, beberapa pinjaman sifatnya hanya bisa dipakai untuk beberapa keperluan tertentu. Seperti untuk kegiatan konsumsi saja, atau modal usaha saja.

Dengan keunggulan ini, banyak orang menjadi tertarik menggunakan Kredit Multiguna. Apapun tujuan pemakaiannya, asalkan Anda mempunyai jaminan yang diperlukan. Silahkan ajukan kepada pihak bank.

3. Masa Tenor Lebih Panjang

Keunggulan lain dari Kredit Multiguna adalah masa pelunasan yang relatif lebih panjang. Di mana, tidak seperti Kredit Tanpa Agunan yang rata-rata maksimal cuma 3 sampai 5 tahun. KMG justru bisa memberikan masa tenor sampai dengan 25 tahun! Panjang sekali bukan?

Salah satu bank yang menawarkan KMG dengan fitur ini adalah Standard Chartered. Melalui produk Standard Chartered Bank Kredit Multiguna, Anda bisa menikmati pinjaman dengan masa tenor sampai dengan 300 bulan atau 25 tahun! Limitnya pun juga tinggi, yaitu sampai 8 miliar.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama