Kredit Multiguna: Dapat Uang Tunai Cuma 2 Hari

Tabungan Anda belum cukup untuk menjalankan rencana bisnis. Ada cara cepat untuk mengumpulkan modal usaha. Dari berjualan online hingga pinjaman cair cepat.

Tiba-tiba muncul ide untuk membuka bisnis waralaba di kepala. Namun, gagasan cemerlang berbanding terbalik dengan kondisi keuangan. Saat melirik dompet dan saldo tabungan, nyali mendadak meredam.

Harapan untuk menjadi wiraswasta pun sepertinya perlu ditunda beberapa tahun. Alhasil, ide yang mengalir deras perlahan mengering. Jangan segera putus asa. Segera kumpulkan tambahan modal usaha, sebelum ide Anda dicuri orang lain!

Langkah Instan Menghimpun Dana Segar

Jika tidak cepat direalisasikan, ide dan niat bakal menghilang. Atasi permasalahan modal yang menghambat langkah dengan beberapa trik di bawah ini. Tidak perlu waktu lama mencari investor, Anda pun bisa mengumpulkannya sendiri dana usaha tersebut dan cuma butuh dua hari.

Garage Sale Benda Tidak Terpakai

Saatnya membenahi gudang di rumah! Siapa tahu ada barang-barang bekas yang sudah tergantikan dan tidak lagi dipakai tapi masih layak fungsi. Daripada hanya menjadi “sampah” di rumah, Anda bisa menjualnya kepada teman atau orang lain yang membutuhkan. Buka garage sale di halaman rumah atau masukkan dalam bagasi mobil dan tawarkan sembari jalan keliling.

garage sale

Baca juga: Bisnis Sukses dengan Modal Minim

Perhitungkan dengan cermat, yang mana barang yang tidak lagi Anda perlukan. Setelah mendata barang-barang berharga Anda, beri penilaian untuk masing-masing. Untuk patokan nilai harga, Anda bisa mencari informasinya melalui internet. Tetapi ingat, harga yang Anda pasang sebaiknya lebih rendah agar menarik pembeli lebih cepat.

Manfaatkan Martketplace

Jika nilai barang Anda terlalu tinggi dan ukurannya terlalu besar hingga sulit dijual berkeliling seperti sepeda, mesin cuci, atau televisi, ada cara berjualan lain yang lebih praktis. Anda bisa memanfaatkan situs marketplace jual-beli barang online seperti OLX, Bukalapak, Kaskus, dan lainnya.

Yang perlu Anda lakukan hanya mendaftarkan akun pengguna di situs tersebut dan menyiapkan foto barang-barang yang ingin dijual untuk di-upload melalui situs tersebut. Tidak sampai hitungan jam, Anda sudah bisa mendapatkan pembeli yang menawar barang Anda.

Gadaikan Aset Berharga

gadai bpkb

Jika masih terlalu sayang untuk melepas barang-barang tersebut, gadaikan saja di lembaga penggadaian yang dapat memberikan suntikan modal.

Namun, hati-hati jangan sembarang pilih tempat penggadaian yang pasang iklan di pinggir jalan. Meski menjanjikan pencairan dana dalam hitungan menit, jasa gadai seperti itu banyak yang tidak memiliki izin resmi dan, biasanya, bunga pinjamannya besar.

Saat mengajukan pinjaman dengan agunan, pikirkan juga secara matang risiko yang Anda terima. Ingin cepat dapat dana tapi malah mendatangkan kerugian di masa depan, jelas bukan sebuah solusi.

Baca juga: Waspada Masalah Keuangan yang Tidak Disadari

Lebih baik Anda percayakan aset berharga Anda kepada lembaga profesional dengan otoritas resmi. Contohnya adalah BFI Finansial yang memberikan kredit multiguna untuk keperluan finansial pribadi atau bisnis dengan jaminan aset berharga seperti mobil, motor, dan properti.

Besar pinjaman yang bisa Anda peroleh mulai dari Rp50 juta hingga Rp2 Miliar. Bunga pinjamannya relatif kecil, mulai 1% per bulan, sehingga tidak memberatkan Anda untuk menebusnya kembali saat usaha Anda sudah menghasilkan keuntungan. Selain itu, proses pengajuannya hanya perlu waktu 1 - 2 hari dan lebih efisien karena bisa diajukan secara online.

Pinjam Keluarga atau Teman

Sudah coba cara-cara di atas tapi masih kurang modal. Coba utarakan niatan berbisnis tersebut kepada keluarga atau teman Anda. Ajak mereka bekerjasama secara profesional dengan meminta mereka menanamkan modal terhadap usaha Anda.

Ketika sudah balik modal dan ada untung lebih, tetapkan pembagian hasil dengan persentase yang telah dibicrakan pada kesepakatan di awal. Jika Anda hanya berniat meminjam tanpa mencari rekanan, segera kembalikan, baik itu dengan cara mencicil atau seluruhnya.

Permasalahan tentang modal sudah mendapatkan jalan keluar. Dana segarpun sudah dalam genggaman Anda. Selanjutnya, tinggal menjalankan rencana bisnis yang telah disusun sempurna untuk menghasilkan keuntungan maksimal. Selamat berusaha!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama