Keuntungan dan Kerugian Mengajukan Kredit Multiguna

Ketika Anda sedang membutuhkan pinjaman jangan terburu-buru dalam memilih. Sebaiknya kenali dulu jenisnya dan seperti apa untung rugiya. Simak penelusurannya.

Kredit Multiguna Mobil

Ketika Anda sedang membutuhkan dana tambahan baik untuk merenovasi rumah, biaya pendidikan, ataupun mengembangkan usaha, tidak perlu pusing mencari pinjaman. Saat ini banyak produk kredit dari bank yang menawarkan jumlah pinjaman untuk memenuhi kebutuhan Anda

Ada dua jenis pinjaman dana tunai, yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Multiguna atau KMG. yang membedakan keduanya adalah jika KTA tidak dibutuhkan jaminan sehingga tidak aneh jika rata-rata proses pencairannya agak lama, dengan rata-rata 14 hari kerja. Calon debitur pun tidak dapat mendesak bank untuk segera mencairkannya karena selain dibutuhkan kartu kredit, sejarah kredit Anda pun akan di telusuri. 

Sedangkan Kredit Multiguna atau sering disebut juga kredit dengan agunan mewajibkan pemohonnya menyertakan aset untuk dijadikan jaminan pelunasan. Bisa dalam bentuk BPKB, SK pensiun, atau surat tanah. Maka dari itu calon debitur memiliki kuasa untuk mendesak bank mempercepat proses pencairan dana. Bahkan ada perusahaan Multifinance yang menjamin kredit Anda akan cair dalam waktu 24 jam saja!

Pada artikel ini kami ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian jika Anda mengajukan Kredit Multiguna. Jadi sebelum Anda mengajukan kredit kenali dulu keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungan Kredit Multiguna

# Bunga Pinjaman Lebih Ringan

Kredit Multiguna bunga ringan

Jika dibandingkan dengan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) suku bunga Kredit Multiguna jauh lebih ringan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya barang yang dijaminkan.

# Plafon Pinjaman Besar

Keuntungan yang ditawarkan dari kredit multiguna adalah jumlah plafon yang tinggi. Plafon pinjaman kredit multiguna masing-masing bank berbeda-beda, rata-rata plafon dipatok berkisar Rp 2 juta – Rp 2 miliar bahkan ada bank yang memberikan sampai Rp 5 milyar.

Jenis barang agunan juga menentukan jumlah pinjaman yang didapat. Untuk mendapatkan plafon yang tinggi biasanya agunan yang digunakan rumah atau tanah, karena kedua produk ini bernilai besar. Jika Anda membutuhkan dana dalam jumlah banyak dan memiliki jaminan yang bernilai tinggi bisa coba mengajukan kredit multiguna.

# Tenor Angsuran Lebih Panjang

Tidak seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna memiliki tenor angsuran yang panjang. Ini akan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memilih jangka waktu angsuran sesuai dengan kemampuan. Kredit Multiguna bisa memberikan jangka waktu 15 tahun bahkan hingga 20 tahun.

Kekurangan Kredit Multiguna

# Prosesnya Panjang

Untuk mengajukan Kredit Multiguna diperlukan waktu yang cukup lama, sebab bank membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menaksir nilai jaminan yang diberikan, baru kemudian memutuskan apakah agunan yang Anda berikan itu layak atau tidak.

Biasanya bank memerlukan waktu untuk menyetujui aplikasi pinjaman Anda minimal 2 minggu dari pengajuan. Oleh sebab itu untuk kebutuhan mendesak Kredit Multiguna bukan pilihan yang tepat.

# Aset Bisa Melayang

Aset atau barang agunnan tidak bisa sembarangan, tidak semua jenis barang bisa dijadikan agunan sebab bank atau jasa pemberi pinjaman akan meminta aset sesuai dengan jumlah pinjaman yang diajukan. Contoh produk yang bisa menjadi jaminan misalnya, sertifikat rumah, tanah, properti, BPKB kendaraaan, dan lain sebagainya.

Ketika Anda mengalami masalah dan tidak bisa melunasi cicilan tepat waktu maka aset tersebut akan disita oleh bank. Rumah, tanah, property, atau mobil yang Anda jaminkan bisa melayang.

# Nilai Aset Menentukan Jumlah Pinjaman

Kekurangan lainnya adalah aset yang Anda jaminkan akan menentukan nilai pinjaman. Aset yang disita nantinya akan dijual oleh bank, Jika hasil penjualan aset belum bisa menutupi hutang, kreditur tetap menuntut debitur untuk melunasinya. Namun jika ada kelebihan, debitur berhak menerima selisih hasil penjualan aset dikurangi sisa hutang.

Produk Multiguna yang tersedia sangat beragam, hampir semua bank memiliki produk pinjaman tersebut. Setelah Anda mengenali keuntungan dan kerugiannya silahkan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, yah!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama